PERAN KOMUNIKASI DAN BUDAYA ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS KARYAWAN VINDES CORP

Main Article Content

Melyani Filtania
Wira Adiguna

Abstract

Komunikasi organisasi dipahami sebagai jaringan yang dirancang dengan sistem dan proses yang mentransfer informasi dari satu orang/kelompok ke orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Sistem komunikasi yang buruk dapat menghambat kinerja dengan menghambat kelancaran arus informasi mengenai pekerjaan. Komunikasi yang buruk dapat menimbulkan konflik dalam organisasi. Banyaknya perusahaan rintisan atau startup yang mulai berkembang saat ini di Indonesia memiliki komunikasi dan budaya organisasi yang pastinya akan berpengaruh terhadap kreativitas karyawannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran komunikasi dan budaya organisasi dalam meningkatkan kreativitas Vindes Corp. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif dengan menganalisis artikel di media online dan media sosial Vindes Corp. Hasil dari penelitian ini diketahui dalam peran komunikasi organisasi penting untuk memilih media yang digunakan komunikator untuk menyampaikan pesannya. Sedangkan budaya organisasi mengutamakan inovasi dan kreativitas di antara anggotanya. Budaya organisasi memberikan keleluasaan bagi anggotanya untuk mengembangkan potensi yang ada sejalan dengan nilai dan norma yang berlaku dalam organisasi. Perpaduan antara budaya organisasi dan komunikasi organisasi menimbulkan rasa keterlibatan anggota dalam menjaga kelangsungan organisasi.

Article Details

How to Cite
Filtania, M., & Adiguna, W. (2023). PERAN KOMUNIKASI DAN BUDAYA ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS KARYAWAN VINDES CORP. JURNAL KOMUNIKATIO, 9(2), 90–97. https://doi.org/10.30997/jk.v9i2.8487
Section
Articles

References

Amaludin. (2020). Pengaruh Komunikasi Organisasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Bagian Sosial

Ardianto, E. (2010). Metode Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Asri, I. (2022). Strategi komunikasi organisasi dalam membangun semangat kerja pegawai pusdiklat tenaga administrasi Kementerian Agama RI. IKON Jurnal Ilmu Komunikasi 2022, 267-285.

Azlen, W. (2022, Juli 8). Ungkap Rahasia Vindes Corp Gebrak Program Acara Youtube Indonesia Hingga Sukses Adakan Tepok Bulu 2022. Retrieved from hops.id: https://www.hops.id/hot/pr-2943846299/ungkap-rahasia-vindes-corp-gebrak-program-acara-youtube-indonesia-hingga-sukses-adakan-tepok-bulu-2022

Edy. (2010). Budaya Organisasi. Jakarta: Prenadamedia. Sekretariat Daerah Kabupaten Lahat. Jurnal Ekonomika, Vol 13 no 2.

Kusdi. (2011). Budaya Organisasi: Teori, Penelitian dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Mudo, S. (2015). id.techinasia.com. Retrieved from techinasia.com: https://id.techinasia.com/talk/apa-itu-bisnis-startup-dan-bagaimana-perkembangannya

Suta, N. M. (2020). E-Library UNTAG Banyuwangi. Retrieved from http://elib.untag-banyuwangi.ac.id/file-jurnal/BUDAYA-ORGANISASI.pdf

Wahjono, S. (2022, April). Retrieved from Research Gate: https://www.researchgate.net/publication/359993301_Budaya_Organisasi

Wirotama, S. (2017). samahitawirotama.com. Retrieved from Dimensi Dan Elemen Budaya Perusahaan: https://samahitawirotama.com/dimensi-dan-elemen-budaya-perusahaan/