KUALITAS PELAYANAN : MODERNISASI SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN, SANKSI PERPAJAKAN DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK
Main Article Content
Abstract
Tujuan dalam penelitian adalah untuk menguji dan menganalisis Dampak Moderasi Kualitas Pelayanan Atas Pengaruh Mordenisasi Sistem Administrasi Perpajakan dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada KPP Di Bekasi Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuisoner ke masyarakat yang sudah wajib membayar pajak di wilayah Bekasi Selatan dengan jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini dapat diketahui bahwa Variabel X1 yaitu Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Variabel X2 yaitu Sanksi Perpajakan dan Variabel Z yaitu Kualitas Pelayan secara persial menunjukan hasil yang sama yaitu berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Namun pada Variabel Z yaitu Kualitas Pelayanan secara MRA (Moderated Regression Analysis) tidak memoderasi dalam Modernisasi Sistem Administrasi Pepajakan dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Akunida agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Akunida.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Akunida.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
Alvin, F., & Apollo. (2020). Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kpp Pratama. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(3). Https://Doi.Org/10.31933/Jemsi.V1i3.103
Arif, A., Junaid, A., & Lannai, D. (2023). Pengaruh Sanksi Perpajakan, Motivasi Wajib Pajak Dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Utara. Jurnal Akuntansi & Sistem Informasi, 1(1).
Arrum, A., Amah, N., & Moh.Ubaidillah. (2021). Pengaruh Lingkungan Wajib Pajak Dan Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi Annisa’. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (Simba), 3.
Bahri, S., Diantimala, Y., & Majid, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan Serta Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Pada Kantor Pajak Kpp Pratama Kota Banda Aceh). Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 4(2). Https://Doi.Org/10.24815/Jped.V4i2.13044
Cahyani, I. S., & Basri, Y. Z. (2022). Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dimoderasi Dengan Teknologi. Jurnal Ekonomi Trisakti, 2(2). Https://Doi.Org/10.25105/Jet.V2i2.14900
Caroline, E., Eprianto, I., Kuntadi, C., & Pramukty, R. (2023). Pengaruh Sanksi Perpajakan, Tarif Pajak Dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Economina, 2(8). Https://Doi.Org/10.55681/Economina.V2i8.722
Chriscavin, C. (2021). Pengaruh Sistem Administrasi Perpajakan Modern Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Timur. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eka Prasetya.
Diana, S. (2013). Konsep Dasar Perpajakan | Perpustakaan Universitas Sanata Dharma. In Refika Aditama.
Ermawati, Y., Sonjaya, Y., Sutisman, E., & Sari, K. P. (2022). Peran Religiusitas, Sanksi Pajak, Pengetahuan Perpajakan, Dan Kualitas Pelayanan Pajak Dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Proceeding Of National Conference On Accounting & Finance, 4(2018).
Hidayat, I., & Gunawan, S. (2022). Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan Dan Kualitas Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan. Manazhim, 4(1). Https://Doi.Org/10.36088/Manazhim.V4i1.1625
Istiqomah, D., & Zifi, M. P. (2021). Pengaruh Kemanfaatan Npwp, Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, Vol. 14 No. 2 (2021). Https://Doi.Org/10.35143/Jakb.V14i2.5138
Khairunnisa, M. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak, E-Filling, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Repository Unissula.
Kusuma, K. C., & Yushita, A. N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan Serta Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wpop. Jurnal Profita Edisi 3 Tahun 2017, 3.
Lestari, T. Y., Khasanah, U., & Kuntadi, C. (2022). Literature Review Pengaruh Pengetahuan,Modernisasi Sistem Administrasi Dan Sosialisasiperpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orangpribadi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jmpis), 3(2).
Lubis, R. H. (2017). The Effect Of Taxation Service Quality, And Taxation Sanctions On Taxpayer Compliance At Kpp Pratama Medan Belawan. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 3(1).
Magribi, R. M., & Yulianti, D. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Dan Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus Pada Wpop Yang Terdaftar Di Kpp Mikro Piloting Majalengka). Jurnal Akuntansi Kompetif, 5(3). Https://Doi.Org/10.35446/Akuntansikompetif.V5i3.1137
Mardiasmo. (2018). Perpajakan Teori Dan Kasus Edisi Terbaru. In Buku Satu, Salemba Empat, Jakarta.
Nasiroh, D., & Afiqoh, N. W. (2023). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Perpajakan, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Ristansi: Riset Akuntansi, 3(2). Https://Doi.Org/10.32815/Ristansi.V3i2.1232
Nasution, A., & Ferrian, M. (2017). Dampak Pengetahuan Pajak Dan Kualitas Pelayanan Petugas Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus : Kpp Pratama Binjai). Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Publik, 1(1).
Nugroho, V. Q., & Kurnia. (2020). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 9(1).
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). Servqual: A Multiple-Item Scale For Measuring Consumer Perc. Journal Of Retailing, 64(1), 12.
Primastiwi, R., & Ratih, R. (2022). Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Religiusitas, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Media Akuntansi Perpajakan, 6(2). Https://Doi.Org/10.52447/Map.V6i2.5125
Putri, A., Maryam, S., Tanno, A., & Rahmawaty, D. (2023). Pengaruh Penerapan Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Literasi Pajak Dan Kesadaran Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kpp Pratama Bukittinggi. Jurnal Akuntansi Kompetif, 6(2). Https://Doi.Org/10.35446/Akuntansikompetif.V6i2.1425
Septianingrum, F. A., & Diamonalisa Sofianty. (2023). Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Bandung Conference Series: Accountancy, 3(1). Https://Doi.Org/10.29313/Bcsa.V3i1.6974
Hambani, S., & Lestari, A. (2020). Pengaruh Penyuluhan Pajak, Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (Sppt), Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi Dan Bangunan. Jurnal Akunida, 6(1), 1-12.
Wahyuningsih, S., & Firmansyah. (2022). Sistem Modernisasi Administrasi Perpajakan, Sanksi Perpajakan Dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Obor: Oikonomia Borneo, 4(2). https://doi.org/10.24903/obor.v4i2.1767