PINJAMAN ONLINE: PENGETAHUAN, TABUNGAN, ASURANSI, DAN INVESTASI

Authors

  • Mas Nur Mukmin Universitas Djuanda
  • Mrs. Mustika Masnuneh Universitas Djuanda
  • Mr. Warizal Universitas Djuanda
  • Irwan Ch Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/jsh.v12i2.4683

Keywords:

Perilaku Konsumen, Teknologi Keuangan, Tingkat Pendapatan

Abstract

Dampak literasi keuangan yang rendah terhadap risiko penggunaan layanan pinjaman online sangatlah signifikan. Perkembangan teknologi layanan teknologi keuangan yang begitu pesat, tidak sejalan dengan tingkat pengetahuan, tabungan, asuransi, dan investasi para penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dimensi literasi keuangan para pengguna layanan pinjaman online pada kategori usia 19 sampai dengan 34 tahun. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data primer pada pengguna layanan pinjaman online di Kota Bogor. Hasil penelitian menungjukkan bahwa para pengguna layanan pinjaman online memiliki tingkat literasi keuangan yang tergolong tinggi. Sedikit pengguna layanan pinjaman online yang berpenghasilan lebih dari 5 juta rupiah per bulan. Perluasan objek penelitian dan jumlah responden dapat dilakukan pada penelitian serupa dimasa yang akan datang.

References

Al-Slehat, Zaher Abdel Fattah. 2021. “Determining the Effect of Banking Service Quality on Customer Loyalty Using Customer Satisfaction as a Mediating Variable: An Applied Study on the Jordanian Commercial Banking Sector.” International Business Research 14(4):1–58.

Ch, Irwan, Titiek Tjahja Andari, and Mas Nur Mukmin. 2020. “CUSTOMER AND FINANCIAL PERFORMANCE ANALYSIS WITH THE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS METHODS FOR PRODUCTIVE ECONOMIC BUSINESSES-JOINT BUSINESS GROUP.”

Handro, Paul. 2018. “THE ROLE OF CUSTOMER EXPERIENCE IN RETAIL BANKING AND THE RISE OF FINTECHS.” Annals of’Constantin Brancusi’University of Targu-Jiu. Economy Series (1).

Hutapea, Riauli Susilawaty. 2020. “The Effect of Financial Technology (Fin-Tech) on Customer Satisfaction Level (A Case Study on SMEs).” Pp. 668–74 in. Atlantis Press.

Mukmin, Mas Nur. 2020. “A Behavioral Engineering: Fraud Prevention in Accounting Students With the Involvement of Religious Motivation.” International Journal of Civil Engineering and Technology 11(1).

Mukmin, Mas Nur, and Hesti Wulansari. 2017. “Akuntabilitas Kinerja Akuntan Pendidik Berdasarkan Kompetensi Akuntan Dan Etika Profesional (Studi Empiris Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Bogor).” Jurnal Akunida 3(2):51–59.

Okoye, Lawrence U., Alexander Ehimare Omankhanlen, JOHNSON IFEANYI OKOH, and Areghan Akhanolu Isibor. 2018. “Technology-Based Financial Services Delivery and Customer Satisfaction: A Study of the Nigerian Banking Sector.” International Journal of Civil Engineering and Technology 9(13):214–23.

Rani, Mimi Suriaty Binti Abdul. 2021. “Study on Customer Satisfaction, Adoption, Perception, Behaviour, and Security on Financial Technology (Fintech) Services.” P. 9th in Vol. 8.

Silaningsih, Endang, and Putri Utami. 2018. “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Produk Olahan Makanan Ringan.” Jurnal Sosial Humaniora 9(2):144–58.

Syah, Rahmad. 2020. “Optimization Tree Based Inference to Customer Behaviors in Dynamic Control System.”

Syah, RAHMAD, MKM Nasution, ERNA BUDHIARTI Nababan, and SYAHRIL Efendi. 2020. “Knowledge Acceleration Estimator (KAE) Model to Customer Behavior Using Business Metrics.” Journal of Theoretical and Applied Information Technology 98(08).

Zhang, L., and H. Kim. 2020. “The Influence of Financial Service Characteristics on Use Intention through Customer Satisfaction with Mobile Fintech.” Journal of System and Management Sciences 10(2):82–94.

Downloads

Published

2021-11-15

How to Cite

Mukmin, M. N., Masnuneh, M., Warizal, & Ch, I. (2021). PINJAMAN ONLINE: PENGETAHUAN, TABUNGAN, ASURANSI, DAN INVESTASI . urnal osial umaniora, 12(2), 171–177. https://doi.org/10.30997/jsh.v12i2.4683

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 238 times