TELAAH MATERI DONGENG PADA MATA PELAJARAN BAHASA SUNDA SEKOLAH DASAR (ANALISIS KURIKULUM BAHASA SUNDA SEKOLAH DASAR BERBASIS TAUHID)

Authors

  • E Risnawati
  • Endin Mujahidin

DOI:

https://doi.org/10.30997/jsh.v4i2.469

Abstract

Pelajaran bahasaSundadikategorikansebagaimuatan lokalyang harusdiberikan kepadasiswa Sekolah Dasar. Pelajaran ini memiliki beberapabahan ajar sepertimendengarkan(Sunda: ngaregepkeun), berbicara(Sunda: nyarita), membaca(Sunda: maca), dan menulis(Sunda: nulis). Latar belakang penelitianinididasarkankeprihatinanyang mendalam terhadap materibahasabuku teksSundayang tidakcocok dengan nilaitauhidyang dapat merusakkeyakinan para pelajarmuslim. Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanadeskripsi isimatericeritadalam buku teksbahasaSundayang digunakandi Sekolah Dasarditinjaudarinilai ketauhidan? dan (2) bagaimanabahan alternatifuntuk cerita-ceritadalambuku teksbahasaSundadiSekolah Dasar? Dalam penelitian ini, penulismenjelaskanteoridananalisisdalam buku teksbahasaSundayang digunakandi Sekolah Dasarjikaditinjauberdasarkannilaitauhid. Metode penelitian yang digunakandalam penelitian iniadalah studiliteratur(library research) denganpendekatandeskriptif kualitatif. Sumber datapenelitian ini adalahbuku teksbahasaSundadi Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data menggunakandua metode, yaituobservasi dan dokumentasi. Teknikanalisis dataadalahanalisis isi. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa judul kisah dalambuku pelajaranbahasaSundadiSekolah Dasar. Oleh karena itu, jumlahjudulkisahyangdianalisisadalah32, yaitu 17 (53%) judulmemilikinilaitauhid, sedangkan15 (47%) judulmemilikikontradiksidengannilai ketauhidan. Penelitian inimemilikikesimpulan bahwamasih ditemukanbahankisahdalam buku teksbahasaSundadi Sekolah Dasaryang bertentangan dengannilaitauhid.

Downloads

Published

2013-10-20

How to Cite

Risnawati, E., & Mujahidin, E. (2013). TELAAH MATERI DONGENG PADA MATA PELAJARAN BAHASA SUNDA SEKOLAH DASAR (ANALISIS KURIKULUM BAHASA SUNDA SEKOLAH DASAR BERBASIS TAUHID). Jurnal Sosial Humaniora, 4(2). https://doi.org/10.30997/jsh.v4i2.469

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 621 times