CITIZEN JOURNALISM SEBAGAI AKTIVITAS BARU WARGA DI KABUPATEN BREBES
Main Article Content
Abstract
Jurnalisme warga (citizen jurnalism) mulai berkembang di Indonesia pada tahun 2004. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mengetahui bagaimana perkembangan jurnalisme warga di Kabupaten Brebes 2. Mengetahui peristiwa atau kejadian apa saja yang menjadi materi berita jurnalisme warga. 3. Mengetahui bagaimana pengaruh jurnalisme warga terhadap partisipasi warga lainnya dalam produkdi pemberitaan. Intensifnya pemberitaan citizen journalism berpengaruh pada semakin intensifnya partisipasi warga dalam jurnalisme warga. Citizen Journalism telah mendorong warga berpartisipasi dalam pengelolaan informasi. Pengaruh citizen journalism tersebut antara lain mendorong perubahan kultur warga dalam berkomunikasi, mendorong warga untuk berpikir dan bersikap kritis, mempercepat pertukaran informasi antarwarga, dan memudahkan mengumpulkan informasi. Perkembangan teknologi informasi telah meningkatkan tingkat partisipasi warga dalam pengelolaan informasi di mana citizen journalism merupakan salah satu pemicunya. Jurnalisme warga telah melahirkan aktifitas baru bagi warga, yakni sebagai pewarta.
katakunci: Jurnalisme warga, teknologi informasi, berita.
katakunci: Jurnalisme warga, teknologi informasi, berita.
Article Details
How to Cite
Lutfhie, M. (2017). CITIZEN JOURNALISM SEBAGAI AKTIVITAS BARU WARGA DI KABUPATEN BREBES. JURNAL KOMUNIKATIO, 1(1). https://doi.org/10.30997/jk.v1i1.148
Section
Articles
Authors who publish with Jurnal Komunikatio agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
Amalia M dan Nugroho Y., 2011. Modul Pelatihan Critical Research Methode (CREAME). Jakarta; Centre for Innovation Policy and Governance (CIPG) Bachtiar H. 1981. Penggolongan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Depdikbud. Bungin HMB. 2008. Sosiologi Komunikasi : Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Cet. Ke-3. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Effendy OU. 2006. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Cet. Ke-20. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hussey J & Roger H. 1997. Business Research: A Practical Guide for Undergraduate and Postgraduate Students. London: MacMillan Press, Ltd. Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Russel T J dan Ronald LW. 1992. Tata Cara Periklanan Kleppner buku pertama. Penerbit PT ElecMedia Komputindo. Jakarta.
Suhandang K. 2004. Pengantar Jurnalistik: Seputar Organisasi, Produk, dan Kode Etik. Bandung: Penerbit Nuansa.
Suparyo Y dan Muryanto, B., 2011. Pewarta Warga. Yogyakarta: Combine Resource Institution.
Thorsen E dan Allan S. 2009. Citizen Journalism, Global Perspectives. New York: Peter Lang Publishing, Inc. Yin RK. 1989. Case Study Research : Design and Methods. SAGE Publications Inc. California. London: New Delhi. Wiryanto. 2000.Teori Komunikasi Massa. Jakarta : PT Grasind
Effendy OU. 2006. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Cet. Ke-20. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hussey J & Roger H. 1997. Business Research: A Practical Guide for Undergraduate and Postgraduate Students. London: MacMillan Press, Ltd. Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Russel T J dan Ronald LW. 1992. Tata Cara Periklanan Kleppner buku pertama. Penerbit PT ElecMedia Komputindo. Jakarta.
Suhandang K. 2004. Pengantar Jurnalistik: Seputar Organisasi, Produk, dan Kode Etik. Bandung: Penerbit Nuansa.
Suparyo Y dan Muryanto, B., 2011. Pewarta Warga. Yogyakarta: Combine Resource Institution.
Thorsen E dan Allan S. 2009. Citizen Journalism, Global Perspectives. New York: Peter Lang Publishing, Inc. Yin RK. 1989. Case Study Research : Design and Methods. SAGE Publications Inc. California. London: New Delhi. Wiryanto. 2000.Teori Komunikasi Massa. Jakarta : PT Grasind