KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PGSD BERDASARKAN KETERSEDIAAN SUMBER BELAJAR

Widyasari Widyasari

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana perencanaan belajar mandiri mahasiswa, mendeskripsikan bagaimana mahasiswa mengevaluasi belajarnya sendiri, dan mendeskripsikan sumber belajar yang mahasiswa PGSD pilih dalam mencapai tujuan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Deskriptif Kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus. Kemandirian belajar mahasiswa PGSD FKIP Universitas Djuanda Bogor berdasarkan penilaian mahasiswa dan dosen dilihat dari aspek perencanaan belajar mandiri, pelaksanaan dan mengevaluasi hasil belajar sendiri maka diperoleh rata-rata persentase tingkat kemandirian belajar mahasiswa PGSD Universitas Djuanda Bogor berada pada tingkat tinggi dengan persentase 32,5% dan pada tingkat sedang dengan persentase 67,5%.

KATA KUNCI: kemandirian belajar, PGSD, sumber belajar

 

 

THE INDEPENDENCE OF PGSD STUDENTS LEARNING BASED ON THE AVAILABILITY OF LEARNING RESOURCES


ABSTRACT

The purpose of this study is to describe how student self-study planning, describe how students evaluate their own learning, and describe the learning resources that PGSD students select in achieving learning objectives. This research uses Qualitative Descriptive research approach. The type of research used is case study research. The independence of PGSD FKIP students of Djuanda University of Bogor based on the assessment of students and lecturers viewed from the aspect of independent study planning, implementation and evaluating the results of study itself, then obtained the average percentage level of student learning independence PGSD Djuanda University Bogor is at a high level with a percentage of 32.5% and at a moderate rate of 67.5%.


 

Keywords

learning independence, PGSD, learning resources

Full Text:

PDF

References

Aini, Pratistya Nor & Abdullah Tamam, “Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011”. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol.X(1), Tahun 2012, hlm. 48-65.

Ali, Mohammad, & Asrori, 2014. Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Didik), Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Anwar, M. Emnis, dkk, 2013. Pendidikan Kemandirian Berbasis Pesantren Di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, Bogor: Unida Press.

Arifin, Zainal, 2013. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asiyah, Nur, 2013. Pola Asuh Demokratis, Kepercayaan Diri dan Kemandirian Mahasiswa Baru, Pascasarjana Untag Surabaya: Jurnal Psikologi Indonesia, Vol. 2. No. 2, hal 108-121.

Asyhar, Rayandra, 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Basleman, Anisah & Syamsu Mappa, Teori Belajar Orang Dewasa. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011), hlm. 29.

Desmita, 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Handayani ,Ni Nyoman Lina, Nyoman Dantes, I Wayan Suastra, Pengaruh Model Pembelajaran Mandiri Terhadap Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP N 3 Singaraja., e-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurnal Pendidikan Dasar (Volume 3 Tahun 2013)

Iskandar, 2012. Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru), Jakarta: Referensi.

_______, 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Referensi.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, diakses pada Selasa 8 Maret 2016 jam 15.33 WIB.

Moleong, Lexy J, 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munir, 2013. Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Musfiqon, M, 2012. Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Nazir, Moh, 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurhayati, Eti, 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Prasetyaningsih, Astuti, dkk “Hubungan Kemandirian Belajar dan Interaksi Edukasi dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD SeKecamatan Purworejo”. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Sebelas Maret.

Prawira, Purwa Atmaja, 2013. Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Purwanto, M.Ngalim, 2013. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rosyidah, Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika pada Siswa MTsN Parung-Bogor. Jurnal Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta: 2010,( http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/21624/1/ROSYIDAH-FITK.pdf Diakses pada 19 Januari 2016 Jam. 15.08

Rusdiana, A, & Heryati, 2015. Pendidikan Profesi Keguruan (Menjadi Guru Inspiratif dan Inovatif), Bandung: CV. Pustaka Setia.

Rusman, 2014. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru), Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, Wina, 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Kencana Prenadamedia Group.

___________, 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sitepu, B.P, 2014. Pengembangan Sumber Belajar, Jakarta: Rajawali Pers.

Siregar, Syofian, 2015. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif; dilengkapi dengan Perhitungan Manula dan Aplikasi SPSS Versi 17, Jakarta: Bumi Aksara.

Suardana, I Kade, 2011. Implementasi Model Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Aktivitas, Hasil, dan Kemandirian Belajar Siswa, Universitas Pendidikan Ganesha: Jurnal Pendidikan.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Taufik, 2010. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Inti Prima.

Tirtarahardja, Umar, 2005. Pengantar Pendidikan (Edisi Revisi), Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahab, Rohmalina, 2015. Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Warsita, Bambang, 2011. Pendidikan Jarak Jauh (Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Diklat), Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yamin, Martinis & Bansu I Ansari, 2012. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Referensi.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.