Penggunaan Media Wordwall Dalam Evaluasi Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.30997/jtm.v8i1.12805Keywords:
media pembelajaran, evaluasi, SKIAbstract
Era perkembangan teknologi telah membawa banyak perubahan pada semua aspek, salah satunya juga dalam dunia pendidikan. Penelitian ini memaparkan tentang: (1) penggunaan media Wordwall dalm evaluasi mata pelajaran SKI kelas X di Madrasah Aliyah Ma’arif Sukorejo (2) kelebihan dan kekurangan penggunaan media Wordwall dalam evaluasi mata pelajaran SKI di Madrasah Aliyah Ma’arif Sukorejo. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk menjadi bahan pengembangan serta inovasi media evaluasi yang lebih praktis dan efisien. Peneliti menggunakan penelitian field research dengan menggunakan metode deskruptif dalam pendekatan kualitatif. Langkah-langkah dalam penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahap yaitu studi literatur, observasi, wawancara, identifikasi masalah, serta pengumpulan dan pengolahan data. Penggunaan media Wordwall dalam evaluasi mata pelajaran SKI kelas X di Madrasah Aliyah Ma’arif Sukorejo terbukti memberikan banyak dampak positif dalam proses evaluasi pembelajaran. Hal ini terbukti dengan peningkatan motivasi dan partisipasi peserta didik dalam mencapai hasil belajar yang optimal. Platform ini berhasil menggabungkan unsur pendidikan dan hiburan secara seimbang dan konsisten, yang dapat membangun minat serta memperkuat motivasi belajar peserta didik. selain itu berdasarkan data yang diperoleh, ditemukan bahwa kelebihan media wordwall dalam evaluasi mata pelajaran SKI kelas X antara lain fleksabilitas, fitur menarik, efektivitas waktu, peningkatan minat dan antusiasme, serta kemampuannya mengatasi rasa bosan. Meskipun demikian, terdapat kelemahan seperti ketergantungan pada jaringan internet dan batasan fasilitas gratis. Namun, kelemahan tersebut dapat dibatasi dengan kemampuan pengguna untuk mencetak materi dan menggunakan fitur premium.
References
Abdul Mun’im Amaly, Giantomi Muhammad, Muhammad Erihadiana, and Qiqi Yuliati Zaqiah. “Kecakapan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Berbasis Teknologi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 6, no. 1 (2021): 88–104. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6712.
Abdullah, Muhammad. “Pendidikan Prenatal: Telaah Pemikiran Ibn Qayyim Al-Jauziyyah Dalam Kitab Tuhfah Al- Maudud Bi Ahkam Al-Maulud Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam.” Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (2017): 341–60.
Abdulloh, Muhammad. “Pembaharuan Pemikiran Mahmud Yunus Tentang Pendidikan Islam Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Modern.” Al Murabbi 5, no. 2 (2020): 22–33. https://doi.org/10.35891/amb.v5i2.2109.
Achmat, Mubarok. “Strategi Peningkatan Pembelajaran Melalui Manajemen Boarding School (Studi Kasus Di SMP ‘Aisyiyah Boarding School Malang).” Jurnal Murabbi 3, no. 2 (2018): 229–47.
Adri, H. T., Suwarjono, S., Sapari, Y., & Maryani, N. (2023). Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Policy Direction and Implementation for Progress of Study Program. Continuous Education: Journal of Science and Research, 4(2), 13-22. https://doi.org/10.51178/ce.v4i2.1446
Aprilia, Wiwit, M Jamhuri, Achmad Yusuf, Muhammad Nur, Hadi Risalah, Jurnal Pendidikan, Studi Islam, et al. “Penerapan Media Web Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Penerapan Media Web Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Sma Ma’arif Nu Pandaan.” Islam 9, no. 4 (2023): 1440.
Ardiansyah, M. “Efektivitas Penggunaan Platform Quizizz Dalam Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Konsep Matematika.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 6, no. 3 (2022): 417–23. https://doi.org/10.30998/sap.v6i3.9892.
Arieska, Maya Ayu, Muhammad Abdullah, Achmad Yusuf, and Siti Khurotin. “Efektivitas Strategi Pembelajaran Active Learning Melalui Media Pembelajaran Dick Games Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran BTQ ( Baca Tulis Al- Qur ’ an ) Siswa Kelas XI SMK Dewantoro Purwosari” 9, no. 4 (2023): 1793–1803.
