PENGGUNAAN KONTEN INSTAGRAM UNTUK BRANDING UMKM AQILLAH BY RIA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai upaya branding salah satu UMKM bergerak di bidang fashion yang mengusung konsep Bukittinggi Aqillah by Ria. Tujuan dari branding yang dilakukan adalah mengenalkan brand kepada audiens yang sudah ditetapkan. Salah satu hal yang dilalukan dalam upaya branding yang dilakukan Aqillah by Ria adalah dengan menggunakan konten pada Instagram. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk mengetahuia peranan sosial media khsusnya penggunaan konten Instagram pada brand Aqillah by Ria. Metode yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif dengan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan konsep Circullar Model of Social Media menurut Lutrell (2016) yang meliputi share, optimize, manage, dan engage. Penelitian ini juga menggunakan konsep brand strategy menurut Knapp (2000) yang meliputi penilaian brand, brand promise, brand blueprint, kulturasi brand, dan keunggulan brand. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengelolaan konten dengan tahapan share yaitu dengan memilih Instagram untuk menyebarluaskan informasi, optimize yaitu berisi foto dan vidio dalam kontennya, manage, yaitu melihat reaksi dari audiens, serta engage yaitu bekerja sama dengan puteri Indonesia 2022. Dalam branding Aqillah by Ria juga melakukan tahapan strategy branding seperti melakukan penilaian brand, melakukan brand promise, menentukan brand blueprint, dan keunggulan brand.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Komunikatio agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
Anggito, A., & Johan, S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif . Sukabumi: CV Jejak.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Aris Ariyanto, d. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi. Solok: Insan Cendekia Mandiri.
Creswell, J. W. (2016). Research Design, Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. New York: SAGE Publication.
Effendy, O. U. (2006). Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hardani, & dkk. (2020). Metode Penelitian Kulitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Haryono, C. G. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. Sukabumi: CV Jejak.
Knapp, D. E. (2000). The Brand Mindset. United States of America: BrandStrategy, inc.
Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2014). Theories of Human Communication. Singapore: Cengage Learning.
Lutrell, R. (2016). Social Media How to Engage, Share, and Connect. London: Rowman & Littlefield.
Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Novianti, E. (2019). Teori Komunikasi Umum dan Aplikasinya. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Prasetyo, B. D., & Febriani, N. S. (2020). Strategi Branding Teori dan Perspektif Komunikasi dalam Bisnis. Malang: UB Press.
Salmiah, & dkk. (2020). Online Marketing. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wasesa, S. A., & Macnamara, J. (2010). Strategi Public Relations. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Ferbita, L. V., Yanti, S., & Dida, S. (2020). Strategi DigitaL Branding Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Melalui Media Sosial. Acta Diurna, 113-136.
Parsaroantua, P. H., Psoreh, Y., & Rondonuwu, S. A. (2017). Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (Studi Tentang Web E-Goverment di Kominfo Kota Manado. Acta Diurna, 1-14.
Prawibowo, D., & Oktaviana, P. (2018). Strategi Kementerian Pariwisata Indonesia Dalam Branding Wonderful Indonesia Melalui Media Sosial. Jurnal Perspektif Komunikasi, 1-13.
Putri, B. S., & Endri, L. (2022). Strategi Branding Based Club Melalui Media Sosial Instagram. Bandung Conference Series : Communication Management, 36-41.
Putri, C. U., & Aat, R. N. (2020). Proses Branding Melalui Pengelolaan Media Sosial Pada PT SDO. Cakrawala, 72-77.
Sudirwo, Nuriqli, A., & Risanta, M. (2021). Pemanfaatan Instagram bagi Pengembangan Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Banjarbaru. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan, 50-57.
Supriyanto, H. (2019). Strategi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Perpustakaan: Studi Analisis Persepsi Pemustaka Tentang Efektifitas Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Layanan Perpustakaan UIN Sunan Ampel. Indonesian Journal of Academic Librarianship, 33-45.
Walid. (2018). Penggunaan Instagram Sebagai Media Marketing Dalam Membangun Brand Awareness PLATBM1912 di Kota Pekanbaru. JOM FISIP, 1-10.
Warpindyastuti, L. D., & Meiva, E. S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Internet Menggunakan Media Sosial Sebagai Sarana Penyebaran Informasi dan Promosi Pada MIN 18 Jakarta. Widya Cipta, 91-95.
Pengguna Instagram di Indonesia tahun 2022 https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/ (Diakses pada 8 Oktober 2022)