ANOMALI DALAM PESAN IKLAN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PARADIGMA SAINS THOMAS S. KUHN (Studi Deskriptif Pada Iklan Pantene Miracle Hair Suplemen Versi Keanu)

Main Article Content

Charisma Dina Wulandari
Ana Kuswanti

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisa iklan Pantene Miracle Hair dan membahas mengenai anomali pesan yang terdapat dalam iklan tersebut serta bagaimana relevansinya dengan pandangan Thomas S. Kuhn. Penelitian dilakukan karena adanya permasalahan yang terjadi berupa pelanggaran etika iklan yang dilakukan oleh para pelaku usaha demi menampilkan iklan yang unik dan menarik. Seperti yang terjadi di iklan Pantene Miracle Hair yang dalam kontennya mengandung banyak pelanggan iklan yang menimbulkan anomali dalam paradigma teori iklan yang llama Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Untuk mencapai tujuan penelitian, analisis data menggunakan analisis semiotika Roland Barthes.  Hasil penelitian menunjukkan dalam iklan Pantene Miracle Hair Supplement yang dibintangi oleh selebgram Keanu, terdapat anomali pesan di dalamnya yaitu a) normalisasi interaksi antara pria dan wanita tanpa adanya batasan dan juga pengawasan, b) normalisasi penampilan laki-laki yang menyerupai perempuan, c) sikap kasar yang ditunjukan Keanu dalam mengingatkan temannya. Relevansi anomali pesan iklan ini terhadap paradigma sains Thomas S. Kuhn yaitu lahirnya paradigma baru terkait etika iklan yang mewajarkan hal-hal tersebut karena dianggap menampilkan konten iklan yang unik dan bukan sebagai melanggar norma sosial.

Article Details

How to Cite
Charisma Dina Wulandari, & Kuswanti, A. (2023). ANOMALI DALAM PESAN IKLAN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PARADIGMA SAINS THOMAS S. KUHN (Studi Deskriptif Pada Iklan Pantene Miracle Hair Suplemen Versi Keanu). JURNAL KOMUNIKATIO, 9(1), 15–30. https://doi.org/10.30997/jk.v9i1.7729
Section
Articles

References

Abidin, A. A. (2018). Perilaku Penyimpangan Seksual dan Upaya Pencegahannya di Kabupaten Jombang. Prosiding Seminar Nasional & Temu Ilmiah Jaringan Peneliti, 545–563.

Dewandra, F. R. et all. (2022). Analisis Teknik Pengambilan Gambar One Shot Pada Film 1917 Karya Sam Mendes. Jurnal Barik, 3(2).

Fajar, J. et all. (2022). GEMPITA: Gelombang Malapetaka Iklan Tanah Air (Nafisa Nugraheni Sania Putri, Ed.; Edisi 1, Vols. 978-623-6034-39–2). Buku Litera.

Fatihudin, D. dan F. Anang. (2019). Pemasaran Jasa: Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Cetakan pertama, Vols. 978-623-209-206–8). Deepublis.

Harahap, D. I., S. A., & W. C. (2021). Perilaku Konsumen. Penerbit Widina Bhakti Persada.

Jamil, M. (2014). Fikih Perkotaan. Citapustaka Media.

Kesuma, U., & Hidayat, A. W. (2020). Pemikiran Thomas S. Kuhn Teori Revolusi Paradigma. Jurnal Pemikiran Islam, 7(1), 166–187.

Kotler, P. (2000). Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control, Tenth Edition (Tenth Edition). Prentice Hall International, Inc.

Kotler, P. K. L. K. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi 1, Vols. 978-979-033-935–4). Erlangga.

Lukitaningsih, A. (2013). Iklan Yang Efektif Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13, 116–129.

Ningrum, A. R. C. (2022). Identitas Diri dan Stigma Laki-Laki Gondrong. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Pantene Indonesia. (2022, December 7). Miracles Hair Supplement Baru! Bye #RambutCapek Hello #RambutKeCharged. https://www.youtube.com/watch?v=JrOAe3GV_js.

Pantene Indonesia. (2023a, December 7). Masih Gak Sadar Kalo Lo Setengah-setengah? Kasian Rambut Lo! https://www.youtube.com/watch?v=7TYPPuy5yaQ.

Pantene Indonesia. (2023b, December 10). Buat Rambut, No More Setengah-Setengah! Pakai Miracles Hair Supplement! https://www.youtube.com/watch?v=7TYPPuy5yaQ.

Priansa, D. J. (2017). Manajemen Pelayanan Prima (Edisi 1, Vols. 978-602-289-328–8). Alfabeta.

Rahmawati, A. S. et all. (2010). Bias Gender dalam Iklan Attack Easy di Televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(3), 221–232.

Restapaty, R. et all. (2019). Pemberian Edukasi Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala Pada Penghuni Rumah Yatim Ar-Rahmah Banjarbaru Kalimantan Selatan. Journal of Science and Social Developmen, 2(2).

Riwu, A., & Pujiati, T. (2018). Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Film 3 Dara (Kajian Semiotika). Jurnal DEIKSIS, 1(3), 212–213.

Sumarno, J., & Heriyanto. (2012). Faktor yang Mepengaruhi terhadap Perataan Laba Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Akuntansi, 15(2), 209–226.

Wirasta, A. (2015). Anomali. INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA.