PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN: ANALISIS KEBERHASILAN PADA KECAMATAN MEGAMENDUNG KABUPATEN BOGOR

Main Article Content

Yoyok Priyo Hutomo
Siti Marliani

Abstract

Selama empat tahun berturut-turut, target ketetapan PBB pada Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor tidak selalu mencapai target ketetapan pemerintah, sehingga menjadi topik yang menarik. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh sikap wajib pajak, kesadaran wajib pajak dan pengetahuan perpajakan terhadap keberhasilan penerimaan PBB Pada Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor. Desain penelitian ini menggunakan metode survey yang bersifat asosiatif kausal dengan populasi surat pemberitauan pajak terutang (SPPT) PBB ialah 24.821 WP, sampel yang digunakan sebanyak 400 responden. Metode pengumpulan data primer yang digunakan ialah dengan metode survey dengan media kuisioner. Teknik analisis data yang dipakai penelitian merupakan teknik analisis regresi berganda dan uji beda t-test. Hasil analisis menunjukan bahwa secara simultan sikap wajib pajak, kesadaran wajib pajak dan pengetahuan perpajakan berpengaruh terhadap keberhasilan penerimaan PBB. Secara parsial sikap wajib pajak tidak berpengaruh terhadap keberhasilan penerimaan PBB. Hasil uji beda wajib pajak PNS memiliki perbedaan yang signifikan dengan wirausaha, karyawanswasta dan IRT.

Article Details

How to Cite
Hutomo, Y. P., & Marliani, S. (2019). PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN: ANALISIS KEBERHASILAN PADA KECAMATAN MEGAMENDUNG KABUPATEN BOGOR. JURNAL AKUNIDA, 4(2), 61–72. https://doi.org/10.30997/jakd.v4i2.1556
Section
Articles

References

Endrasari dan dkk, 2015, Pengaruh Pemahaman, Kesadaran, Persepsi WP Tentang Sanksi Denda dan Kepatuhan WP Terhadap Keberhasilan Penerimaan PBB di KotaPadang, Jurnal, Fakultas Ekonomi, Universitas Bung Hatta, Sumatra Barat.
Fauziyah, Laily, 2008, Pengaruh Karakteristik Pada WP Terhadap Keberhasilan PBBPada Kantor Pelayanan PBB Jakarta Selatan Satu, Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulah, Jakarta.
Hardika, N, Sentosa, 2006, Pengaruh Lingkungan dan Moral WP Terhadap Sikap dan Kepatuhan Wajib Pajak Pada Hotel Berbintang di Propinsi Bali, Skripsi, Universitas Airlangga, Surabaya.
Irianto, slamet, edi, 2005, Politik Perpajakan Membangun Demokrasi Negara, UII Press, Yogyakarta.
Ghozali, Imam, 2016, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Prograqm SPSS, Edisi Kedelapan, Badan Penerbit Universitas Diponogoro, Semarang.
Mangkoesoebroto, Guritno dan dkk, 1994, Kebijakan Ekonomi Publik di Indonesia Substansi dan Urgensi, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Mardiasmo, 2016, Perpajakan, Edisi terbaru, C.V Andi Offset, Yogyakarta.
Muljono, Djoko, 2010, Panduan Brevet Pajak, C.V Andi Offset, Yogyakarta.
Rachman, Arif, 2007, Pengaruh Pemahaman, Kesadaran, Serta Kepatuhan WP Bumi dan Bangunan Terhadap Keberhasilan PBB di Kecamatan Kota Sumenep Kabupaten Sumenep, Jurnal, Universitas Trunojoyo, Madura.
Rahayu, Kurnia, Siti, 2010, Perpajakan Indonesia, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Riduwan, 2005, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peniliti Pemula, Alfabeta, Bandung.
Republik Indonesia Pasal 1 angka 3 Undang- Undang nomor.4 tahun 2012 yang diundangkan oleh Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia mengenai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
Setyawan, Haris, M, 2011, Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan PBB (Studi di Kelurahan Pulorejo Mojokerto), Skripsi, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.
Suandy, Erly, 2008, Hukum Pajak, Edisi Empat, Salemba Empat, Jakarta.Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Kombinasi, Alfabeta, Bandung.
Sugiyono, 2007, Metodologi Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung.
Supriyati dan Kartika, 2014, Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Penerimaan PBB (Studi Kasus Pada Semarang Tengah), Jurnal, Universitas Stikubank.
Wirawan, Ilyas, 2012, Perpajakan, Mitra Wacana Media, Jakarta.
Wulandari, Ika, 2010, Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaru Keberhasilan PBB (Studi Kasus di Kelurahan SelosariKecamatan Magetan), Skripsi, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.
Yanuesti dan dkk, 2015, Pengaruh Pengetahuan, Kesadaran, dan Kepuasan WP Terhadap Keberhasilan Penerimaan PBB Pedesaan/Perkotaan di Kecamatan Talun Kabupaten Blitar, Jurnal, Universitas Brawijaya, Jawa Timur.