KEMAMPUAN PENILAIAN OTENTIK GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Hasan Bisri
  • Muhammad Ichsan

DOI:

https://doi.org/10.30997/jsh.v7i2.492

Keywords:

guru, kemampuan, otentik, penilaian, sekolah dasar

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi perubahan paradigma dalam sistem penilaian pendidikan yang menggunakan model penilaian otentik. Penilaian otentik pada satu sisi bermanfaat untuk melihat perkembangan kemajuan siswa dalam belajar, namun pada sisi lain guru kesulitan untuk melaksanakannya. Oleh sebab itu, diperlukan upaya penelitian yang dapat memberikan informasi yang menyeluruh dan berdampak bagi pelaksanaan penilaian otentik di sekolah dasar. Penelitian bertujuan untuk (1) menyediakan data hasil analisis tingkat pemahaman dan kemampuan guru tentang penilaian otentik; (2) menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penilaian otentik oleh guru; (3) menyediakan prosedur dan instrumen penilaian otentik teknik tes maupun nontes yang dapat digunakan oleh guru. Penelitian menggunakan pendekatan campuran kualitatif dan kuantitatif jenis survei deskriptif. Analisis dan interpretasi data dilakukan dengan teknik umum penelitian kualitatif empat tahap. Proses interpretasi setelah tahap pemeriksaan keabsahan data dilakukan secara analisis induktif. Hasil penelitian memperlihatkan: 1) ketepatan guru menyusun instrumen tes dengan rata-rata 34,8% dan tidak ada yang tepat dalam penyusunan instrumen nontes, kisi-kisi instrumen tes formatif hanya memuat 39,8% dari komponen yang seharusnya, sekitar 50,8% guru mengalami kesulitan membuat soal berbasis konteks; 2) jumlah guru yang membuat kisi-kisi hanya 28,3%. Penilaian performansi pengetahuan, praktik, dan sikap belum dirumuskan ke dalam perilaku-perilaku spesifik; 3) penilaiannya juga belum memperlihatkan konteks yang diharapkan dari pengetahuan, praktik, dan sikap yang dinilai; 4) Prosedur penilaian performansi secara umum terdiri dari: a) penentuan tujuan penilaian, b) penentuan objek yang dinilai dan konteks, c) perumusan indikator, d) pembuatan rubrik, e) observasi, dan f) penskoran.

Downloads

Published

2016-10-21

How to Cite

Bisri, H., & Ichsan, M. (2016). KEMAMPUAN PENILAIAN OTENTIK GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Sosial Humaniora, 7(2), 131–142. https://doi.org/10.30997/jsh.v7i2.492

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 190 times