JARINGAN KOMUNIKASI ORGANISASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN

Authors

  • Muhammad Luthfie

DOI:

https://doi.org/10.30997/jsh.v9i1.1376

Keywords:

struktur komunikasi, jaringan komunikasi, saluran komunikasi.

Abstract

Penelitian ini menganalisis peran Muhammadiyah dalam pembangunan desa. Untuk memperkenalkan eksistensinya dan mendukung partisipasinya dalam pembangunan di Desa Plompong, Muhammadiyah Plompong sebagai organisasi masyarakat telah membentuk dan memperluas jaringan komunikasi dengan pihak-pihak terkait, terutama dengan Pemerintah Desa Plompong. Hal ini sangat beralasan, karena dinamika organisasi tidak akan terlepas dari komunikasi organisasi eksternal. Sistem-sistem organisasi yang terdiri dari banyak sub sistem dibangun melalui pertukaran energi, informasi dan makna melalui jaringan dan saluran komunikasi. Jaringan komunikasi (communication network) dapat dilakukan secara spontan atau terencana, sementara saluran biasanya ditentukan dan dibatasi. Untuk menggambarkan jaringan komunikasi Muhammadiyah Plompong dalam rangka memperkenalkan eksistensinya dan partisipasinya dalam pembangunan desa di Desa Plompong, perlu dilakukan identifikasi proses interaksi komunikasi yang terjadi antara Muhammadiyah Plompong dan pihak-pihak yang terkait sehingga membentuk jaringan komunikasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi kemudian mendeskripsikan struktur komunikasi dan proses interaksi komunikasi yang terjadi antara Muhammadiyah Plompong dan pihak-pihak yang terkait sehingga membentuk jaringan komunikasi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, indepth interview, dan focus group discussion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur komunikasi dan jaringan komunikasi Muhammadiyah telah mampu menciptakan harmonisasi dan akses organisasinya dalam pembangunan desa di Desa Plompong.

References

Freeman LC. 1978. Centrality in social networks: Conceptual clarification. Social Networks. 1: 215-239.
Hanneman, R.A., Riddle, M. (2005). Introduction to Social Network Methods. Riverside, CA: University of California, Riverside, Online textbook, diakses 4 Desember 2011, dari http://faculty.ucr.edu/~hanneman/nettext/.
Harris TE, Nelson MD. 2008. Applied Organizational Communication. Theory and Practice in A Global Environment. New York (US): Lawrence Erlbaum Associates.
Hatala J. 2006. Social network analysis in human resource development: A new methodology. Human Reource Deevelopment Review. 5 (1): 121-134
Monge PR, Contractor NS 2003. Theories of Communication Networks. New York (US): Oxford University Press.
Scott J. 2000. Social Network Analysis: A Handbook. Second Edition. California (US): Sage Publication Inc.
Todo Y, Yatade DM, Matous P, Takahashi R. 2011. Effects of geography and social networks on diffusion and adoption of agricultural technology: Evidence from Rural Ethiopia. Paper Konferensi International Sains Terapan Daerah Kyoto University Jepang (JP), February. 1-28.
Rogers EM, Kincaid DL. 1981. Comunnication Networks. Toward a New Paradigm for Research. New York (US): A Division of Macmillan Publishing Co. Inc.
Valente TW, Foreman RK. 1998. Integration and radiality: Measuring the extent of an individual's connectedness and reachability in a network. Social Networks. 20 (1): 89-105.

Downloads

Published

2018-10-16

How to Cite

Luthfie, M. (2018). JARINGAN KOMUNIKASI ORGANISASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN. Jurnal Sosial Humaniora, 9(1), 17–33. https://doi.org/10.30997/jsh.v9i1.1376

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 963 times