TEORI BELAJAR DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Radif Khotamir Rusli, MA Kholik

Abstract

EdwardThorndike(1874-1949)terkenaldalam psikologiuntuk karyanya padateoriyang mengarah padapengembangan"pengkondisian operan" dalam aliran belajar behaviorisme, sedangkanpengkondisian klasiktergantungpada pengembanganasosiasiantara peristiwa. Pengkondisian operanmelibatkanbelajardari konsekuensiperilaku kita. Skinnerbukanpsikologpertama yang mempelajaripembelajaran dengankonsekuensi karena memangteoriSkinnerdaripengkondisian operandibangunpada ide-idedariEdwardThorndike. Tujuan daripenelitian ini adalah untukmeninjauteoribelajardalamperilaku, kognitif, konstruktif, manusia, dantradisi sosialuntuk mengidentifikasiprinsip-prinsipbelajarlokal untukteori-teoriyangmungkin mewakilicontoh-contoh spesifikdariprinsip-prinsipuniversal, pada dasarnya diperlukan untukfasilitasipembelajaranpada umumnya. Dengan carapenelitiantekstualmelalui metodologi lensadidefinisikanuntuk mengidentifikasitemaumumdandengan caraanalisis komparatifkonstantemaini dikembangkanlebih lanjut melaluianalisisdan klasifikasicontohspesifik daritemadalam teks yang pernah ditinjau.

EdwardThorndike(1874-1949)terkenaldalam psikologiuntuk karyanya padateoriyang mengarah padapengembangan"pengkondisian operan" dalam aliran belajar behaviorisme, sedangkanpengkondisian klasiktergantungpada pengembanganasosiasiantara peristiwa. Pengkondisian operanmelibatkanbelajardari konsekuensiperilaku kita. Skinnerbukanpsikologpertama yang mempelajaripembelajaran dengankonsekuensi karena memangteoriSkinnerdaripengkondisian operandibangunpada ide-idedariEdwardThorndike. Tujuan daripenelitian ini adalah untukmeninjauteoribelajardalamperilaku, kognitif, konstruktif, manusia, dantradisi sosialuntuk mengidentifikasiprinsip-prinsipbelajarlokal untukteori-teoriyangmungkin mewakilicontoh-contoh spesifikdariprinsip-prinsipuniversal, pada dasarnya diperlukan untukfasilitasipembelajaranpada umumnya. Dengan carapenelitiantekstualmelalui metodologi lensadidefinisikanuntuk mengidentifikasitemaumumdandengan caraanalisis komparatifkonstantemaini dikembangkanlebih lanjut melaluianalisisdan klasifikasicontohspesifik daritemadalam teksyang pernah ditinjau.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.