AKTIVITAS PROGRAM CSR 5R++ DALAM MEMBANGUN CITRA PT PERTAMINA HULU ENERGI ONWJ
Main Article Content
Abstract
Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan salah satu bagian dari Public Relations yang bertanggungjawab secara sosial kepada pihak eksternal perusahaan. Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) telah aktif menjalankan kegiatan CSR untuk mensejahterakan dan memberdayakan anak jalanan agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana pertamina membangun citra dalam Program 5R++ untuk citra PHE ONWJ dalam membangun kepercayaan masyarakat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data yang digunakan data primer dengan mewawancarai manajemen pertamina dan data sekunder dengan melihat dokumentasi yang dimiliki. Hasil penelitian menghasilkan bahwa PHE ONWJ memiliki kegiatan CSR yang bekerjasama dengan Yayasan Kumala dengan nama Program 5R++. Konsep 5R++ merupakan pengembangan dari konsep 3R yang telah ada, yaitu Reuse, Reduce dan Recycle dengan penambahan Resale dan Reshare. Program 5R++ memfokuskan pada bidang Perlindungan Lingkungan dengan pengelolaan limbah kertas menjadi produk yang bermanfaat. Program 5R++ meningkatkan kesejahteraan hidup anak jalanan dan melestarikan lingkungan melalui kegiatan daur ulang sampah.
Article Details
Authors who publish with Jurnal Komunikatio agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
Mardikanto T. 2014. CSR (Corporate Social Responsibility) (Tanggungjawab Sosial Korporasi). Bandung (ID): Alfabeta.
Prasetyo AH, Suryatna U, Agustini. 2015. Proses Pelaksanaan Program Csr Bina Lingkungan Komunikasi (Bilikom) Pada Masyarakat Desa Binaan Gunung Putri Pt Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Citeureup Bogor. Jurnal Komunikatio 1(1): 145-163. doi.org/10.30997/jk.v1i2.
Rahman R. 2009. Corporate Social Responsibility: Antara Teori dan Kenyataan. Yogyakarta (ID): Media Pressindo.
Solihin I. 2015. Corporate Social Responsibility: From Charity to Sustainability. Jakarta (ID): Salemba Empat.