ANALISIS PENERAPAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM SEKOLAH BERBASIS ALAM
DOI:
https://doi.org/10.30997/jsh.v9i2.1206Keywords:
karakter peduli lingkungan, program berbasis alam, pendidikan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan karakter peduli lingkungan melalui program sekolah berbasis alam di internasional green school sumedang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini adalah hasil observasi dan wawancara. Hasil dan kesimpulan penelitian mengungkapkan bahwa: (1) strategi penerapan karakter nilai peduli lingkungan siswa diterapkan melalui program pengembangan diri, pengintegrasian dalam mata pelajran, program sekolah,dan pengembangan proses, (2) peran lembaga pemerintah dalam perencanaan dan pelaksanaan penerapan karakter peduli lingkungan yaitu dengan menjalin kerjasama, (3) faktor pendukung penerapan karakter nilai peduli lingkungan di Internasional Green School Sumedang yaitu sekolah dan guru sudah melakukan pembiasaan, sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kerjasama orang tua dalam menerapkan karakter peduli lingkungan di rumah dan konentrasi siswa terganggu apabila situasi pembelajaran yang diakukan di luar kelas terlalu ramai.
References
Mangunjaya, Fachruddin Majeri dan Jeanne Elizabeth McKay. (2012). Reviving an Islamic Approach for Environmental Conservation in Indonesia. Vol. 16, No. 3, p. 286-305.
North, Chris. (2015) Rain and Romanticism: the environment in outdoor education. Vol. 6. p. 287-298.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitati, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.