FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN UMKM MELALUI PENDEKATAN FAKTOR INTERNAL DAN FAKTOR EKSTERNAL DIKOTA BOGOR

Authors

  • Yulianingsih Yulianingsih Universitas Djuanda Bogor

DOI:

https://doi.org/10.30997/jsh.v12i1.2354

Keywords:

faktor internal, faktor eksternal, keberhasilan UMKM

Abstract

Tujuan observasi  ini adalah untuk  mengkaji faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan UMKM melalui pendekatan faktor internal dan faktor eksternal di kota Bogor. Populasi dari observasi ini  adalah pelaku UMKM Kota Bogor, sebanyak 30.822.Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin, sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 sampel. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linier berganda. Hasil observasi menunjukkan bahwa : 1) Faktor internal berpengaruh terhadap keberhasilan   UMKM; 2) Faktor eksternal berpengaruh terhadap keberhasilan UMKM; 3) Faktor internal dan faktor eksternal secara simultan berpengaruh terhadap keberhasilan   UMKM. Hubungan fungsionalnya diperoleh persamaan  Y  = 7,841 + 0,105 X1 + 0, 282 X2  + e  dan koefisien determinasi faktor internal dan faktor eksternal secara simultan terhadap keberhasilan UMKM  sebesar 46,9%.

References

Aisidiktya, Frida. 2018. Pengaruh Faktor internal dan faktor eksternalTerhadap Keberhasilan Usaha Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Counter Handphone di Kecamatan Kartasura. Skripsi
Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Fahmi, Irham. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.
Husein Umar. 2016. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Persada
Kastriah, Martha. 2012. Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal Seorang Entrepreneur Terhadap Manifestasi Kewirausahaan (Studi Kasus Pada UMKM di Wilayah Kota Bekasi). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Listiyantari, Riska. 2016. Pengaruh Faktor-Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Keberhasilan UKM di Kecamatan Ponorogo. Skripsi Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Lofian, B., & Riyoko, S. 2014. Identifikasi Faktor internal dan faktor eksternalYang Berpengaruh Terhadap Keberhasilan UKM Mebel Rotan di Jepara. Jurnal Disprotek.
Mahanani, Hanum Risfi. 2014. Analisis Pengaruh Faktor Internal Dan Faktor Lingkungan Eksternal Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Pada Siswa Sma Negeri 1 Semarang). Jurnal Bisnis dan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Dipenogoro Semarang.
Mas’ud Machfoedz dan Mahmud Machfoedz. 2015. Kewirausahaan, Yogyakarta: Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.
Musran, M. 2010. Pengaruh Faktor-Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Keberhasilan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Sulawesi Selatan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan.
Purwidianti, Wida. 2015. Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Keberhasilan Usaha Industri Kecil dan Menengah di Purwokerto Utara. Jurnal Ilmiah Volume 19, No.1, Th. 2015. Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Prawirosentono, Suyadi. 2009. Manajemen sumber Daya Manusia (Kebijakan
Keberhasilan Karyawan), Kiat membangun Organisasi Kompetitif menjelang Perdagangan Bebas Dunia, Edisi Pertama. Yogyakarta : BPFE.
Sandra, A., & Purwanto, E. 2015. Pengaruh Faktor-Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil dan Menengah di Jakarta. Business Management Journal.
Sudiarta, I Putu Lanang Eka dkk. 2014. Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bangli. e-journal Vol.2.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Bandung : Alfabeta

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Yulianingsih, Y. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN UMKM MELALUI PENDEKATAN FAKTOR INTERNAL DAN FAKTOR EKSTERNAL DIKOTA BOGOR. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 96–106. https://doi.org/10.30997/jsh.v12i1.2354

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 114 times