TEORI BELAJAR DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Authors

  • Radif Khotamir Rusli
  • MA Kholik

DOI:

https://doi.org/10.30997/jsh.v4i2.468

Abstract

EdwardThorndike(1874-1949)terkenaldalam psikologiuntuk karyanya padateoriyang mengarah padapengembangan"pengkondisian operan" dalam aliran belajar behaviorisme, sedangkanpengkondisian klasiktergantungpada pengembanganasosiasiantara peristiwa. Pengkondisian operanmelibatkanbelajardari konsekuensiperilaku kita. Skinnerbukanpsikologpertama yang mempelajaripembelajaran dengankonsekuensi karena memangteoriSkinnerdaripengkondisian operandibangunpada ide-idedariEdwardThorndike. Tujuan daripenelitian ini adalah untukmeninjauteoribelajardalamperilaku, kognitif, konstruktif, manusia, dantradisi sosialuntuk mengidentifikasiprinsip-prinsipbelajarlokal untukteori-teoriyangmungkin mewakilicontoh-contoh spesifikdariprinsip-prinsipuniversal, pada dasarnya diperlukan untukfasilitasipembelajaranpada umumnya. Dengan carapenelitiantekstualmelalui metodologi lensadidefinisikanuntuk mengidentifikasitemaumumdandengan caraanalisis komparatifkonstantemaini dikembangkanlebih lanjut melaluianalisisdan klasifikasicontohspesifik daritemadalam teks yang pernah ditinjau.

EdwardThorndike(1874-1949)terkenaldalam psikologiuntuk karyanya padateoriyang mengarah padapengembangan"pengkondisian operan" dalam aliran belajar behaviorisme, sedangkanpengkondisian klasiktergantungpada pengembanganasosiasiantara peristiwa. Pengkondisian operanmelibatkanbelajardari konsekuensiperilaku kita. Skinnerbukanpsikologpertama yang mempelajaripembelajaran dengankonsekuensi karena memangteoriSkinnerdaripengkondisian operandibangunpada ide-idedariEdwardThorndike. Tujuan daripenelitian ini adalah untukmeninjauteoribelajardalamperilaku, kognitif, konstruktif, manusia, dantradisi sosialuntuk mengidentifikasiprinsip-prinsipbelajarlokal untukteori-teoriyangmungkin mewakilicontoh-contoh spesifikdariprinsip-prinsipuniversal, pada dasarnya diperlukan untukfasilitasipembelajaranpada umumnya. Dengan carapenelitiantekstualmelalui metodologi lensadidefinisikanuntuk mengidentifikasitemaumumdandengan caraanalisis komparatifkonstantemaini dikembangkanlebih lanjut melaluianalisisdan klasifikasicontohspesifik daritemadalam teksyang pernah ditinjau.

Downloads

Published

2013-10-20

How to Cite

Rusli, R. K., & Kholik, M. (2013). TEORI BELAJAR DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN. Jurnal Sosial Humaniora, 4(2). https://doi.org/10.30997/jsh.v4i2.468

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 9827 times

Most read articles by the same author(s)