MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR MURID DI SEKOLAH DASAR NEGERI CILEBUT 1

Authors

  • Resti Fauziah
  • Berliana Kartakusumah

DOI:

https://doi.org/10.30997/jsh.v4i1.443

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh media pembelajaran kepada minat belajar siswa Sekolah Dasar Negeri Cilebut 1 Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian deskriptif-kuantitatif. Penarikan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling, sedangkan teknik pengumpulan data ialah observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa 9,1% faktor minat siswa dipengaruhi oleh media pembelajaran, sedangkan 90,9% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Tidak dapat dipungkiri bahwa peran media yang digunakan dalam proses pembelajaran dapat mempengaruhi minat siswa belajar terutama dalam mata pelajaran pendidikan Islam. Dari hasil perhitungan regresi sederhana menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara media pembelajaran bagi siswa kepentingan belajar. Untuk uji kesalahan 5% dua sisi df (derajat kebebasan) yaitu n-2 = 78-2, maka diperoleh ttabel = 1.980, thitung> ttabel (2.904>1.980). Setelah menganalisis hasil dari hipotesis, diperoleh Freg lebih besar dari Ft baik sub 5% dan 1%, dengan hasil Freg>Ftabel (8,48>3,98>7,01). Adapun hasil koefisien determinasi r2 = 0,303 = 0,091 persamaan melalui regresi Y = 0,051 + 0,532X. Akhirnya, dari hasil analisis regresi sederhana di atas dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran terhadap minat belajar siswa SDN Cilebut 1 Bogor. Semakin sering guru menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran, maka akan semakin tinggi minat belajar terutama pada mata pelajaran tertentu, yaitu pendidikan Islam.

Downloads

Published

2017-03-20

How to Cite

Fauziah, R., & Kartakusumah, B. (2017). MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR MURID DI SEKOLAH DASAR NEGERI CILEBUT 1. Jurnal Sosial Humaniora, 4(1). https://doi.org/10.30997/jsh.v4i1.443

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 131 times