HUBUNGAN STIFIN DENGAN PROFESIONALITAS GURU

Main Article Content

Agnia Sundari
Amir Mahrudin
Abdul Kholik

Abstract

Berdasarkan hasil observasi sekolah statmen SMK Informatika Pesat menerapkan tes STIFIn terhadap semua gurunya, yaitu karena ada kebijakan dari yayasan untuk para guru dalam melaksanakan tes STIFIn. Dimana pada saat itu ada penurunan dalam hal kineja guru yang kurang, sehingga pihak yayasan memutuskan untuk melaksanakan tes STIFIn kepada seluruh gurunya. Dengan demikian setelah dilaksanakan tes STIFIn terhadap masing-masing guru terdapat perubahan dalam kinerja guru tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa ada hubungan antara STIFIn dengan profesionlitas guru di SMK Informatika Pesat Bogor. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Informatika Pesat Bogor, kuhusunya untuk guru. Subjek dlaam penelitain ini adalah jumlah guru seluruhnya yaitu sebanyak 23 orang guru. Perolehan data yaitu dnegan menggunakan teknik observasi, wawacara dan kuesioner. Serta untuk peneliti menggunakan metode penelitian pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan teknik korelasional. Hasil akhir penelitian ini yaitu harga chi-kuadrat teoritik untuk taraf signifikansi 5 % = 12, 592. Hasil perhitungan dalam tabel chi-kuadrat yang diperoleh nilai X2hitung = 0,01 dan d.b = 6 didapat nilai X2tabel = 12,592, jadi dari hasil tersebut karena nilai X2hitung<X2tabel= 0,01 < 12,592, maka H0 diterima dan H1ditolak. Kesimpulannya yaitu bahwa terdapat hubungan antara STIFIn dengan profesionalitas guru di SMK Informatika Pesat Bogor.

Article Details

Section
Articles

References

Aqib, Z. (2009). Menjadi Guru Profesional Berstandar Nasional. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Bisri, H. (2012). Kapita Selekta Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Iskandar. (n.d.). Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jakarta: Referensi.
Muharto. (2012). Metode Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.
Priansa, D. (2015). Manajemen Peserta Didik Dan Model Pembelajaran . Bandung: Alfabeta.
S.M.Masykur. (2012). Menajamkan Otak dengan shalat. jakarta: Suka Buku.
S.U.Supardi. (2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Konsep Statistika Yang Lebih Komprehensip. Jakarta: Change Publication.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahab, R. (2016). Psikologi Belajar. Depok: Raja Grafindo Persada.