ANALISIS KINERJA KEUANGAN MENGGUNAKAN EARLY WARNING SYSTEM PADA PT ASURANSI UMUM BUMIPUTERA MUDA 1967

Main Article Content

M Nur Afif
Mila Karmila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan menggunakan  Early Warning System  pada PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 selama periode 2011-2014. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan metode analisis yang digunakan adalah analisis rasio Early Warning System. Adapun rasio early warning system yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Rasio Solvabilitas ( Solvency Margin Ratio ), Rasio Likuiditas (Liabilities to Liquid Assets Ratio), Rasio Underwriting, Rasio Beban Klaim ( Incurred Loss Ratio ), Rasio Kecukupan Dana ( Adequancy of Capital Funds ) dan Rasio Pertumbuhan Premi (Premium Growth Ratio). Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukan bahwa kinerja keuangan pada PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 di lihat dari rasio solvabilitas, rasio likuiditas dan rasio beban klaim dalam kondisi baik. Sedangkan dilihat dari rasio underwriting, rasio kecukupan dana dan rasio pertumbuhan premi dalam kondisi yang tidak baik.

 

Kata kunci : Kinerja Keuangan, Early Warning System

Article Details

How to Cite
Afif, M. N., & Karmila, M. (2018). ANALISIS KINERJA KEUANGAN MENGGUNAKAN EARLY WARNING SYSTEM PADA PT ASURANSI UMUM BUMIPUTERA MUDA 1967. JURNAL AKUNIDA, 2(2), 55–61. https://doi.org/10.30997/jakd.v2i2.1401
Section
Articles

References

Agustina. 2011. Analisis Kinerja Keuangan Berdasarkan Early Warning System Pada Pt. Asuransi Central Asia Cabang Palembang. Jurusan Akuntansi POLTEK. Palembang.
Darmawi, Herman. 2006. Manajemen Asuransi. Bumi Aksara. Jakarta.
Husnan, Suad. 2007. Manajemen Keuangan Asuransi, Teori Dan Terapan. Jilid
Pertama, Rineka Cipta. Jakarta
Kasmir. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Pertama Cetakan Keempat.
Rajawali Pers , Jakarta.
Menteri Keuangan Republik Indonesia. 2012. Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi. No. 53/PMK.010/2012. Jakarta.
Merawati. 2002. Penilaian Perusahaan Asuransi dengan Risk Based Capital dan Early Warning System.
Rahajeng. 2011. Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan Asuransi Umum Menggunakan Early Warning System. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Brawijaya
Satria Sulastria. 2006 Pengukuran Kinerja Keuangan Perusahaan Asuransi. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta, Bandung
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2014 Tentang Usaha
Perasuransian
Www.Bumida.Co.Id