KONSEP SERVICE EXCELLENCE PERBANKAN SYARIAH BERDASARKAN AL-QUR’AN

M Zainul Wathani, Afiati Kurniasih

Abstract

ABSTRAK

Service excellence merupakan salah satu kunci sukses perbankan syariah dalam menjalankan usahanya. Pelayanan yang baik akan menjadikan nasabah merasa puas, positive word of mouth, dan loyal kepada bank. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang datanya terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari hasil wawancara dan buku panduan pelayanan BTN Syariah dan BJB Syariah. Data sekunder berupa buku, jurnal dan referensi-referensi lain yang terkait dengan pembahasan penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian,dapat disimpulkan bahwa konsep service excellence perbankan syariah berdasarkan Al-Qur’an terdiri dari 3 aspek yaitu aqidah, akhlak dan muamalah. Beberapa panduan Al-Quran mengenai pelayanan perbankan syariah yaitu karyawan harus mencontoh bagaimana Rasul melayani pelanggan ketika berdagang (Surat Al-Ahzab ayat 21), karyawan harus melayani nasabah dengan lemah lembut, memiliki sifat pemaaf, dan tekad yang kuat (Surat Ali Imran ayat 159). Karyawan juga harus menyapa nasabah dengan baik, memberikan kecepatan dalam melayani, melayani dengan ikhlas, menjaga penampilan dan kebersihan, dan sabar dalam melayani (Surat Al-Muddatstsir ayat 1-7).

Kata kunci : Service excellence, Al-Qur’an.

Full Text:

PDF

References

Abdullah, Muhammad. 2008. Lubabub Tafsir Min Ibni Katsir : Tafsir Ibnu Katsir, Alih Bahasa Oleh M. Abdul Ghaffar dkk. Jakarta : Pustaka Imam Syafi’i.

Alhifni, Anas. 2012. Persepsi Santri Terhadap Perbankan Syariah. Bogor : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Syariah Universitas Djuanda.

Sulfianto, Arif. 2006. Al-Qur’an Dan Kepuasan Pelanggan Bank Syariah, Jogjakarta : UIN Sunan Kalijaga.

As-Sa’di, Abdurrahman, 2005. Taisir Al-Karim Ar-Rahman : fi Tafsir Kalam Al-Mannan. Beirut/Lebanon : Al Resalah Publisher.

Bank Tabungan Negara, 2012. Annual Repot Bank Tabungan Negara tahun 2012. Jakarta : Bank Tabungan Negara.

Bank Jabar Banten Syariah, 2012. Annual Report Bank Jabar Banten Syariah tahun 2012. Bandung : Bank Jabar Banten Syariah.

Bank Tabungan Negara, 2011. Kamus Kompetensi Bank Tabungan Negara. Jakarta : Bank Tabungan Negara.

Departemen Agama RI, 2009. Al-Qur’anul Karim Wat-Tafsir : Al-Qur’an dan Tafsirnya jilid 10. Jakarta : Departemen Agama RI.

Finalis 1st IsEFEF, 2012. Seminar Proceeding The 1st Islamic Economic and Finance Research Forum: New Era of Indonsia Islamic Economic. Jakarta : Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI). Gunara, Thorik, 2007. Marketing Muhammad : Strategi Handal dan Jitu Praktek Bisnis Rasulullah SAW. Bandung : PT. Karya Kita MadaniA Prima. Hasan, Ali, 2010. Marketing Bank Syariah : Cara Jitu Meningkatkan Pertumbuhan Pasar Bank Syariah. Bogor : Ghalia Indonesia. Hasbi, Ash-Shadiqiey Muhammad, 2010.‘Ulumul Al-Qur’an : Ilmu-Ilmu Pokok Dalam Menafsirkan Al-Qur’an. Semarang : Pustaka Rizki Putra. Nadzir, Moh. 2009. Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia. Nurhayati, Sri. 2009. Akutansi Syariah di Indonesia. Jakarta : Penerbit Salemba Empat. Qutub, Sayyid. 2008. Tafsir fi Dzilalil Qur’an di Bawah Naungan Qur’an Jilid XII diterjemahkan oleh Ahmad Yasin dkk. Depok : Gema Insani Sapri, Suherman, 2013. Kiat Sukses Seorang Pemasar Bank : Tangibel menjadi Intangible. Bogor : PT. Penerbit IPB Press. Subanda, Sudrajat. 2005. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: CV Pustaka Setia. Kamilah, Rahmah. 2013. Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Wirausaha Syariah dalam Pengembangan Usaha Mikro di Kota Bogor (Studi BNI Mikro Syariah PGB Cabang Bogor)”. Bogor : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Syariah Universitas Djuanda Bogor. Karim, Warman, Adi. 2004. Bank Islam : Analisis Fiqh dan Keuangan. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada. Zuhaily, Wahbah, 2003. At-Tafsir Al-Munir : Fi Al-Aqidah, Was-Syari’h Walmanhaj As-Saabi’. Demaskus : Darul Fikri

Refbacks

  • There are currently no refbacks.