PERSPEKTIF ILMIAH DAN KEYAKINAN TERHADAP EVOLUSI MAHASISWA BIOLOGI DI UNIVERSITAS BERBASIS AGAMA

Authors

  • Helmi Suwarjono Universitas Djuanda Bogor
  • Nuryani Yogipratama Rustaman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nuryani Yogipratama Rustaman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Fransisca Sudargo Universitas Pendidikan Indonesia
  • Fransisca Sudargo Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tofik Hidayat Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tofik Hidayat Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30997/jsh.v10i2.1874

Keywords:

Pandangan Ilmiah, Keyakinan, Evolusi

Abstract

Evolusi merupakan kata kunci yang sangat krusial untuk dibahas dalam kaitannya dengan keyakinan di berbagai agama. Di Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia evolusi adalah isu yang cukup sensitif dan kontroversi. Penelitian ini melakukan studi terhadap pandangan mahasiswa di universitas berbasis Islam terhadap konsep evolusi. Penelitian ini menggunakan metodologi studi kasus dengan informan kunci adalah 33 mahasiswa jurusan biologi serta 1 orang dosen sebagai informan tambahan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagian besar responden mempercayai evolusi sebagai asal usul keberagaman makhluk hidup, namun menentang teori tentang asal usul kehidupan terutama konsep “common ancestor”. Temuan yang paling mengejutkan dalam penelitian ini adalah meskipun mereka tidak percayai beberapa bagian dari teori evolusi, mereka menyatakan akan tetap mengajarkannya ketika telah menjadi guru.

References

Alam, S. (1984). Evolusi Manusia dan
Konsepsi Islam. Bandung: Risalah.
Athanasiou, K. (2014). Evolution theory
teaching and learning: what
conclusions can we get from
comparisons of teachers' and
students' conceptual ecologies in
greece and turkey?. Eurasia,
11(4):842-852
Bauto, L.M. (2014). Perspektif Agama Dan
Kebudayaan Dalam Kehidupan
Masyarakat Indonesia (Suatu
Tinjauan Sosiologi Agama). Jurnal

Pendidikan Ilmu Sosial, 23(2): 11-
25
Creswell, J.W. & Clarck, V.P. (2007).
Designing and Conduting Mixed
Methods Research. London: Sage
Publications
Darwin, C.R. (1859). The Origin of Species.
New York: D. Appleton &
Company
Devine, P.E. (1996). Creation and
Evolution. Journal Religious
Studies, 32(03): 325-337
H Helmi. Rustaman, N.Y., Tapilouw, F.S. &
Hidayat, T. (2018). Preconception
analysis of evolution on pre-service
biology teachers using certainty of
response index. J.Phys.: Conference
Series, 1157 (2019): 1-7
Hermann, R.S. (2016). Elementary
Education Majors' Views on
Evolution: A Comparison of
Undergraduate Majors
Understanding of Natural Selection
and Acceptance of Evolution.
Electronic Journal of Science
Education, 20(6): 21-44
Konnemann, C., Höger, C., Asshoff, R.,
Hammann, M & Rieß, W. (2018). A
Role for Epistemic Insight in
Attitude and Belief Change?
Lessons from a Cross-Curricular
Course on Evolution and Creation.
Research in Science Education,
48(6): 1187-1204
Luthfi, M.J & Khusnuryani, A. (2005).
Agama Dan Evolusi: Konflik Atau
Kompromi? Kaunia, 1(1): 1-19

Owens, D.A., Butler, A.M., Aguero, T.H.,
Newman, K.M., Van Booven, D.,
King, M.L. (2017). High-
throughput analysis reveals novel
maternal germline RNAs crucial for
primordial germ cell preservation
and proper migration. Development,
144 (2017): 292-304
Saputra, A. (2017). Persepsi Mahasiswa
Calon Guru Biologi tentang
Pembelajaran Materi Evolusi di
SMA: Studi Kasus Mahasiswa
Pendidikan Biologi FKIP
Universitas Sebelas Maret
Surakarta. Bioeducation Journal,
1(1): 1-9
Yin, Robert K. (2009). Studi Kasus: Desain
dan Metode. Jakarta : Rajagrafindo
Persada

Downloads

Published

2019-11-05

How to Cite

Suwarjono, H., Rustaman, N. Y., Rustaman, N. Y., Sudargo, F., Sudargo, F., Hidayat, T., & Hidayat, T. (2019). PERSPEKTIF ILMIAH DAN KEYAKINAN TERHADAP EVOLUSI MAHASISWA BIOLOGI DI UNIVERSITAS BERBASIS AGAMA. Jurnal Sosial Humaniora, 10(2), 83–92. https://doi.org/10.30997/jsh.v10i2.1874

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 1569 times