IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN

Main Article Content

Lilik Nur Farida
Karwadi Karwadi

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui dan mendeskripsikan terkait kebijakan, tahap implementasi dan keberhasilan implementasi kebijakan pembentukan karakter peduli lingkungan di SMP N 1 Ngemplak Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data Miles & Huberman dengan aktivitas reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, serta dilakukan uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, SMP N 1 Ngemplak Sleman Yogyakarta menerapkan kebijakan pembentukan karakter peduli lingkungan yang mengacu kepada visi dan misi sekolah. Visi dan misi tersebut merupakan tindak lanjut dari kebijakan pemerintah terkait pembangunan karakter bangsa. Tahap implementasi kebijakannya meliputi sosialisasi, penerapan, dan evaluasi. Implementasi kebijakan ini menunjukkan keberhasilannya dengan sebagian besar warga sekolah menjadi terbiasa mejaga kebersihan lingkungan dan memiliki komitmen menjalankan kegiatan peduli lingkungan. Nilai-nilai karakter peduli lingkungan yang ditanamkan dipandang telah sesuai dengan yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional, juga dengan apa yang diinginkan dalam Islam yang tersirat dalam firman Allah SWT antara lain pada surat ArRuum ayat 41 dan surat Al-Qashash ayat 77.

Article Details

Section
Articles

References

Al-Qur’an Al-Karim Dan Terjemahannya Ke Dalam Bahasa Indonesia, 1971, Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentafsir Al-Qur’an.
Danim, S. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif, cet. ke-1. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Dokumentasi. (2018). Profil SMP N 1 Ngemplak Sleman Yogyakarta.
Karmanto, E. D. M., Makmur, M., Hayat, A. (Tanpa tahun). Kebijakan Pengintegrasian Pendidikan Lingkungan Hidup pada Sekolah ‘Adiwiyata’ (Studi pada SMAN 1 Puncu Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 12(3), 1981-1985.
Menteri Pendidikan Nasional. (2010). Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendiknas.
Miles, M. B. & Huberman, AS. M. (1992). Analisis Data Kualitatif, terj. Tjetjep, R. Jakarta: UI Press.
Moleong, L. (1998). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nugroho, R. (2012). Public Policy, cet. ke-IV. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Pemerintah Republik Indonesia. (2010). Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemenkokesra.
Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: PER/04/MPAN/4/2007 tentang Pedoman Umum Formulasi, Implementasi, Evaluasi Kinerja dan Revisi Kebijakan Publik di Lingkungan Lembaga Pemerintah Pusat dan Daerah.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Sugiono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Sukarno, E. (2002). Sistem Pengendalian Manajemen, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.
Sukmadinata, N. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda.
Surakusumah, W. (Tanpa tahun). Konsep Pendidikan Lingkungan di Sekolah: Model Uji Coba Sekolah Berwawasan
Lingkungan. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia.
Tilaar, H. A. R. & Nugroho, R. (2016). Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.