MODEL USAHA BERBASIS GREEN BUSINESS YANG DAPAT MENEMBUS PASAR DUNIA (PADA UKM KERAMIK DI KECAMATAN PLERED KABUPATEN PURWAKARTA).
DOI:
https://doi.org/10.30997/jsh.v11i1.2437Keywords:
Green Business, , Perguruan Tinggi, Triple Bottom LineAbstract
Label Green Business pada suatu usaha akan berdampak positif pada pendapatan usaha tersebut. Green Business layak diberikan pada perusahaan yang telah melakukan Corporate Social Responsibility secara konsisten. Kekonsistenan ini tidak hanya diukur melalui upaya berapa besar laba yang dihasilkan, namun juga upaya apa saja yang telah dilakukan berhubungan dengan pengaruh terhadap perekonomian secara luas, lingkungan dan masyarakat di mana mereka beroperasi (Triple Bottom Line). Disebut triple sebab konsep ini memasukkan tiga ukuran kinerja sekaligus, yaitu 3P: “Profit-Planet-People”.
Penerapan Green Business ini akan diimplemenatasikan pada usaha keramik yang saat ini tidaklah sejaya dahulu yaitu UKM Pengrajin Keramik di Plered Purwakarta. Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengembangan Sentra Keramik merupakan Pembina UKM keramik ini yang terus berusaha mengembangkan bisnis mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan green business pada UKM industri keramik di Kecamatan Plered Purwakarta yang dapat meningkatkan penjualan hingga ke luar negri . Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu analisis deskriptif dengan cara menganalisis data dengan kalimat, kata, skema, dan gambar dengan cara mengelompokan data, memberikan gambaran dan menggunakan teori yang ada kemudian ditarik kesimpulannya
Hasil penelitian adalah Usaha keramik ini masih mengalami masalah dalam pengembangannya seperti produksi dengan biaya optimal, promosi secara digital, pengiriman produk secara aman, ketersediaan sumber daya manusia. Model green business yang dibuat memberi petunjuk untuk menjawab permasalahan yang ada.
References
Balai Besar Keramik, 2013, Pengembangan Keramik Fungsional, Bandung
Dinas Perindustrian Jawa Barat, 2006, Pelatihan dan Praktikum tentang Pembakaran Keramik, Bandung
Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, 2009, Sinergitas Program/Kegiatan Pengembangan dan Pemasyarakatan Teknologi Tepat Guna, Bandung.
ITB, 2014, Pengembangan Disain pada Produk, Bandung
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenegkop dan UKM), www.depkop.go.id , diakses tanggal 2 April 2015
Kadin, 2013, Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan Bandung.
Lawrence J. Gitman, 2009, “Principle of Managerial Finance” 12th edition New York, Pearson Internasional
STIE Harapan Bangsa, 2013, Pengembangan Kinerja Financial dan Non Financial UMKM Keramik di Jawa Barat (Sentra Industri Keramik Kiaracondong Bandung).
SBM, 2013, Dokumen Kurikulum, Program Studi Kewirausahaan, Bandung
UPTD, 2008, Pokja Klaster, Industri Kerajinan Gerabah/Keramik Hias, Plered Purwakarta.
UPTD, 2008, Klaster Industri Kerajinan Gerabah dan Keramik Hias, Plered Purwakarta
UPTD, 2009, Teknik Produksi dan Disain Pengembangan Klaster IKM Gerabah/Keramik Hias, Plered Purwakarta
UPTD, 2012, Peningkatan Teknik Produksi dan Diversifikasi Produk Kerajinan Produk Kerajinan Keramik Plered