PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KUALITAS LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN SELAIN INDUSTRI KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI)

Main Article Content

Ayi Jamaludin Aziz
D A Faisol

Abstract

CSR adalah manifestasi etika bisnis untuk membahas nilai, apakah perusahaan menganut nilai baik atau
buruk. CSR yang baik adalah yang mengintegrasikan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik, yaitu
keadilan, transparansi, akuntabilitas dan tanggung jawab. Dengan konsep ini, aktivitas CSR menjadi
menarik untuk dikaji, terutama ketika dikaitkan dengan kualitas pelaporan keuangan yang biasanya diukur
oleh kualitas penghasilan. Penelitian sebelumnya telah dilakukan untuk menyelidiki efek CSR pada kualitas
penghasilan dengan hasil yang beragam dan masih kontradiktif. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan
untuk menguji kembali pengaruh CSR terhadap kualitas pelaporan keuangan dengan proksi kualitas laba.
Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia di luar industri
keuangan, secara khusus menerbitkan laporan CSR atau laporan keberlanjutan.
Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa perusahaan dengan tingkat CSR yang baik lebih cenderung
tidak terlibat dalam aktivitas manajemen laba, memiliki nilai yang masih harus lebih persisten dan memiliki
kualitas akrual yang lebih baik. Hasil ini konsisten dengan gagasan Kim, Park, dan Wier (2012), kegiatan
CSR dimotivasi oleh manajer insentif untuk jujur, dapat dipercaya dan etis, sehingga perusahaan lebih
berhati-hati dalam membuat laporan keuangan untuk melayani kepentingan pemangku kepentingan.

Article Details

How to Cite
Aziz, A. J., & Faisol, D. A. (2018). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KUALITAS LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN SELAIN INDUSTRI KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI). JURNAL AKUNIDA, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.30997/jakd.v4i1.1384
Section
Articles

