PEMBIASAAN SPIRITUAL UNTUK MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.30997/jtm.v3i1.1649Keywords:
metode pembiasaan, kegiatan spiritual, pendidikan karakterAbstract
Program pemerintah dalam penguatan pendidikan karakter melalui sekolah, perlu didukung sepenuhnya dengan upaya-upaya positif baik oleh masyarakat maupun institusi pendidikan sebagai lembaga legal yang menaungi proses pendidikan dan pembelajaran secara menyeluruh. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan pembiasaan spiritual terhadap pengembangan pendidikan karakter peserta didik ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Cicurug Kabupaten Bogor. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif melalui pendekatan naturalistik, latar penelitian diambil dengan kondisi yang sesungguhnya (natural setting). Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti dengan mengobservasi subyek dan obyek penelitian, melakukan wawancara serta mengambil beberapa dokumentasi yang diperlukan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa program pembiasaan spiritual yang dilaksanakan di SD Negeri 3 Cicurug melalui serangkaian kegiatan seperti; taushiah, pembacaan do’a sebelum pembelajaran dimulai di kelas, pembacaan/hafalan surat-surat pendek, pembiasaan 3S (Senyum, Sapa, Salam), pelaksanaan sholat Dzuhur berjama’ah, penjadwalan sholat Dhuha dan kegiatan infaq, dapat meningkatkan tingkat mutu pelaksanaan pendidikan karakter pada peserta didik di sekolah ini. Beberapa poin yang dapat dirangkum sebagai hasil penelitian ini, adalah: 1) pembiasaan spiritual di SD Negeri 3 Cicurug dilaksanakan melalui serangkaian program yang diintegrasikan ke dalam proses pendidikan dalam keseharian peserta didik di sekolah, 2) dengan metode pembiasaan, peserta didik melaksanakan seluruh kegiatan keagamaan dengan rasa sukarela tanpa keterpaksaan, 3) pembiasaan spiritual merupakan pembelajaran secara langsung (experiential-learning), 4) metode pembiasaan terbukti menjadi metode yang efektif jika dibandingkan dengan beberapa metode lain dalam mengajarkan nilai-nilai keagamaan terhadap peserta didik, 5) pembiasaan spiritual juga dapat membantu peserta didik dan guru dalam mengembangkan sikap terpuji, religius, jujur, mandiri, bertanggungjawab, disiplin, bersikap toleran, mencintai kedamaian dan memiliki sifat peduli sosial.References
’Ulwan, A. N. (2012). Pendidikan anak dalam Islam. Penerbit Insan Kamil Solo.
Aeni, A. N. (2016). PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA SD DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Mimbar Sekolah Dasar. https://doi.org/10.17509/mimbarsd.v1i1.863
Ainiyah, N. (2013). PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 13(1), 25–38.
Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi penelitian kualitatif.
Benninga, J. S., & Berkowitz, M. W. (2017). Journal of Character Education Issue: Vol. 13 #1. Information Age Publishing.
Depiyanti, O. M. (2014). MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DI ISLAMIC FULL DAY SCHOOL (Studi Deskriptif pada SD Cendekia Leadership School, Bandung). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 1(2), 132–141.
Kadek, O., Herawan, D., Pgri Denpasar, S., Nilai, R., Karakter, P., Suddhamala, G., … Ketut Sudarsana, I. (2017). RELEVANSI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM GEGURITAN SUDDHAMALA UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI INDONESIA, 3(2), 223–236.
Khotimah, K., & Manajemen Pendidikan Karakter, M. (2016). MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SDIT QURROTA A’YUN PONOROGO. Muslim Heritage, 1(2), 371–387.
Luthfiyah, M. F. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus.
Mumpuni, A. (2018). Integrasi Nilai Karakter dalam Buku Pelajaran: Analisis Konten Buku Teks Kurikulum 2013.
Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.
Nucci, L., Narvaez, D., & Krettenauer, T. (2014). Handbook of Moral and Character Education. Taylor & Francis.
Patmonodewo, S., & Kebudayaan, D. P. &. (2000). Pendidikan anak prasekolah. Rineka Cipta bekerjasama dengan Departemen Pendidikan & Kebudayaan.
Prof. Dr. A. Muri Yusuf, M. P. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan.
Rahmawati, U., & Tengah, J. (2016). Pengembangan Kecerdasan Spiritual santri: Studi terhadap Kegiatan Keagamaan di Rumah TahfizQu Deresan Putri Yogyakarta. Jurnal Penelitian, 10(1), 97–124.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach).
Sukardi, I. (2016). Character Education Based on Religious Values: an Islamic Perspective. Ta’dib: Jurnal of Islamic Education.
Zaini, A. H. F., Romli, L., & Winarno, Y. P. (2013). Pilar-pilar pendidikan karakter islami. Gunung Djati Press.
Aeni, A. N. (2016). PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA SD DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Mimbar Sekolah Dasar. https://doi.org/10.17509/mimbarsd.v1i1.863
Ainiyah, N. (2013). PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 13(1), 25–38.
Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi penelitian kualitatif.
Benninga, J. S., & Berkowitz, M. W. (2017). Journal of Character Education Issue: Vol. 13 #1. Information Age Publishing.
Depiyanti, O. M. (2014). MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DI ISLAMIC FULL DAY SCHOOL (Studi Deskriptif pada SD Cendekia Leadership School, Bandung). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 1(2), 132–141.
Kadek, O., Herawan, D., Pgri Denpasar, S., Nilai, R., Karakter, P., Suddhamala, G., … Ketut Sudarsana, I. (2017). RELEVANSI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM GEGURITAN SUDDHAMALA UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI INDONESIA, 3(2), 223–236.
Khotimah, K., & Manajemen Pendidikan Karakter, M. (2016). MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SDIT QURROTA A’YUN PONOROGO. Muslim Heritage, 1(2), 371–387.
Luthfiyah, M. F. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus.
Mumpuni, A. (2018). Integrasi Nilai Karakter dalam Buku Pelajaran: Analisis Konten Buku Teks Kurikulum 2013.
Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.
Nucci, L., Narvaez, D., & Krettenauer, T. (2014). Handbook of Moral and Character Education. Taylor & Francis.
Patmonodewo, S., & Kebudayaan, D. P. &. (2000). Pendidikan anak prasekolah. Rineka Cipta bekerjasama dengan Departemen Pendidikan & Kebudayaan.
Prof. Dr. A. Muri Yusuf, M. P. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan.
Rahmawati, U., & Tengah, J. (2016). Pengembangan Kecerdasan Spiritual santri: Studi terhadap Kegiatan Keagamaan di Rumah TahfizQu Deresan Putri Yogyakarta. Jurnal Penelitian, 10(1), 97–124.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach).
Sukardi, I. (2016). Character Education Based on Religious Values: an Islamic Perspective. Ta’dib: Jurnal of Islamic Education.
Zaini, A. H. F., Romli, L., & Winarno, Y. P. (2013). Pilar-pilar pendidikan karakter islami. Gunung Djati Press.
Downloads
Published
2019-05-29
How to Cite
Lathifah, Z. K., & Rusli, R. K. (2019). PEMBIASAAN SPIRITUAL UNTUK MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK. TADBIR MUWAHHID, 3(1), 14–26. https://doi.org/10.30997/jtm.v3i1.1649
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Tadbir Muwahhid agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work