AKTIVITAS PROGRAM CSR 5R++ DALAM MEMBANGUN CITRA PT PERTAMINA HULU ENERGI ONWJ

Main Article Content

Erna Ernawati

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan salah satu bagian dari Public Relations yang bertanggungjawab secara sosial kepada pihak eksternal perusahaan. Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) telah aktif menjalankan kegiatan CSR untuk mensejahterakan dan memberdayakan anak jalanan agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana pertamina membangun citra dalam  Program 5R++ untuk citra PHE ONWJ dalam membangun kepercayaan masyarakat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif.  Data yang digunakan data primer dengan mewawancarai manajemen pertamina dan data sekunder dengan melihat dokumentasi yang dimiliki.  Hasil penelitian menghasilkan bahwa PHE ONWJ memiliki kegiatan CSR yang bekerjasama dengan Yayasan Kumala dengan nama Program 5R++.  Konsep 5R++ merupakan pengembangan dari konsep 3R yang telah ada, yaitu Reuse, Reduce dan Recycle dengan penambahan Resale dan Reshare. Program 5R++ memfokuskan pada bidang Perlindungan Lingkungan dengan pengelolaan limbah kertas menjadi produk yang bermanfaat.  Program 5R++ meningkatkan kesejahteraan hidup anak jalanan dan melestarikan lingkungan melalui kegiatan daur ulang sampah.

Article Details

How to Cite
Ernawati, E. (2018). AKTIVITAS PROGRAM CSR 5R++ DALAM MEMBANGUN CITRA PT PERTAMINA HULU ENERGI ONWJ. JURNAL KOMUNIKATIO, 4(2). https://doi.org/10.30997/jk.v4i2.1314
Section
Articles
Author Biography

Erna Ernawati, Sekolah Vokasi IPB

students in Sciences of Communication IPB Vokasi

References

Kartini D. 2013. Corporate Social Responsibility Transformasi Konsep Sustainability Management dan Implementasi di Indonesia. Bandung (ID): PT Refika Aditama.

Mardikanto T. 2014. CSR (Corporate Social Responsibility) (Tanggungjawab Sosial Korporasi). Bandung (ID): Alfabeta.

Prasetyo AH, Suryatna U, Agustini. 2015. Proses Pelaksanaan Program Csr Bina Lingkungan Komunikasi (Bilikom) Pada Masyarakat Desa Binaan Gunung Putri Pt Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Citeureup Bogor. Jurnal Komunikatio 1(1): 145-163. doi.org/10.30997/jk.v1i2.

Rahman R. 2009. Corporate Social Responsibility: Antara Teori dan Kenyataan. Yogyakarta (ID): Media Pressindo.

Solihin I. 2015. Corporate Social Responsibility: From Charity to Sustainability. Jakarta (ID): Salemba Empat.