PERSPEKTIF ILMIAH DAN KEYAKINAN TERHADAP EVOLUSI MAHASISWA BIOLOGI DI UNIVERSITAS BERBASIS AGAMA

Helmi Suwarjono, Nuryani Yogipratama Rustaman, Nuryani Yogipratama Rustaman, Fransisca Sudargo, Fransisca Sudargo, Tofik Hidayat, Tofik Hidayat

Abstract

Evolusi merupakan kata kunci yang sangat krusial untuk dibahas dalam kaitannya dengan keyakinan di berbagai agama. Di Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia evolusi adalah isu yang cukup sensitif dan kontroversi. Penelitian ini melakukan studi terhadap pandangan mahasiswa di universitas berbasis Islam terhadap konsep evolusi. Penelitian ini menggunakan metodologi studi kasus dengan informan kunci adalah 33 mahasiswa jurusan biologi serta 1 orang dosen sebagai informan tambahan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagian besar responden mempercayai evolusi sebagai asal usul keberagaman makhluk hidup, namun menentang teori tentang asal usul kehidupan terutama konsep “common ancestor”. Temuan yang paling mengejutkan dalam penelitian ini adalah meskipun mereka tidak percayai beberapa bagian dari teori evolusi, mereka menyatakan akan tetap mengajarkannya ketika telah menjadi guru.

Keywords

Pandangan Ilmiah, Keyakinan, Evolusi

Full Text:

PDF

References

Alam, S. (1984). Evolusi Manusia dan

Konsepsi Islam. Bandung: Risalah.

Athanasiou, K. (2014). Evolution theory

teaching and learning: what

conclusions can we get from

comparisons of teachers' and

students' conceptual ecologies in

greece and turkey?. Eurasia,

(4):842-852

Bauto, L.M. (2014). Perspektif Agama Dan

Kebudayaan Dalam Kehidupan

Masyarakat Indonesia (Suatu

Tinjauan Sosiologi Agama). Jurnal

Pendidikan Ilmu Sosial, 23(2): 11-

Creswell, J.W. & Clarck, V.P. (2007).

Designing and Conduting Mixed

Methods Research. London: Sage

Publications

Darwin, C.R. (1859). The Origin of Species.

New York: D. Appleton &

Company

Devine, P.E. (1996). Creation and

Evolution. Journal Religious

Studies, 32(03): 325-337

H Helmi. Rustaman, N.Y., Tapilouw, F.S. &

Hidayat, T. (2018). Preconception

analysis of evolution on pre-service

biology teachers using certainty of

response index. J.Phys.: Conference

Series, 1157 (2019): 1-7

Hermann, R.S. (2016). Elementary

Education Majors' Views on

Evolution: A Comparison of

Undergraduate Majors

Understanding of Natural Selection

and Acceptance of Evolution.

Electronic Journal of Science

Education, 20(6): 21-44

Konnemann, C., Höger, C., Asshoff, R.,

Hammann, M & Rieß, W. (2018). A

Role for Epistemic Insight in

Attitude and Belief Change?

Lessons from a Cross-Curricular

Course on Evolution and Creation.

Research in Science Education,

(6): 1187-1204

Luthfi, M.J & Khusnuryani, A. (2005).

Agama Dan Evolusi: Konflik Atau

Kompromi? Kaunia, 1(1): 1-19

Owens, D.A., Butler, A.M., Aguero, T.H.,

Newman, K.M., Van Booven, D.,

King, M.L. (2017). High-

throughput analysis reveals novel

maternal germline RNAs crucial for

primordial germ cell preservation

and proper migration. Development,

(2017): 292-304

Saputra, A. (2017). Persepsi Mahasiswa

Calon Guru Biologi tentang

Pembelajaran Materi Evolusi di

SMA: Studi Kasus Mahasiswa

Pendidikan Biologi FKIP

Universitas Sebelas Maret

Surakarta. Bioeducation Journal,

(1): 1-9

Yin, Robert K. (2009). Studi Kasus: Desain

dan Metode. Jakarta : Rajagrafindo

Persada

Refbacks

  • There are currently no refbacks.