PENGARUH KOMUNIKASI DAN KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN BOGOR

Oetje Subagdja

Abstract

Fenomena yang diangkat menjadi masalah penelitian adalah kualitas pelayanan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bogor  dan korelasinya dengan masalah komunikasi dan kompetensi pegawai. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang dilaksanakan dengan pendekatan penelitian survey sample. Pengambilan sampel dari populasi penelitian menggunakan stratified random sampling technique. Pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan,  kuesioner penelitian dan observasi. Analisis data  menggunakan Analisis SEM (Structural Equation Model Analysis). Dari pembahasan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut :

Besarnya pengaruh Komunikasi terhadap Kualitas Pelayanan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bogor mencapai 0,430. Besarnya pengaruh Komunikasi terhadap Kualitas Pelayanan Akta Kelahiran ditentukan oleh personal skills and attitudes, interpersonal skills dan oral and written communication.

 Besarnya pengaruh Kompetensi Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bogor mencapai 0,543. Besarnya pengaruh kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bogor ditentukan oleh motives,  traits,  self-concept,  knowledge, dan Skills.

           Konsep baru yang diperoleh dari analisis pengaruh Komunikasi terhadap Kualitas Pelayanan Akta Kelahiran adalah tentang Sikap dan Ketrampilan Pribadi Petugas Pelayanan Publik. Cakupan sikap dan ketrampilan pribadi petugas pelayanan yang dimaksud meliputi keahlian berkomunikasi dalam menyiapkan informasi pelayanan; kepandaian berkomunikasi dalam menyampaikan informasi pelayanan; ketrampilan berkomunikasi dalam memproses informasi yang disampaikan oleh penerima layanan; sikap petugas menyampaikan informasi kepada penerima layanan; dan sikap dalam menerima informasi dari penerima layanan.

           Konsep baru yang diperoleh dari analisis pengaruh Kompetensi Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Akta Kelahiran adalah tentang Ketrampilan Pelayanan Administrasi Publik. Ketrampilan pelayanan yang dimaksud meliputi ketrampilan mengelola sumber daya administrasi yang terdiri atas sumber daya manusia, sumber daya anggaran, sumber daya kebijakan, dan sumber daya sarana pelayanan; ketrampilan manajemen pelayanan yang terdiri atas perencanaan layanan, palaksanaan pelayanan, pengendalian pelayanan, dan penilaian hasil pelayanan; ketrampilan teknis pelayanan yang terdiri atas prosedur,  tata cara dan waktu pelayanan; ketrampilan sosial pelayanan.

Keywords

Komunikasi, Kompetensi, Kualitas Pelayanan Publik

Full Text:

PDF

References

Nawawi, Hadari. 1994. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Pace, Wayne, R and Faules, F, Don. 2006. Komunikasi Organisasi Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. PT Rosdakarya.

Ruben, Brent. D and Steward, Lea, P. 1998. Communication and Human Behavior Fourth Edition. Sutarto. 1991. Dasar-dasar Komunikasi Administrasi. Duta Wacana University Press.

Shermon, Ganesh. 2004. Competency based HRM. India : Tata McGraw-Hill Publishing Company Limited.

Spencer, Lyle, M. Jr. And Spencer, M. Signe. 1993. Competencies At Work Models For Superior Performance, United State of America: John Wiley & Sons, Inc.

Zeithaml, Valarie. A Parasuraman, L, Leonard A. Berry. 1990. Delivering Quality Service : Balancing Customer Perception and Expectation. New York. The Free Press Advision of Mac Millan Inc.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.