PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Main Article Content

Rifky Fadhilah
W Idawati
Praptiningsih Praptiningsih

Abstract

The study is aimed at assessments of corporate performance, Leverage, and institutional ownership of corporate social holdings as moderate variables of the company's corporate holdings listed at the Indonesian stock exchange. The study is a quantitative used a secondary file of annual company reports. This study sample is 307 manufacturing companies. The data analysis with classic assumptions test, regression analysis tests, and hypothetical tests. Data analysis suggests that (1) firm size has a negative signifanct impact on firm value, (2) profitability has a positive significant impact on firm value, (3) Leverage has a positive significant impact on firm value, (4) institutional ownership does not significantly affect on firm value, (5) Corporate Social Responsibility has a role in modernizing firm size relationships with firm value, (6) Corporate Social Responsibility has no role in moderating profitability relationships with firm value, (7) Corporate Social Responsibility has no role in moderating Leverage relationships with firm value, and (8) Corporate Social Responsibility has no role in moderating institutional ownership relationships with firm value.

Article Details

How to Cite
Fadhilah, R., Idawati, W., & Praptiningsih, . P. (2021). PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI. JURNAL AKUNIDA, 7(2), 190–204. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/JAKD/article/view/4524
Section
Articles

References

Agusentoso, R. (2017). PENGARUH STRUKTUR MODAL, PERPUTARAN MODAL KERJA DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (PBV) Studi Kasus Perusahaan Pertambangan dan Energi di BEI Periode Tahun 2010 - 2014. PEKOBIS Jurnal Pendidikan,Ekonomi Dan Bisnis, 1(4), 17–31. dx.doi.org/10.32493/pekobis.v1i4.P17-31.722

Agustine, I. (2014). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. 2(1)(FINESTA), pp: 42-47.

Ambarwati, I. E., & Stephanus, D. S. (2014). Struktur Kepemilikan, Kebijakan Dividen, dan Leverage sebagai Determinan atas Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 5(2). https://doi.org/10.18202/jamal.2014.08.5015

Bagus, I., Rudy, P., Wijana, N., & Putra, A. (2017). Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional Pada Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 21(3), 1903–1932. https://doi.org/10.24843/EJA.2017.v21.i03.p08

Bernandhi, R., & Muid, A. (2014). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Dividen, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Diponegoro Journal of Accounting, 3(1), 177–191.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2011). Dasar-dasar Manajemen Keuangan buku 2. (Alih Bahasa : Ali Akbar Yulianto). Salemba Empat.

Cecilia, Rambe, S., & Torong, M. Z. B. (2015). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility , Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan yang Go Public di Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Jurnal Akuntansi, Hal 1-22.

Chang, Y., & Shen, C.-H. (2014). Corporate Social Responsibility and Profitability--Cost of Debt as the Mediator. Taipei Economic Inquiry, 50(2), 291–357.

Chumaidah, & Priyadi, M. P. (2018). Pengaruh Profitabilitas dan Size Terhadap Nilai Perusahaan Dengan CSR Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 7(3), 1–20.

Dewi, K. R. C., & Sanica, I. G. (2017). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Driffield, N., Mahambare, V., & Pal, S. (2007). How does ownership structure affect capital structure and firm value?: Recent evidence from East Asia. Economics of Transition, 15(3), 535–573. https://doi.org/10.1111/j.1468-0351.2007.00291.x

Febrianti, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Industri Pertambangan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 14(2), 141–156.

Firda, Y., & Efriadi, A. R. (2020). Pengaruh CSR Disclosure, Firm Size, dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Moderasi Perusahaan Pertambangan di BEI. Indonesian Journal of Economics Application, 2(1), 34–43.

Friedman, M. (1970). The Social Responsibility of Business is to Increase its Profits. The New York Times Magazine, 13, 32–33.

Hairudin, Bakti, U., & Rachmadi, A. (2020). Implikasi profitabilitas terhadap nilai perusahaan dan kebijakan dividen sebagai variabel intervening. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), 150–172. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/

Hemastuti, C. P. (2014). “Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, Keputusan Investasi dan Kepemilikan Insider Terhadap Nilai Perusahaan.” Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 3(4), 1–14.

Hermuningsih, S. (2012). Pengaruh Profitabilitas, Size Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Sruktur Modal Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Siasat Bisnis, 16(2), 232–242. https://doi.org/10.20885/jsb.vol16.iss2.art8

Hubbard, G. (2009). Measuring organizational performance: Beyond the triple bottom line. Business Strategy and the Environment, 18(3), 177–191. https://doi.org/10.1002/bse.564

I Gusti Agung Arista Pradnyani, & Sisdyani, E. A. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Dewan Komisaris Pada Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 11(2), 384–397.

Imron, G. S., Hidayat, R. dan, & Alliyah, S. (2013). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Sosial Responsibility dan Good Corporate Governance sebagai Variabel Moderasi. Potensio, 18(2), 82–93.

Itsnaini, H. M., & Subardjo, A. (2017). Itsnaini, H. M., & Subardjo, A. (2017). Pengaruh Profitabilitas dan Solvabilitas Terhadap Nilai Perusahaan yang Dimoderasi Corporate Social Responsibility. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 6(6), 1–16.Pengaruh Profitabilitas dan Solvabilitas Terhadap Nilai. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 6(6), 1–16.

