PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU IPA SMP BPI BANDUNG

Wiworo Retnadi Rias Hayu, Anna Permanasari, Omay Sumarna, Sumar Hendayana

Abstract

Tujuan artikel ini mendeskripsikan langkah pengemabangan profesionalisme guru di SMP BPI Bandung. Peningkatan profesionalisme guru IPA yaitu kemampuan berpikir kritis, kolaboratif, kreatifitas dan komunikasi. Hal tersebut menarik untuk dikaji ulang dan dibentuk menjadi kecakapan guru dalam pembelajaran. Hal tersebut sangat penting karena guru merupakan agen perubahan generasi penerus yang akan datang. Kebermutuan anak-anak sekarang dan masa yang akan datang tergantung pada keberhasilan pendidikan yang dilakukan. Pembelajaran yang dengan guru yang professional akan menghasilkan pembelajaran yang bermutu. Metode yang digunakan merupakan diskeptif kualitatif.  Hasil Penelitian memperoleh dengan adanya kegiatan perencanaan yang baik maka akan menghasilkan pengimplementasian pembelajaran berjalan dengan lebih baik dan bermutu. Kesimpulannya pengembangan profesionalisme guru IPA SMP BPI di Bandung yang cocok diterapkan yaitu pengembangan komunitas belajar guru melalui metode lesson study, adanya peningkatan keprofesionalisasime guru, kesiapan, percayadiri dan mau menerima kritikan. Perencanaan pembelajaran yang dilakukan menyesuaikan siswa supaya dapat belajar. Lesson desain tersusun pada tahap perencanaan yang tersusun simple dan sistematis. Selanjutnya pengimplementasian lesson desain dalam pembelajaran yang memfasilitasi siswa belajar, guru lebih percaya diri dan siap dalam pembelajaran. Tahap terakhir refleksi bersama untuk memperbaiki dan belajar bersama melalui pembelajaran yang dilakukan.

Keywords

komunitas , lesson study, lesson desain, plan, do, see, profesionalisme, dan guru IPA

Full Text:

PDF

References

Andrew, Vincent. (2012). Using Learning Study to improve the teaching and learning of accounting in a school in Brunei Darussalam. International Journal for Lesson and Learning Studies 1 (1), 23-40.

Björk, Marie and Berggren, Gunilla Pettersson-. (2015). Teachers developing teaching A comparative study on critical features for pupils’ perception of the number line. International Journal for Lesson and Learning Studies 4 (4), 383-400.

Carlgren, Ingrid. (2012). The learning studyas an approach for “clinical” subject matter didactic research. International Journal for Lesson and Learning Studies 1 (2), 126-139.

Dudley, Peter. (2012). Lesson Study development in England: from school networks to national policy University of Cambridge, Cambridge, UK. International Journal for Lesson and Learning Studies (1 ) 1, 86-100.

Elliott, John. (2012) Developing a science of teaching through lesson study. International Journal for Lesson and Learning Studies 1 (2), 108-125.

Gierlinger, E.M., Spann, H. and Wagner, T. (2016). Variation theory in Austrian initial EFL teacher education: potentials and challenges. International Journal for Lesson and Learning Studies 5 (2), 130-141.

Halem, N.V., Goei, S.L.& Akkerman, S. F.(2016). Formative assessment in teacher talk during lesson studies. International Journal for Lesson and Learning Studies 5 (4), 2016 313-328.

Kurniawan, A. F., Murniati, N.A.N.& Khoiri, N. (2011). Model Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Fisika Kota Semarang Pasca Sertifikasi Melalui MGMP1. Journal JP2F 2(2), 102-114.

Lamb, Penny and Aldous, David. (2016). Exploring the relationship between reflexivity and reflective practice through lesson study within initial teacher education. International Journal for Lesson and Learning Studies 5 (2), 99-115.

Norwich, Brahm., Dudley, and Ylonen, Annamari Pete. (2014). Using lesson study to assess pupils’ learning difficulties. International Journal for Lesson and Learning Studies 3 (2), 192-207.

Sobri, A. Y. (2016). Model-Model Pengembangan Profesionalisme Guru. Artikel Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) VIII Tahun 2016, 339-342.

Suwono, H. (2009). Model Pelatihan Berbasis Kelompok Kerja Guru Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Perangkat Penilaian Berbasis Kelas. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16 (1), 28-39.

Yamaj, Akane. (2016). Teacher discourse supporting peer collaboration in mathematics. International Journal for Lesson and Learning Studies 5 (3), 255-270.

Yanping Fang and Christine K.E. Lee, and Yu dong Yang. (2012). Developing curriculum and pedagogical resources for teacher learning A lesson study video case of “Division with Remainder” from Singapore. International Journal for Lesson and Learning Studies 1 (1), 65-84.

Yuk, Ko Po. (2012). Critical conditions for pre-service teachers’learningthroughinquiry The Learning Study approach in Hong Kong. International Journal for Lesson and Learning Studies 1 (1), 49-64.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.