PENGARUH KOMITMEN DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PERKEMBANGAN JUMLAH SISWA PADA SEKOLAH SMK SWASTA DI BOGOR

Authors

  • samsuri fe1 Universitas Djuanda
  • Muhammad Nur Afif

DOI:

https://doi.org/10.30997/jsh.v5i2.537

Keywords:

loyalitas, kepuasan siswa, komitmen guru, dan kompetensi guru.

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan sekolah tingkat menengah yang membekali para
siswanya dengan keterampilan tertentu sehingga alumninya dapat bekerja setelah lulus. SMK
mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang cukup pesat pada beberapa tahun terakhir, seiring
dengan semakin mahalnya biaya kuliah di perguruan tinggi dan meningkatnya kebutuhan tenaga ahli
madya pada dunia usaha dan industri sebagai dampak dari proses industrialisasi di Indonesia.
Sementara itu, rendahnya “barrier to entry” dalam industri jasa ini, serta keinginan pemerintah
untuk memperbanyak sekolah SMK semakin membuka peluang bagi seseorang atau organisasi untuk
berkiprah pada industri jasa ini, sehingga persaingan yang ketat tidak dapat dihindari lagi. Penelitian
ini dilakukan untuk memperoleh deskripsi tentang loyalitas pelanggan dan menguji hipotesis perihal
peranan komitmen dan kompetensi guru dalam pembentukan kepuasan siswa atau lulusan dan nilai
pelayanan, serta faktor-faktor dominan dalam pembentukan suatu loyalitas pelanggan. Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah “explanatory studies” yang dilaksanakan melalui
pengumpulan data di lapangan (sekolah SMK swasta di Kota Bogor) melalui survei sekolah. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru SMK di Kota Bogor memiliki pengaruh kuat secara
langsung terhadap pembentukan loyalitas pelanggan terhadap sekolah mereka maupun tidak
langsung melalui kepuasan siswa.

Downloads

Published

2014-10-22

How to Cite

fe1, samsuri, & Afif, M. N. (2014). PENGARUH KOMITMEN DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PERKEMBANGAN JUMLAH SISWA PADA SEKOLAH SMK SWASTA DI BOGOR. urnal osial umaniora, 5(2). https://doi.org/10.30997/jsh.v5i2.537

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 108 times