PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PADA MTS DAN SMK

Authors

  • Airahmawati Airahmawati
  • Sudarijati Sudarijati
  • Sri Harini

DOI:

https://doi.org/10.30997/jsh.v9i1.1378

Keywords:

faktor-faktor kepuasan kerja, komitmen organisasi.

Abstract

Penelitian ini bermaksud memverifikasi pengaruh faktor-faktor kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi pada MTs dan SMK Terpadu YAPISA Megamendung Kabupaten Bogor. Penelitian ini digolongkan pada penelitian yang bersifat verifikatif serta deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui cara menyebarkan kuesioner kepada 47 guru pada MTs dan SMK Terpadu YAPISA Megamendung-Kabupaten Bogor. Data primer dan sekunder adalah data yang dipakai pada penelitian ini. Hasil penelitian faktor-faktor kepuasan kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan serta positif terhadap komitmen organisasi pada MTs dan SMK Terpadu Yapisa Megamendung Kabupaten Bogor, secara parsial kepuasan pekerjaan, gaji, promosi, supervisi, rekan kerja serta kondisi kerja berpengaruh signifikan serta positif pada komitmen organisasi. Untuk penelitian berikutnya disarankan menganalisa berkaitan faktor-faktor yang akan menaikkan komitmen organisasi selain faktor-faktor kepuasan kerja yaitu pengalaman kerja, karakteristik pekerjaan, karakteristik struktur, interaksi tugas.

References

Adiwinata Irvan, Susanto Eddy M. 2014. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada CV Intaf Lumajang. Jurnal Penelitian. Vol 2, No 1. Surabaya. Program Manajemen Bisnis Universitas Kristen Petra.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Edisi Revisi VI. Jakarta. Rineka Cipta.
Febriyana, Wanda. 2015. Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Khabepe Chakra Bandung. Jurnal Penelitian. Bandung. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom.
Flippo, Edwin. 2006. Personel Managemen (Manajemen Personalia). Terjemahan Alponso S. Jakarta. Erlangga.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Program SPSS. Semarang. Badan Penerbit UNDIP.
Handoko, T. Hani. 2002. Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia. Edisi Kedua. Yogyakarta. BPFE.
Hasibuan, Malayu S.P. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Bumi Aksara. Indriantoro, Suwandi. 2009. Peran Budaya Organisasi terhadap Intense Turnover. Jurnal Psikologi. Vol 09. Yogyakarta. Universitas Gajah Mada.
Luthans, Fred. 2006. Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh. Yogyakarta. Andy Offset.
Mangkunegara, Anwar P. 2002. SDM Perusahaan. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Nazir, Muhammad. 2003. Metode Penelitian. Cetakan Kelima. Jakarta Indonesia. Ghalia
Puspasari, Maria. A.W. 2014. Pengaruh Motivasi dan Budaya Organisasi terhadap Komitmen Organisasi dan Kinerja karyawan pada PT Citra Sena Suksess Semarang. Jurnal Penelitian.Yogyakarta. Universitas Atma Jaya.
Robbins, S.P. 2003. Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Edisi Kelima. Jakarta. Penerbit Erlangga.
Sopiah. 2008. Perilaku Organisasional. Yogyakarta. CV Andi Offset.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Kombinasi, Edisi ketiga. Bandung. Alfabeta.

Downloads

Published

2018-10-16

How to Cite

Airahmawati, A., Sudarijati, S., & Harini, S. (2018). PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PADA MTS DAN SMK. Jurnal Sosial Humaniora, 9(1), 48–60. https://doi.org/10.30997/jsh.v9i1.1378

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 252 times