KURIKULUM BUDAYA KEISLAMAN DI SEKOLAH ALAM

Authors

  • Nur Asiyah Uiversitas Djuanda Bogor
  • Yusnar Yusnar Universitas Djuanda Bogor
  • Sobrul Laeli Universitas Djuanda Bogor

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v3i1.1797

Keywords:

kurikulum, kultur keislaman

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum dalam meningkatkan kultur keislaman di sekolah alam cikeas. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus yang berusaha menggambarkan keadaan dan menginterpretasikan objek sesuai dengan  apa adanya. Data yang dikumpulkan melalui: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan: pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian, maka dapat dilakukan dengan mengecek data dengan cara memperpanjang keikutsertaan, triangulasi, dan member check. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Sekolah alam cikeas menggunakan kurikulum DIKNAS sebagai acuan namun untuk pelaksanaan dilapangan sekolah alam cikeas mempunyai kurikulum sendiri, yang mana dalam kurikulum sekolah cikeas begitu kompleks mulai dari adanya pembiasaan sehari-hari kegiatan Greenlab, Outbound, Literasi, ICT, Religion Day, Outcamp, iqro dan Tahfidz. Sekolah alam cikeas juga sudah menerapkan kurikulum 2013 tetapi tinggal kelas 3 dan 6 yang belum menggunakan kurikulum 2013. 2) Pelaksanaan kultur keislaman sekolah alam cikeas menggunakan metode keteladanan, dan program keislamannya pun tidak dibuat hanya untuk siswa saja melainkan guru dan orangtua nya pun mempunyai kegiatan Religion Day tersendiri. 3) Evaluasi kurikulum yang dilaksanakan mulai dari pembelajaran yaitu adanya rapat Kegiatan Beajar Mengajar dan diakhir tahun ada Rapat Kerja. Untuk evaluasi keagamaan tersendiri sekolah alam cikeas mempunyai buku rapor akhlak, buku evaluasi iqro dan hafalan do’a serta hafalan surat pendek. Rekomendasi berupa mempertegas dalam karakteristik muslimah untuk siswi sekolah alam cikeas.

References

Arifin, Z. (2013). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.
Hermawan, W. A. (2013). Kamus Pintar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Makmur.
Gunawan, H. (2014). Pendidikan Islam:Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh. Bandung: Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
SISDIKNAS, U.-U. (2013). Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusmedia.
Yusuf, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group

Downloads

Published

2019-05-29

How to Cite

Asiyah, N., Yusnar, Y., & Laeli, S. (2019). KURIKULUM BUDAYA KEISLAMAN DI SEKOLAH ALAM. TADBIR MUWAHHID, 3(1), 83–95. https://doi.org/10.30997/jtm.v3i1.1797
Abstract viewed = 236 times