References

Anggraini, F. R. R., (2006). Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar di BEl). Padang: Simposium Nasional Akuntansi IX, 23-26 Agustus 2006.
Brigham, & Houston, (2010). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Buku-1 (11th ed.). Jakarta: Salemba Empat.
Calegari, M. F., Chotigeat, T., & Harjoto, M. A., (2010). Corporate Social Responsibility and Earnings Reporting. Journal of Current Research in Global Business, Vol. 13, No. 20.
Chih, H. L., Shen, C. H., & Kang, F. C., (2008). Corporate Social Responsibility, Investor Protection and Earnings Management: Some International Evidence”, Journal of Business Ethics, 79, 179-198.
Chrysanti, H., S., (2010). Dasari CSR dengan Etika Bisnis. Diakses Pada 4 Desember 2014 dari World Wide Web: http://www.ti.or.id/ index.php/news/2010/11/22/ dasari-csr-dengan-etika- bisnis.
Darwin, A., (2008). Akuntabilitas, Kebutuhan, Pelaporan, dan Pengungkapan CSR Bagi Perusahaan di Indonesia. Economics. Business Accounting Review. Majalah Akuntan Indonesia, Edisi XII, 52-57.
Deegan, C. (2004). Financial Accounting Theory. Sydney: McGraw-Hill Book Company.
Ekowati, L., Prasetyono, & Wulandari, A., (2014). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Growth, dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2012). Mataram: Simposium Nasional Akuntansi 17, Universitas Mataram, Lombok, 24 – 27 September 2014.
Fanani, Z., (2008a). Kualitas Pelaporan Keuangan: Faktor-Faktor Penentu dan Konsekuensi Ekonominya. Depok: The 2nd Accounting Conference, 1st Doctoral Colloquium and Accounting Workshop, Universitas Indonesia, 4-5 November 2008.
Fanani, Z., Putra, A.Y., & Prastiwi, A., (2008b). Analisis Pengaruh Volatilitas Arus Kas, Magnitude Accrual, Volatilitas Penjualan, Leverage dan Siklus Operasi terhadap kualitas laba. Depok: The 2nd Accounting Conference, 1st Doctoral Colloquium and Accounting Workshop, Universitas Indonesia, , 4-5 November 2008.
Francis, J., LaFond, R., Olsson, P. M., & Schipper, K., (2004). Costs of Equity and Earnings Attributes. The Accounting Review, Vol. 79, No. 4, pp. 967-1010.
Ghozali, Imam, (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21, Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro,.
Givoly, D., Hayn, C. K., & Katz, S. P., (2010). Does Public Ownership of Equity Improve Earnings Quality?. The Accounting Review, Vol. 85, No. 1, pp. 195–225.
Global Reporting Initiative, (2013). Pedoman GRI G4 Bagian 2: Panduan Penerapan - Terjemahan dalam Bahasa Indonesia. Diakses Pada 10 Oktober 2014 dari World Wide Web: https://www.globalreporting.org
Godfrey, J., Hodgson, A., Homes, S. & Tarca, A. (2006). Accounting Theory (6th ed.). Australia: John Wiley and Sons.
Gunawan, J., (2009). Mengukur Kinerja Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Diakses pada tanggal 19 Desember 2015 dari World Wide Web: http://www.ncsr-id.org/2009/09/02/mengukur-kinerja-tanggung-jawab-sosial-perusahaan/
Gyungmin, Pyo, & Lee, H. Y., (2013). The Association Between Corporate Social Responsibility Activities And Earnings Quality: Evidence From Donations And Voluntary Issuance Of CSR Reports. The Journal of Applied Business Research, Vol. 29, No. 3, pg. 945.
Hadi, N. (2011). Corporate Social Responsibility. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hanafi M. M., & Halim, A., (2009). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Keempat, Jakarta: UPP STIM YKPN.
Handajani, L. Subroto, B., Sutrisno, T., & Saraswati, E., (2014). Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan: Determinan dan Konsekuensi. Mataram: Simposium Nasional Akuntansi 17, Universitas Mataram, Lombok, 24 – 27 September 2014.
Haninun, & Nurdiawansyah, (2014). Analysis of Effect Size Company, Profitability and Leverage Against Social Responsibility Disclosure of Listed Mining Industry in Indonesia Stock Exchange Period 2009-2012. Jurnal Akuntansi & Keuangan, Vol. 5, No. 1, Hal. 1-18, Maret 2014.
Hansen, V., & Juniarti, (2014). Pengaruh Family Control, Size, Sales Growth dan Leverage terhadap Profitabilitas dan nilai perusahaan pada Sektor Perdagangan, Jasa dan Investasi. Businnes Accounting Review, Vol.2, No.1.
Harahap, S. S., (2010) Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Jannah, B. S., (2014). Pengaruh Karakter Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (CSRD) Dan Implikasinya Terhadap Nilai Perusahaan. Academia: Universitas Brawijaya.
Jensen M. C., & Meckling W. H., (1976). Theory of the Firm, Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure”, Journal of Financial Economics. Vol. 3, No. 4, pp. 305-360.
Kim, Y., Park, M. S., & Wier, B., (2012). Is Earnings Quality Associated with Corporate Social Responsibility?. Social Science Research Retwork (SSRN) http://ssrn.com/abstract=1899071.
LeBlanc, K., (2014). Corporate Social Responsibility: A Beacon for Top Talent. Chicago: DHR International, (diunduh tanggal 4 Desember 2014).
Messier, W. F., Glover, S. M., & Prawitt, D. F., (2008), Auditing and Assurance Services: A Systematic Approach (6th ed.). New York: McGraw-Hill.
Novita, (2008). Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (CSR Disclosure) pada Laporan Tahunan Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Publik yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2006). Jakarta: Tesis, Magister Akuntansi, Universitas Indonesia.
