PENGARUH KONTEN FOOD VLOG DI AKUN YOUTUBE RIA SW TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SUBSCRIBER

Main Article Content

Santi Delliana
Natalia Pratiwi

Abstract

Youtube menjadi salah satu platform media sosial paling menarik di Indonesia, termasuk materi vlog kuliner Ria SW. Selain itu, topik food vlog bertepatan dengan perilaku pelanggan terkait penjualan online. Peneliti akan membahas konten Youtube mempengaruhi perilaku konsumen pengguna Ria SW dalam penelitian ini. Paradigma positivistik diterapkan dalam penelitian ini, dan teknik kuantitatif yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konten food vlog Ria SW berpengaruh terhadap perilaku konsumsi pelanggannya. Metode survei yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksplanatori. Penelitian ini menggunakan teori SR sebagai kerangka teoritis. Dengan menggunakan uji-t, besaran nilai t hitung 9,538 > t tabel 1,985, menunjukkan bahwa ho ditolak dan ha disetujui. Menurut temuan ini, food vlog makanan sangat memengaruhi perilaku pelanggan.

Article Details

How to Cite
Delliana, S., & Pratiwi, N. (2022). PENGARUH KONTEN FOOD VLOG DI AKUN YOUTUBE RIA SW TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SUBSCRIBER. JURNAL KOMUNIKATIO, 8(1), 43–54. https://doi.org/10.30997/jk.v8i1.5558
Section
Articles

References

Anjasmara, R. (2020). Intisari Optimasi Youtube SEO. Amara Veriska Media.

CNNIndonesia. (2018). Alasan Generasi Milenial Lebih Konsumtif. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180418215055-282-291845/alasan-generasi-milenial-lebih-konsumtif

Deliarnov. (2007). Perkembangan Pemikiran Ekonomi. Raja Grafindo Persada.

Delliana, A. S., & Wibowo, A. M. (2019). Bigo Live: Ethical Degradation in Communication (A Critical Study of Communication in a Computer- Mediated Communication Perspective). Proceedings of the Tarumanagara International Conference on the Applications of Social Sciences and Humanities (TICASH 2019). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.200515.015

Fernandes, A. A. R., & Solimun. (2016). Pemodelan Statistika pada Analisis Reliabilitas Dan Survival. UB Press.

Jubilee Enterprise. (2018). Kitab Youtuber. Elex Media Komputindo.

Kriyantono, R. (2020). Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif (2nd ed.). Prenadamedia Group.

Liany, A. (2016). Social Media Deviation. CV. Garuda Mas Sejahtera.

Manuntung, A. (2018). Terapi Perilaku Kognitif pada Pasien Hipertensi. Wineka Media.

Nielsen. (2020). Konsumen Digital Menunjukkan Pertumbuhan Tren Positif.

NoxInfluencer. (2020). Ria SW YouTube Channel Analytics and Report. NoxInfluencer. https://id.noxinfluencer.com/youtube/channel/UCepgnl-TtJ8DurHdC6EE22w

Nugroho, J., & Setiadi. (2013). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, Dan Keinginan Konsumen. Kencana.

Oktarina, Y. & Abdullah, Y. (2017). Komunikasi dalam Perspektif Teori dan Praktik. In Komunikasi Dalam Perspektif Teori dan Praktik (pp. 98–100). Deepublish.

Poerwandari, E. K. (2005). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Psikologi. In Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Psikologi. Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi Fakultas Psikologi UI.

Ridwan, S. (2010). Meningkatkan Omzet Penjualan Melalui Blog. Elex Media Komputindo.

Rizki, M. S., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2020). Perilaku Positif Pada Komunikasi Antarpribadi Dalam Tayangan Web Series Janji (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce). Jurnal Komunikatio, 6(2), 59–64. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/jk.v6i2.3023

Romli, K. (2016). Komunikasi Massa. In Komunikasi Massa (pp. 19–20). PT. Grasindo.

Schmittauer, A. (2018). Vlog Like a Boss. Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D (p. 184). Alfabeta cv.

Sulianta, F. (2014). Trik Rahasia Mendapat 1000.000 Hits di Google. In Trik Rahasia Mendapat 1000.000 Hits di Google (p. 73). PT Elex Media Komputindo.

ValidNews.id. (2018). Platform Media Sosial Paling Aktif Di Indonesia. 24 OCTOBER 2018.

Wahyuni, H. I. (2013). Kebijakan Media Baru di Indonesia. In Kebijakan Media Baru di Indonesia (p. 1). Gadjah Mada University Press.

Widjono, H. (2007). Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Di Perguruan Tinggi. Grasindo.

Zahra, F. A., & Salman. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Make Over Melalui Beauty Vlogger dalam Membangun Citra Merek. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 29–42. https://doi.org/10.30656/LONTAR.V5I2.489