Jamil, S., NR, E., & Afriyenti, M. (2019). Pengaruh Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan Dimoderasi oleh Corporate Social Responsibility. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(1), 487–503.

Kamatra, N., & Kartikaningdyah, E. (2015). Effect corporate social responsibility on financial performance. International Journal of Economics and Financial Issues, 5(2013), 157–164.

Lukviarman, N. (2016). Corporate Governance : Menuju Penguatan Konseptual dan Implementasi di Indonesia. PT Era Adicitra Intermedia.

Mulianti, F. M. (2010). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Hutang Dan Pengaruhnya Terhadap Nilai Perusahaan.

Mustanda, I. K., & Suwardika, I. N. A. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti. None, 6(3), 254488.

Nuansari, S., Widiastuti, N. P. E., & Mulyantini, S. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Moderating. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(4), 371–394. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i4.15068

Painter-Morland, M. (2006). Triple bottom-line reporting as social grammar: integrating corporate social responsibility and corporate codes of conduct. Business Ethics: A European Review, 15(4), 352–364. https://doi.org/10.1111/j.1467-8608.2006.00457.x

Pamungkas, H. S., & Puspaningsih, A. (2013). Pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan, kebijakan dividen dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia, 17(2), 155–164. https://doi.org/10.20885/jaai.vol17.iss2.art6

Pramana, I. G. N. A. D., & Mustanda, I. K. (2016). PENGARUH PROFITABILITAS DAN SIZE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CSR SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia PENDAHULUAN Perusahaan sebagai salah satu entitas ekonomi di suatu negara sudah se. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(1), 561–594.

Puspita Dewi, N. K. D., & Mertha, I. M. (2018). Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Memoderasi Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 22(3), 2148–2176. https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v22.i03.p19

Putra, B. A. I., & Sunarto, S. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 149. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i1.195

Rai Prastuti, N., & Merta Sudiartha, I. (2016). Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Dividen, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur. None, 5(3), 254202.

Ramdhonah, Z., Solikin, I., & Sari, M. (2019). PENGARUH STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2017). Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 67–82. https://doi.org/10.17509/jrak.v7i1.15117

Raningsih, N. K., & Artini, L. G. S. (2018). PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia PENDAHULUAN Manajemen perusahaan memiliki tujuan utama yaitu memaksimalkan nilai perusahaan. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7(8), 1997–2026.

Scott, W. R. (2012). Financial Accounting Theory (Sixth Edit). Pearson Canada Inc. Toronto.

Sembiring, S., & Trisnawati, I. (2019). FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 21(1). https://doi.org/10.24843/jiab.2019.v14.i02.p06

Setiawan, K., Novitasari, N. L. G., & Widhiastuti, N. L. P. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Kharisma, 3(1), 302–312.

Sriwahyuni, U., & Wihandaru. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Kepemilikan Institusional, Dan Investment Opportunity Set Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, 7(1), 84–109.

Sudana, I. M., & Arlindania, P. A. (2011). Corporate Governance Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Go-Public Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 4(1), 37–49. https://doi.org/10.20473/jmtt.v4i1.2411

Sudarma, I. K. G. A. M., & Darmayanti, N. P. A. (2017). Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Pertambangan Pada Indeks Kompas 100. E-Jurnal Manajemen UNUD, 6(4), 1906–1932.

Suprantiningrum. (2013). Pengaruh Moderasi Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Hubungan Return On Equity(ROE) dan Nilai perusahaan. Serat Acitya, 2(3), 83.

Suyono, Yusrizal, & Solekhatun, S. (2019). Analisis Pengaruh Current Ratio, Total Debt To Equity Ratio, Inventory Turnover, Total Assets Turnover, Receivable Turnover Dan Size Perusahaan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 3(4), 389–405.

Tarjo. (2008). PENGARUH KONSENTRASI KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA, NILAI PEMEGANG SAHAM SERTA COST OF EQUITY CAPITAL.

Tumanan, N., & Ratnawati, D. (2019). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan, CSR sebagai Pemoderasi. JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN BISNIS, 14, 123–135.

Ujiyantho, M. A., & Agus Pramuka, B. (2007). Mekanisme Corporate Governance, Manajemen Laba dan Kinerja Keuangan (studi pada perusahaan go publik sektor manufaktur). Simposium Nasional Akuntansi X, Juli, 1–26.

Weston, J. ., & Copeland. (2008). Dasar–Dasar Manajemen Keuangan Jilid II. Erlangga.

Wijaya, A., & Linawati, N. (2015). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. FINESTA, 3(1), 46–51.

Wulandari, D., & Hidayat, I. (2020). PENGARUH STRUKTUR MODAL , UKURAN PERUSAHAAN , DAN TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE DI BURSA EFEK INDONESIA ( BEI ) Pada era globalisasi saat ini bisnis dalam sektor property dan real estate semakin meni.

Wulandari, N. M. I., & Wiksuana, I. G. B. (2017). PERANAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM MEMODERASI PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(3), 1278–1311.