STRATEGI PENYALURAN PEMBIAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI BANK SYARIAH MANDIRI (STUDI BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG BOGOR)

Main Article Content

Yulya Yunara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penyaluran pembiayaan usaha mikro kecil dan menegah (UMKM) di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian analisis deskriptif kualitatif dengan teknis analisis data yang digunakan adalah analisis fenomenologi. Hasil penelitian menghasilkana beberapa kesimpulan yaitu pertama, dalam penyaluran pembiayaan UMKM, Bank Syariah Mandiri membagi dalam beberapa segmen yaitusegmen nasabah golongan berpenghasilan tetap, segmen nasabah usaha, segmen komunitas dan segmen wilayah. Kedua, strategi yang dilakukan dalam penyaluran pembiayaan UMKM ialah strategi penetrasi pasar atau melakukan pemasaran, strategi mannual produk, strategi bekerjasama dengan instansi, strategi nasabah walk in dan nasabah existing dan strategi promosi. Kemudian ada beberapa kendala dari penyaluran pembiayaan UMKM tersebut.
Kata Kunci: Strategi, Penaluran Pembiayaan, UMKM.

Article Details

How to Cite
Yunara, Y. (2019). STRATEGI PENYALURAN PEMBIAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI BANK SYARIAH MANDIRI (STUDI BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG BOGOR). NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah, 5(2), 127–139. https://doi.org/10.30997/jn.v5i2.1888
Section
Articles

References

Aipah, N. (2013). Strategi Pembiayaan Musyarakah Pada Usaha Kecil dan Menegah di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Harta Insan Karimah Cileduk. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta,14-15

Agustyana, I. (2018). Pengawasan Lembaga Keuangan Mikro Syariah Oleh Otoritas Jasa Keuangan. Skripsi, Universitas Djuanda Bogor, 33-37.

Alim, N. (2009). Pembiayaan Syariah Untuk Usaha Mikro dan Kecil: Studi Kasus Dan Solusi. Surabaya: PT. Bina Ilmu, hlm. 14.

Arifah, T. D. (2017). Strategi Pengembangan Prroduk Pembiayaan Musyarakah Usaha Mikro dan Kecil (Studi kasus: BPRS Khasanah Ummat Kembaran Banyumas). Skripsi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto, 8.

Bank Syariah Mandiri, 2017-2018. Laporan Triwulan Bank Syariah Mandiri (Diakses pada tanggal 13 Februari 2019)

Chamidun, A. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat UMKM Mengajukan Pembiayaan Pada Lembaga Keuangan Syariah (Studi Kasus Di BMT Barokah Magelang). Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga, 29-36.

Hidayati, U. (2018). Penerapan Analisis SWOT Sebagai Strategi Pengembangan Usaha Dalam Perspektif Islam (Studi pada Desa Jatirenggo Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu). Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 28.

Hubeis, M. (2009). Prospek Usaha Kecil dalam Wadah Inkubator Bisnis. Bogor: Galia Indonesia. Cet. 1 hlm. 18.

Imtiyaz, M. (2015). How to Attract More Customers Towards Islamic Banking Products in Sri Lanka: Case of Amana Bank PLC .International Conference on Islamic Economics and Financial Inclusion (ICIEFI), 59.

Internatonal Finance Corporation World Bank Group, 2016. UKM yang dimiliki Wanita Indonesia: Kesempatan Emas Untuk Institusi Keuangan Lokal Studi Penelitian Pasar (Diakses pada tanggal 14 Maret 2019)

Kara, M. (2013). Kontribusi Pembiayaan Perbankan Syariah terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Makassar. Jurnal Ilmu Syariah dan Hukum, 270-271.

Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia, 2015. Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) (Diakses 12 Februari 2019)

Maryanto, & Sukma, A. (2016). Studi Kelayakan Pembukaan Cabang Bank Syariah di Kota Bogor Provinsi Jawa Barat (Studi Bank Syariah Mandiri). Jurnal Nisbah. Vol. 2 No. 2, 244.

Rojak, A. I. (2017). Implementasi Perencanaan Strategis Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Swasta (Studi Multisitusdi MA An-Nur Bululawang Dan MA Almaarif Sinogiri Kabupaten Malang). Tesis, 22.

Sari, B. N. (2018). Strategi Dalam Menangani Pembiayaan Bermasalah Pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Medan. Skripsi Minor, 10.

Setyawan, R. (2015). Penerapan Analisis SWOT Sebagai Landasan Merumuskan Strategi Pemasaran Usaha Jasa Sewa Mobil "AMAN-AMIN" Transport and Travel Ambarketawang Sleman Yogyakarta. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, 35.

Soekarni, M. (2014). Dinamika Pembiayaan Perbankan Syariah Dalam Mengembangan Dunia Usaha. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, 71.

Sugiyono, P. D. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alvabeta. Hal. 38.

Trimulato. (2017). Analisis Potensi Produk Musyarakah Terhadap Pembiayaan Sektor Rill. Jurnal Ekonomi & Studi Pengembangan. Volume 18, Nomor1, 7, 8.

Triyani, Y. (2016). Analisis Pelaksanaan Akad Musyarakah Pada Pembiayaan Usaha Mikro Di BMT Walisongo Sendang Indah Semarang. Skripsi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 8-9.

Usniah, S., & Alhifni, A. (2017). Karakteristik Enterpreneur Syariah Pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Di Bogor. Jurnal Syarikah Vol 3 Nomor 1, 373.