PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT BCD BOGOR

Authors

  • Iskandar Zulkarnain
  • Dwi Gemina
  • Erni Yunningsih

DOI:

https://doi.org/10.30997/jsh.v10i1.1615

Keywords:

Fokus Pada Pelanggan, Perbaikan Berkesinambungan, Pemberdayaan Sumber Daya Manusia

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis kinerja karyawan dipengaruhi oleh total quality management (TQM) simultan dan parsial di PT BCD. Fokus pelanggan, perbaikan berkesinambungan, dan pemberdayaan SDM variabel dalam TQM. Metode analisis deskriptif dengan Skala likert untuk analisis desktiptif, sedangkan untuk analisis verifikatif menggunakan koefisien determinasi, korelasi berganda, dan pengujian regresi. Data kuesioner didapatkan dari 100 orang karyawan bagian produksi, quality control, utility, dan gudang. Kuesioner teruji dengan uji validitas, uji reliabilitas, dan juga asumsi klasik. Hasil dari pengujian tersebut valid, reliabel dipakai untuk data regresi. Hasil pengujian koefisien determinasi (R2) 68,40 persen, sedangkan faktor lain mempengaruhi 31,60 persen. Hubungan antara TQM dan kinerja sangat kuat karena hasil koefisien sebesar 0,827. Kinerja karyawan dipengaruhi oleh TQM secara keseluruhan (simultan). Secara parsial fokus pelanggan juga perbaikan berkesinambungan mempengaruhi kinerja karyawan, sedangkan variabel tidak berpengaruh adalah pemberdayaan SDM.

References

Alhudri Said, Meyzi Heryanto. 2015. Pengaruh Penerapan Total Quality Management (TQM) Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. PLN (Persero) Ranting Bangkinang. Jurnal FISIP, Vol. 2, No. 2, pp 1-14
Arikunto, Suharsimi. 2004. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktek. Bandung. Rineka Cipta.
Blocher, J. Edward, Kung H. Chen, Thomas W. Lin. 2000. Manajemen Biaya. Terjemahan, Jakarta. Salemba Empat.
Gaspersz, Vincent. 2002. Total Quality Management. Cetakan Kedua. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.
Gemina Dwi, Endang Silaningsih, Titiek Tjahya Andari. 2015. Implementasi Total Quality Management Berkaitan dengan Manajerial Perusahaan dan Keunggulan Bersaing (Implementation of Total Quality Management Related to Company Managerial and Competitive Advantage), Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol. 13 No. 1, pp 149-157
Handoko, T. Hani. 2011. Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi I. Yogyakarta. BPFE
Karahan Mehmet. 2012. The Determination of the Effect Level on Employee Performance of TQM Practices with Artificial Neural Networks: A Case Study on Manufacturing Industry Enterprises in Turkey, International Journal of Business and Social Science, Vol. 3 No. 7, pp. 133-142
Krajewski, J. Lee dan P. R. Larry. 2006. Operations Management Strategy and Analysis. Fifth Edition. Addison-Wesley Publising Company Inc.
Mangkunegara, A. Anwar Prabu. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Munizu, Musran. 2010. Praktik Total Quality Management (TQM) Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan. (Studi Pada PT. Telkom. Tbk. Cabang Makassar). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 12, No. 2, pp 185-194
Prajogo, Daniel I., and Soon W. Hong. 2008. The Effect of TQM Performance in R&D environments: A Prespective form South Korean Firms, Technovation 28, pp 885-863
Riduwan. 2006. Rumus Dan Data Dalam Aplikasi Statistika. Bandung. CV Alfabeta.
Seputra I Gede Krishna Pradana. 2014. Pengaruh TQM Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Operasional PT. Bank X Cabang Surabaya, Artikel Ilmiah, STIE Perbanas, Surabaya (eprints perbanas.ac.id diakses pada tanggal 09 Desember 2018, Pukul 11.58 WIB)
Siagian, D dan Sugiarto. 2006. Metode Statistika untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Sudrajat M. SW. 1999. Statistika Non Parametric. Fakultas Perbankan Jatinangor. Bandung. Universitas Padjadjaran.
Sugiyono, 2015, Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan Ke-22. Bandung. CV. Alfabeta.
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2000. Total Quality Mangement. Edisi: Revisi. Yogyakarta. Andi.

Downloads

Published

2019-05-27

How to Cite

Zulkarnain, I., Gemina, D., & Yunningsih, E. (2019). PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT BCD BOGOR. Jurnal Sosial Humaniora, 10(1), 40–49. https://doi.org/10.30997/jsh.v10i1.1615

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 2336 times