Dewi, P., Mahrudin, A., & Indra, S. (2023). PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU KELAS TERHADAP PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI LEUWIBATU 06. AL-KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(4).
Dewi, Yuli Angga Putu. “Hubungan Gaya Komunikasi Guru Terhadap Tingkat Keefektifan Proses Pembelajaran.” Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya 3, no. 2 (2019): 71–78.
http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita.
Hasan, Muhammad, Milawati, Darodjat, HarahapTuti Khairani, and Tasdin Tahrim. Media Pembelajaran. Tahta Media Group, 2021.
Hidayati, D T, and A Kirom. “Penggunaan Media Pohon Pisang Dalam Pembelajaran Mengenal Huruf Hijaiyah Dipos Paud Restu Bunda Sukorame Durensewu Pandaan.” Mafhum 165, no. November (2018): 165–78.
http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/mafhum/article/view/1341.
Hijriani, Isni, Yulidar, and Lisma Luciana. “PELATIHAN EVALUASI PEMBELAJARAN SENI BERBASIS WEBSITE BAGI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN FKIP UNIVERSITAS TANJUNGPURA.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion 5, no. JUNI (2023): 207–12. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPM.
Husna, Su, and S Yulisetiani. “Penggunaan Wordwall Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Tematik Pada Peserta Didik Kelas IV Di Sekolah Dasar,” n.d.
Imamah, Nurul, and Ahmad Ma’ruf. “Pengaruh Penerapan Media Videoscribe Untuk Meningkatkan Pemahaman Aqidah Akhlaq Di MTs Darul Ulum Purwodadi.” Jurnal Al-Murabbi 4, no. 1 (2019): 87–102. https://doi.org/10.35891/amb.v4i1.1312.
Larasati, Putti, Ida Bagus Putrayasa, and I Nengah Martha. “Pemanfaatan Media Wordwall.Net Sebagai Media Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia 3, no. 3 (2023): 395–412. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-3.
Mahfud, Mahfud, and Sapta Ayu Rohmania. “Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Aplikasi Web Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA Di MA Darul Huda Giri Kabupaten Banyuwangi.” Sangkala 1, no. 1 (2021): 1–16.
Maryanti, S, S Hartati, and D T Kurniawan. Assesment for Learning, Educandy &wordwall, 2022.
Na, D E Conduta, and Crise Hipertensiva. Metode Penelitian Kualitatif. Edited by M.Si Dr. Patta Rapanna, SE. CV. syakir Media Press, 2021.
Nuril Wilda Maghfiroh, Askhabul Kirom, Munif. “Pengaruh Penerapan Media Edmodo Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di Smk Anwarul Maliki Sukorejo Pasuruan” 4, no. 1 (2016): 1–23.
Nurrita, Teni. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah 3, no. 1 (2018): 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.
Prasetiyo, Andri. “Penerapan Media Pembelajaran Aplikasi Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI DI SD N 8 Metro Utara,” 2020.
Primayana, Kadek Hengki, Sekolah Tinggi, Agama Hindu, Negeri Mpu, and Kuturan Singaraja. “PERAN DESAIN EVALUASI PEMBELAJARAN” 4, no. 2 (2020).
Rosmana, Primanita Sholihah, Sofyan Iskandar, Adesti Novita Sari, Asthiyani Kholida, Dzulfa Nur Firdaus, and Puput Trisnawati. “Penggunaan Media Wordwall Sebagai Evaluasi Pembelajaran Organ Pernapasan Pada Hewan Kelas V Di SDN 3 Nagri Kaler.” Journal on Education 5, no. 2 (2023): 1965–73. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.838.
Tafonao, Talizaro. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2, no. 2 (2018): 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Wiwin Fachrudin Yusuf, Sofia Imro’atus Solikha. “Manajemen Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Cerdas Cermat Agama Islam Di SDN Glagahsari 1 Sukorejo Pasuruan.” Journal Multicultural of Islamic Education Volume 6, no. 1 (2022): 4–12.
Wiwin Fachrudin Yusuf, Wiwin Fachrudin Yusuf. “Media Limbah Botol Untuk Meningkatkan Pembelajaran Pai Di Ra Miftahul Khoir I Karangrejo Purwosari.” Jurnal Al-Murabbi 1, no. 1 (2017): 117–40. https://doi.org/10.35891/amb.v1i1.390.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Putri Nabilatuz Zahroh, Wiwin Fachrudin Yusuf, Achmad Yusuf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Tadbir Muwahhid agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work