PERAN KOMUNIKASI DAN BUDAYA ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS KARYAWAN VINDES CORP
Main Article Content
Abstract
Komunikasi organisasi dipahami sebagai jaringan yang dirancang dengan sistem dan proses yang mentransfer informasi dari satu orang/kelompok ke orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Sistem komunikasi yang buruk dapat menghambat kinerja dengan menghambat kelancaran arus informasi mengenai pekerjaan. Komunikasi yang buruk dapat menimbulkan konflik dalam organisasi. Banyaknya perusahaan rintisan atau startup yang mulai berkembang saat ini di Indonesia memiliki komunikasi dan budaya organisasi yang pastinya akan berpengaruh terhadap kreativitas karyawannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran komunikasi dan budaya organisasi dalam meningkatkan kreativitas Vindes Corp. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif dengan menganalisis artikel di media online dan media sosial Vindes Corp. Hasil dari penelitian ini diketahui dalam peran komunikasi organisasi penting untuk memilih media yang digunakan komunikator untuk menyampaikan pesannya. Sedangkan budaya organisasi mengutamakan inovasi dan kreativitas di antara anggotanya. Budaya organisasi memberikan keleluasaan bagi anggotanya untuk mengembangkan potensi yang ada sejalan dengan nilai dan norma yang berlaku dalam organisasi. Perpaduan antara budaya organisasi dan komunikasi organisasi menimbulkan rasa keterlibatan anggota dalam menjaga kelangsungan organisasi.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Komunikatio agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
Amaludin. (2020). Pengaruh Komunikasi Organisasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Bagian Sosial
Ardianto, E. (2010). Metode Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Asri, I. (2022). Strategi komunikasi organisasi dalam membangun semangat kerja pegawai pusdiklat tenaga administrasi Kementerian Agama RI. IKON Jurnal Ilmu Komunikasi 2022, 267-285.
Azlen, W. (2022, Juli 8). Ungkap Rahasia Vindes Corp Gebrak Program Acara Youtube Indonesia Hingga Sukses Adakan Tepok Bulu 2022. Retrieved from hops.id: https://www.hops.id/hot/pr-2943846299/ungkap-rahasia-vindes-corp-gebrak-program-acara-youtube-indonesia-hingga-sukses-adakan-tepok-bulu-2022
Edy. (2010). Budaya Organisasi. Jakarta: Prenadamedia. Sekretariat Daerah Kabupaten Lahat. Jurnal Ekonomika, Vol 13 no 2.
Kusdi. (2011). Budaya Organisasi: Teori, Penelitian dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.
Mudo, S. (2015). id.techinasia.com. Retrieved from techinasia.com: https://id.techinasia.com/talk/apa-itu-bisnis-startup-dan-bagaimana-perkembangannya
Suta, N. M. (2020). E-Library UNTAG Banyuwangi. Retrieved from http://elib.untag-banyuwangi.ac.id/file-jurnal/BUDAYA-ORGANISASI.pdf
Wahjono, S. (2022, April). Retrieved from Research Gate: https://www.researchgate.net/publication/359993301_Budaya_Organisasi
Wirotama, S. (2017). samahitawirotama.com. Retrieved from Dimensi Dan Elemen Budaya Perusahaan: https://samahitawirotama.com/dimensi-dan-elemen-budaya-perusahaan/