EFEKTIVITAS TIKTOK SEBAGAI MEDIA KAMPANYE KOMUNIKASI VIRAL PENCEGAHAN DAN PENANGANAN COVID-19

Main Article Content

Yota
Sarwititi Sarwoprasodjo
Annisa Utami Seminar

Abstract

TikTok berkembang menjadi media sosial yang sangat populer. TikTok tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi pertukaran informasi saja, melainkan sebagai media hiburan juga. Adanya pandemi COVID-19 mendorong TikTok Indonesia untuk menginisiasikan sebuah gerakan kampanye untuk ikut andil dalam penanganan pandemi dengan mengedukasi masyarakat dan memberikan perubahan langsung kepada khalayak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efiktivitas kampanye dalam upaya pencegahan dan penanganan COVID-19 yang telah dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang diperoleh melalui kuesioner dan pendekatan kualitatif yang diperoleh melalui wawancara mendalam, dengan total 50 responden dan enam informan. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara perubahan pada level individu dengan indikator kemampuan bertindak dan norma terhadap persepsi komunikasi visual di TikTok alodokter.id. Akan tetapi, variabel faktor perubahan pada level individu, persepsi komunikasi visual dan tidak memiliki hubungan yang nyata terhadap efektivitas kampanye komunikasi.

Article Details

How to Cite
Pratama, Y. A. ., Sarwoprasodjo, S., & Seminar, A. U. (2023). EFEKTIVITAS TIKTOK SEBAGAI MEDIA KAMPANYE KOMUNIKASI VIRAL PENCEGAHAN DAN PENANGANAN COVID-19. JURNAL KOMUNIKATIO, 9(2), 59–68. https://doi.org/10.30997/jk.v9i2.7786
Section
Articles

References

Agustina L. 2020. Viralitas konten di media sosial. Maj Semi Ilm Pop Komun Massa. 1(2):149–160.

Amanah S, Seminar AU. 2022. Sekolah Lapang Petani sebagai Community of Practice Pengembangan Inovasi Kelompok di Era Digital. Jurnal Penyuluhan, 18(01), 164-176.

Chaffee, Steven H, Connie Roser. 1986. Involvement and the consistency of knowledge, attitudes, and behaviors. Communication Research. 13(3): 373– 99.

Deza A, Parikh D. 2015. Understanding image virality. Proc IEEE Comput Soc Conf Comput Vis Pattern Recognit. 07-12-June-2015:1818–1826. doi:10.1109/CVPR.2015.7298791.

Dianira YF, Sarwoprasodjo S. 2020. Efektivitas Komunikasi Pendamping Corporate Social Responsibility (CSR) (Kasus: Program CSR PT. Pertamina TBBM Padalarang Kertajaya Creative Destination (KCD). Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 4(6), 894-903.

Iskandar MS. 2011. Pembentukan Persepsi Visual Pada Iklan Televisi. Visualita. 3(1):14–33. doi:10.33375/vslt.v3i1.1095.

Katadata.co.id. 2020. TikTok Telah Diunduh Lebih dari 2 Miliar Kali di Dunia. Diakses dari:

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/21/tiktok-telah-diunduh-lebih-dari-2-miliarkali-di-dunia

McKee, Neill, Erma Manoncourt, Chin Saik Yoon, and Rachel Carnegie, eds. 2000. Involving people, evolving behavior. New York: UNICEF; Penang: Southbound Nagler, R. H. 2017. Measurement of Media Exposure. The Internasional Encyclopedia of Communication Research Methods. 2014,1–21. doi:10.1002/9781118901731.iecrm0144

Nagler, R. H. 2017. Measurement of Media Exposure. The Internasional Encyclopedia of Communication Research Methods. 2014, 1–21. https://doi.org/10.1002/9781118901731.iecrm0144

Omar B, Dequan W. 2020. Watch, share or create: The influence of personality traits and user motivation on TikTok mobile video usage. Int J Interact Mob Technol. 14(4):121–137. doi:10.3991/IJIM.V14I04.12429

Roberto I, Vitayala A, Sarwoprasodjo S, Herawati T. 2020. Kampanye sosial program pendewasaan usia perkawinan di kecamatan tamalate Kota Makassar. Jurnal PIKOM (Penelitian Komunikasi dan Pembangunan), 21(1), 53-70.

Rogers, Everett M, F.F. Shoemaker. 2003. Communication of innovations cross- cultural approach. New York: The Free Press.

Virginia HA. 2021. Analisis isi konten video edukasi tentang 3m (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) pada akun tiktok @alodokter.id. (Doctoral dissertation, Universitas Bhayangkara Surabaya). Terdapat pada: http://eprints.ubhara.ac.id/1082/

Watie EDS. 2016. Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). J Messenger. 3(2):69. doi:10.26623/themessenger.v3i2.270.