Pagalung, G., (2006). Kualitas Informasi Laba, Faktor-Faktor Penentu dan Konsekuensi Ekonominya. Yogyakarta: Disertasi, Universitas Gadjah Mada.
Patoni, A., & Lasmana, A. (2018). Pengaruh Harga Saham dan Frekuensi Perdagangan Saham terhadap Bid-Ask Spread (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Melakukan Stock Split di Bursa Efek Indonesia Selama Periode 2009-2014. Jurnal Akunida, 1(2), 1–12.
Prior D., Surroca J., & Tribo J.A., (2008). Are Socially Responsible Managers Really Ethical? Exploring the Relationship Between Earnings Management and Corporate Social Responsibility. Journal compilation © 2008 Blackwell Publishing, Vol. 16, No. 3
Rachman, N. M., Efendi, A., & Wicaksana, E., (2011). Panduan Lengkap Perencanaan CSR. Jakarta: Penebar Swadaya
Rahman, F., (2013). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia: Salah Paham?”. Diakses Pada 10 Oktober 2014 dari World Wide Web: http:// www.tempo.co/read/kolom/2013/05/16/720/Tanggung-Jawab-Sosial- Perusahaan-di-Indonesi.
Rahmawati, Suprapti, A.R., Seventi S., (2010). Model Strategi Manajemen Laba pada Perusahaan Publik di Bursa Efek Indonesia: Suatu Pemeriksaan Pergeseran Klasifikasi serta Dampaknya terhadap Kinerja Saham, Pemilihan Metoda Akuntansi dan Pengaturan Waktu Transaksi. Jakarta: Journal Akuntansi, Vol. 14, No.1. www.tarumanagara.ac.id
Roychowdhury, S., (2006). Earnings Management Through Real Activities Manipulation. Journal of Accounting and Economics 42 (2006) 335–370.
Salewski, M., & Zulch, H., (2014). The Association between Corporate Social Responsibility and Earnings Quality, Evidence from European Blue Chips. Social Science Research Retwork (SSRN): Working Paper Series No. 112.
Sayekti, & Wondabio, (2007). Pengaruh Csr Disclosure Terhadap Earning Response Coefficient (Suatu Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta). Makassar: Simposium Nasional Akuntansi X, 26 – 28 Juli 2007.
Sembiring, E.R., (2005). Karateristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Study Empiris Pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta. Solo: Simposium Nasional Akuntansi VIII, 15-16 Oktober 2005.
Sikka, P., (2010). Smoke and Mirrors: Corporate Social Responsibility and Tax Avoidance. UK: Centre for Global Accountability. University of Essex.
Sivaramakrishnan K., & Yu, S.C., (2008). On the Association Between Corporate Governance and Earnings Quality. Social Science Research Retwork (SSRN) http://ssrn.com/abstract=1014243.
Sekaran, U., (2006). Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Edisi 4, Buku 1, Jakarta: Salemba Empat.
Stubben, S. R., (2010). Discretionary Revenues as a Measure of Earnings Management. The Accounting Review, Vol. 85, No. 2, pp. 695-717.
Sugiyono, (2007), “Metode Penelitian Administrasi”, Bandung : Alfabeta.
Suharto, E., (2006). Pekerjaan Sosial Industri, CSR dan ComDev. Bandung: Workshop Tentang Corporate Social Responsibility, Lembaga Studi Pembangunan (LSP)-STKS Bandung, 29 November 2006.
Suharto, E., (2008a). Tanggungjawab Sosial Perusahaan, Apa Itu dan Apa Manfaatnya Bagi Perusahaan?. Jakarta: Seminar Dua Hari CSR , Strategy, Management and Leadership. 13-14 Februari 2008.
Suharto, E., (2008b). Corporate Social Responsibility: Konsep dan Perkembangan Pemikiran. Yogyakarta: Workshop Tanggungjawab Sosial Perusahaan, Universitas Islam Indonesia (UII) , 6-8 Mei 2008.
Sunarto, & Budi, A. P., (2009). Pengaruh Leverage, Ukuran Dan Pertumbuhanperusahaan Terhadap Profitabilitas. TEMA, Vol. 6 Edisi 1, Maret 2009, hal. 86 - 103
Surifah, (2010). Kualitas Laba dan Pengukurannya. Yogyakarta: Jurnal Ekonomi, Manajemen & Akuntansi, Universitas Cokroaminoto, Vol. 8, No.2, Mei-Agustus 2010, ISSN : 1412-9450.
Sutopo, B., (2007). Manajemen Laba Dan Manfaat Kualitas Laba Dalam Keputusan Investasi. Surakarta: Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret, 21 Agustus 2007.
Triningtyas, I.A., & Siregar, S.V., (2014). Pengaruh Kualitas Akrual Terhadap Biaya Utang dan Biaya Ekuitas: Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2005-2011. Lombok: Simposium Nasional Akuntansi 17, 24-27 September 2014.
Ujiyantho, M. A., & Pramuka, B. A., (2007). Mekanisme Corporate Governance, Manajemen Laba dan Kinerja Keuangan. Makasar: Simposium Nasional Akuntansi X, 26-28 Juli 2007.
Wardhani, R., (2009). Pengaruh Proteksi Bagi Investor, Konvergensi Standar Akuntnasi, Implementasi Corporate Governance, dan Kualitas Audit Terhadap Kualitas Laba: Analisis Lintas Negara di Asia. Jakarta: Disertasi, Program Pasca Sarjana Ilmu Akuntansi, Universitas Indonesia.
Wibisono, D., (2013). Panduan Penyusunan Skripsi, Tesis Dan Disertasi. Jakarta: AndiPublisher
Wibisono, Y., (2007). Membedah Konsep & Aplikasi Corporate Social Responsibility. Gresik: Fascho.
William, (2012). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Berdasarkan Pedoman Global Reporting Initiative Terhadap Nilai Perusahaan. Jakarta: Tesis, Magister Manajemen, Universitas Indonesia.
Windharta, S.W., & Ahmar, N., (2014). Pengaruh Manajemen Laba Akrual dengan Pendekatan Revenue Discretionary Model terhadap Kinerja Perusahaan. Surabaya: Trikonomika, Vol. 13, No. 1, Juni 2014, Hal. 108–118, ISSN 1411-514X (print) / ISSN 2355-7737 (online).
Yuliana, R., Purnomosidhi, B., & Sukoharsono, E. G., (2008). Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Dampaknya terhadap Reaksi Investor. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, Vol.5, No. 2, Desember 2008.