EFEKTIVITAS TIKTOK SEBAGAI MEDIA KAMPANYE KOMUNIKASI VIRAL PENCEGAHAN DAN PENANGANAN COVID-19
Main Article Content
Abstract
TikTok berkembang menjadi media sosial yang sangat populer. TikTok tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi pertukaran informasi saja, melainkan sebagai media hiburan juga. Adanya pandemi COVID-19 mendorong TikTok Indonesia untuk menginisiasikan sebuah gerakan kampanye untuk ikut andil dalam penanganan pandemi dengan mengedukasi masyarakat dan memberikan perubahan langsung kepada khalayak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efiktivitas kampanye dalam upaya pencegahan dan penanganan COVID-19 yang telah dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang diperoleh melalui kuesioner dan pendekatan kualitatif yang diperoleh melalui wawancara mendalam, dengan total 50 responden dan enam informan. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara perubahan pada level individu dengan indikator kemampuan bertindak dan norma terhadap persepsi komunikasi visual di TikTok alodokter.id. Akan tetapi, variabel faktor perubahan pada level individu, persepsi komunikasi visual dan tidak memiliki hubungan yang nyata terhadap efektivitas kampanye komunikasi.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Komunikatio agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
Agustina L. 2020. Viralitas konten di media sosial. Maj Semi Ilm Pop Komun Massa. 1(2):149–160.
Amanah S, Seminar AU. 2022. Sekolah Lapang Petani sebagai Community of Practice Pengembangan Inovasi Kelompok di Era Digital. Jurnal Penyuluhan, 18(01), 164-176.
Chaffee, Steven H, Connie Roser. 1986. Involvement and the consistency of knowledge, attitudes, and behaviors. Communication Research. 13(3): 373– 99.
Deza A, Parikh D. 2015. Understanding image virality. Proc IEEE Comput Soc Conf Comput Vis Pattern Recognit. 07-12-June-2015:1818–1826. doi:10.1109/CVPR.2015.7298791.
Dianira YF, Sarwoprasodjo S. 2020. Efektivitas Komunikasi Pendamping Corporate Social Responsibility (CSR) (Kasus: Program CSR PT. Pertamina TBBM Padalarang Kertajaya Creative Destination (KCD). Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 4(6), 894-903.
Iskandar MS. 2011. Pembentukan Persepsi Visual Pada Iklan Televisi. Visualita. 3(1):14–33. doi:10.33375/vslt.v3i1.1095.
Katadata.co.id. 2020. TikTok Telah Diunduh Lebih dari 2 Miliar Kali di Dunia. Diakses dari:
McKee, Neill, Erma Manoncourt, Chin Saik Yoon, and Rachel Carnegie, eds. 2000. Involving people, evolving behavior. New York: UNICEF; Penang: Southbound Nagler, R. H. 2017. Measurement of Media Exposure. The Internasional Encyclopedia of Communication Research Methods. 2014,1–21. doi:10.1002/9781118901731.iecrm0144
Nagler, R. H. 2017. Measurement of Media Exposure. The Internasional Encyclopedia of Communication Research Methods. 2014, 1–21. https://doi.org/10.1002/9781118901731.iecrm0144
Omar B, Dequan W. 2020. Watch, share or create: The influence of personality traits and user motivation on TikTok mobile video usage. Int J Interact Mob Technol. 14(4):121–137. doi:10.3991/IJIM.V14I04.12429
Roberto I, Vitayala A, Sarwoprasodjo S, Herawati T. 2020. Kampanye sosial program pendewasaan usia perkawinan di kecamatan tamalate Kota Makassar. Jurnal PIKOM (Penelitian Komunikasi dan Pembangunan), 21(1), 53-70.
Rogers, Everett M, F.F. Shoemaker. 2003. Communication of innovations cross- cultural approach. New York: The Free Press.
Virginia HA. 2021. Analisis isi konten video edukasi tentang 3m (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) pada akun tiktok @alodokter.id. (Doctoral dissertation, Universitas Bhayangkara Surabaya). Terdapat pada: http://eprints.ubhara.ac.id/1082/
Watie EDS. 2016. Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). J Messenger. 3(2):69. doi:10.26623/themessenger.v3i2.270.