PENGARUH KONTEN FOOD VLOG DI AKUN YOUTUBE RIA SW TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SUBSCRIBER
Main Article Content
Abstract
Youtube menjadi salah satu platform media sosial paling menarik di Indonesia, termasuk materi vlog kuliner Ria SW. Selain itu, topik food vlog bertepatan dengan perilaku pelanggan terkait penjualan online. Peneliti akan membahas konten Youtube mempengaruhi perilaku konsumen pengguna Ria SW dalam penelitian ini. Paradigma positivistik diterapkan dalam penelitian ini, dan teknik kuantitatif yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konten food vlog Ria SW berpengaruh terhadap perilaku konsumsi pelanggannya. Metode survei yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksplanatori. Penelitian ini menggunakan teori SR sebagai kerangka teoritis. Dengan menggunakan uji-t, besaran nilai t hitung 9,538 > t tabel 1,985, menunjukkan bahwa ho ditolak dan ha disetujui. Menurut temuan ini, food vlog makanan sangat memengaruhi perilaku pelanggan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Komunikatio agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
Anjasmara, R. (2020). Intisari Optimasi Youtube SEO. Amara Veriska Media.
CNNIndonesia. (2018). Alasan Generasi Milenial Lebih Konsumtif. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180418215055-282-291845/alasan-generasi-milenial-lebih-konsumtif
Deliarnov. (2007). Perkembangan Pemikiran Ekonomi. Raja Grafindo Persada.
Delliana, A. S., & Wibowo, A. M. (2019). Bigo Live: Ethical Degradation in Communication (A Critical Study of Communication in a Computer- Mediated Communication Perspective). Proceedings of the Tarumanagara International Conference on the Applications of Social Sciences and Humanities (TICASH 2019). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.200515.015
Fernandes, A. A. R., & Solimun. (2016). Pemodelan Statistika pada Analisis Reliabilitas Dan Survival. UB Press.
Jubilee Enterprise. (2018). Kitab Youtuber. Elex Media Komputindo.
Kriyantono, R. (2020). Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif (2nd ed.). Prenadamedia Group.
Liany, A. (2016). Social Media Deviation. CV. Garuda Mas Sejahtera.
Manuntung, A. (2018). Terapi Perilaku Kognitif pada Pasien Hipertensi. Wineka Media.
Nielsen. (2020). Konsumen Digital Menunjukkan Pertumbuhan Tren Positif.
NoxInfluencer. (2020). Ria SW YouTube Channel Analytics and Report. NoxInfluencer. https://id.noxinfluencer.com/youtube/channel/UCepgnl-TtJ8DurHdC6EE22w
Nugroho, J., & Setiadi. (2013). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, Dan Keinginan Konsumen. Kencana.
Oktarina, Y. & Abdullah, Y. (2017). Komunikasi dalam Perspektif Teori dan Praktik. In Komunikasi Dalam Perspektif Teori dan Praktik (pp. 98–100). Deepublish.
Poerwandari, E. K. (2005). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Psikologi. In Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Psikologi. Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi Fakultas Psikologi UI.
Ridwan, S. (2010). Meningkatkan Omzet Penjualan Melalui Blog. Elex Media Komputindo.
Rizki, M. S., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2020). Perilaku Positif Pada Komunikasi Antarpribadi Dalam Tayangan Web Series Janji (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce). Jurnal Komunikatio, 6(2), 59–64. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/jk.v6i2.3023
Romli, K. (2016). Komunikasi Massa. In Komunikasi Massa (pp. 19–20). PT. Grasindo.
Schmittauer, A. (2018). Vlog Like a Boss. Elex Media Komputindo.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D (p. 184). Alfabeta cv.
Sulianta, F. (2014). Trik Rahasia Mendapat 1000.000 Hits di Google. In Trik Rahasia Mendapat 1000.000 Hits di Google (p. 73). PT Elex Media Komputindo.
ValidNews.id. (2018). Platform Media Sosial Paling Aktif Di Indonesia. 24 OCTOBER 2018.
Wahyuni, H. I. (2013). Kebijakan Media Baru di Indonesia. In Kebijakan Media Baru di Indonesia (p. 1). Gadjah Mada University Press.
Widjono, H. (2007). Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Di Perguruan Tinggi. Grasindo.
Zahra, F. A., & Salman. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Make Over Melalui Beauty Vlogger dalam Membangun Citra Merek. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 29–42. https://doi.org/10.30656/LONTAR.V5I2.489