KOMUNIKASI INTERPERSONAL PUSTAKAWAN TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA

Main Article Content

Yuyun yunawati
Nia Kania
Mia Dwianna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh korespondensi relasional pembaca terhadap pemenuhan pemustaka di UPT Perpustakaan Perguruan Tinggi Sultan Ageng Tirtayasa. Strategi yang diterapkan dalam eksplorasi ini adalah kuantitatif, yaitu metodologi korelasional yang melibatkan 335 pembaca di UPT Perpustakaan sebagai ujian yang diambil dengan menggunakan strategi ujian yang sesuai. Eksplorasi ini menggunakan pengujian instrumen dan investigasi ekspresif kuantitatif, relaps langsung lugas, dan pengujian teori yang melibatkan pemrograman SPSS for Windows. Hasil pengujian menunjukkan bahwa mean insentif pada variabel korespondensi relasional kurator sebesar 49.423 dan pemenuhan klien sebesar 49.078, dengan nilai mean luar biasa sebesar 3.802 untuk korespondensi relasional dan 3.506 untuk pemenuhan klien.
Hubungan relasional kurator sangat mempengaruhi pemenuhan klien di UPT Perpustakaan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Para analis mengusulkan agar kurator lebih mengembangkan kemampuan relasional, khususnya dalam bidang penerimaan dan keadilan. Selain itu, pengembangan kemampuan relasional lebih lanjut perlu dipertimbangkan mengingat kepuasan pemustaka masih lemah dalam daya tangkap, kualitas, afirmasi dan kasih sayang, yang nilai-nilainya bergerak ke arah rentang bawah.

Article Details

How to Cite
yunawati, Y., Kania Kurniawati, N., & Dwianna Widyaningtyas, M. . (2023). KOMUNIKASI INTERPERSONAL PUSTAKAWAN TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA . JURNAL KOMUNIKATIO, 9(2), 69–79. https://doi.org/10.30997/jk.v9i2.8000
Section
Articles

References

Ali, M. (2014). Memahami Riset Prilaku dan Sosial. Pustaka Cendekia Utama.

Anyim, W. (2018). Application of interpersonal communication in reference and information services in University Libraries. Library Philosophy and Practice (e-Journal), 1–21.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan raktik. Rineka Cipta.

Aziz, S. (2012). Menjadi Pustakawan Progresif. Idea Press.

DeVito, J. A. (2016). The Interpersonal Communication Book (14th editi). Pearson Education Limited.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Desrtasi Ilmu Manajemen.

Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran: Analisis Perancanaan Implementasi dan Kontrol. PT. Prenhallindo.

Marlina, S. (2019). Pengaruh komunikasi interpersonal pustakawan terhadap kepuaasan pemustaka di Perpustakaan Universitas Indonesia. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Nalendra, A. R. A., Rosalinah, Y., Priadi, A., Subroto, I., Rahayuningsih, R., Lestari, R., Kusamandari, S., Yuliasari, R., Astuti, D., & Latumahina, J. (2021). Statistika Seri Dasar Dengan SPPS. Media Sains Indonesia.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 30 Tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (1990).

Purba, E., Purba, B., Syafii, A., Khairad, F., Damanik, D., Siagian, V., Ginting, A. M., Silitonga, H. P., Fitrianna, N., & Arfandi, S. N. (2021). Metode Penelitian Ekonomi. Yayasan Kita Menulis.

Rahayuningsih, F. (2015). Mengukur Kepuasan Pemustaka : Menggunakan Metode LibQUAL+TM (R. Fransisca (ed.); 1st ed.). Graha Ilmu.

Subagyo, J. (2015). Metode Penelitian dalam Praktik dan Teori. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. In Alfabeta. Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan, Sekretariat Negara (2007). https://doi.org/10.2320/materia.46.171

Wallen, N. E., & Fraenkel, J. R. (2013). Educational research: A guide to the process. Routledge.