ANALISIS SISTEM KERJA STORAGE DAN PURCHASING DEPARTEMENT TERHADAP KELANGSUNGAN OPERASIONAL

Main Article Content

Yustin Giftiani
Dwi Fionasari

Abstract

Operasional hotel yang berjalan baik ditunjang oleh sarana dan prasana yang memadai. Departemen yang berhubungan dalam proses ini diantaranya adalah storage dan purchasing.  Namun dalam prosesnya terdapat beberapa kendala, seperti terjadinya flukuatif harga secara tiba- tiba, adanya kesalahan saat pembelian dan penerimaan barang, serta barang yang rusak. Hal ini selanjutnya mempengaruhi kemampuan hotel untuk terus beroperasi, mempengaruhi hal-hal seperti perbedaan antara fisik dan sistem. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana  analisis sistem kerja storage dan purchasing departement terhadap kelangsungan operasional pada fox hotel Pekanbaru. Metodologi penelitian yang digunakan pada konteks penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik kualitatif melalui pihak pembelian, penerimaan, dan pengendalian biaya memberikan wawancara secara langsung, dokumen, dan observasi yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model  penyimpanan barang yang digunakan hotel fox ialah dengan metode FIFO dan LIFO. Selain itu proses penerimaan dan pengeluaran barang dinilai sudah cukup baik hanya saja masih terdapat kendala terutama dari pihak supplier barang.

Article Details

How to Cite
Giftiani, Y., & Fionasari, D. . (2024). ANALISIS SISTEM KERJA STORAGE DAN PURCHASING DEPARTEMENT TERHADAP KELANGSUNGAN OPERASIONAL . JURNAL AKUNIDA, 10(1), 41–47. https://doi.org/10.30997/jakd.v10i1.11752
Section
Articles

References

Agung, I. G. A., & Suparwi, S. (2022). Kelangsungan Operasional terhadap Sistem Kerja purchasing dan storage Department di Kusuma Sahid Prince Hotel Solo. Jurnal Hotelier, 8(1), 35-40.

Anwar, S., Afif, M. N., Saraswati, A., & Elma, E. (2023). Analisis Perlakuan Akuntansi Produk Rusak Dalam Menentukan Harga Pokok Produksi Kapas. Jurnal Ilmiah Raflesia Akuntansi, 9(2), 1-12.

Ardianita, F., Poeti, N., & Besti, A. (2020). Peranan Purchasing Dalam Pengadaan Barang di hotel the ritzcarlton jakarta mega kuningan. Journal of Indonesia Tourism, 3(2).

Cahyo, A., & Solikhin, A. (2020). Analisis Peranan Purchasing Terhadap Proses Pengadaan Barang di Hotel Lorin Solo. Jurnal Pariwisata Indonesia, 10(2), 1–23.

Devi, B. K. (2012). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Pembelian (Studi Praktik Kerja PT Tatasolusi Pratama Surabaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 1(3), 30-33.

Gusti, A. A., & Suparwi. (2019). Kelangsungan Operasional terhadap Sistem Kerja Purchasing Dan Storage Department di Kusuma Sahid Prince Hotel Solo. Journal Politeknik Indonusa Surakrta, 27(2), 58–66.

Indri, K., & Jati, N. (2018). Sistem Kerja STORAGE Dan Purchasing Department Terhadap Kelangsungan Operasional Di Hotel Jambuluwuk Malioboro Yogyakarta. Jurnal Khasanah, 9(1), 72–83.

Khasanah, J., & Vol, I. (2018). Pentingnya Komunikasi Receiving Dengan Purchasing Saat Penerimaan Barang Guna Meminimalisir Terjadinya Kesalahan Di Hotel Grand Aston Yogyakarta. Jurnal Khasanah, 9(1), 72–83.

Kholifatun, I., & Nurcahyo, R. J. (2018). Sistem Kerja Storage Dan Purchasing Departement Terhadap Kelangsungan Operasional Di Hotel Jambuluwuk Malioboro Yogyakarta. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 9(1).

Nurbaeti, E., Hambani, S., Aziz, A. J., & Anwar, S. (2023). SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN PENGENDALIAN INTERNAL: KAJIAN PADA EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PIUTANG. JURNAL AKUNIDA, 9(2), 128-136.

Nugraha, R. N., Choerunisa, S., Ramadhani, F., Ramadhannu, S., & Shendy, M. I. (2023). Purchasing Supporting System Amaris Hotel Mampang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(24), 616-624.

Parida, S., Kusuma, I. C., Lasmana, A., & Susandra, F. (2023). ANALISIS KINERJA KEUANGAN RUMAH SAKIT SEBELUM DAN SESUDAH MERGER BERDASARKAN RASIO KEUANGAN TAHUN 2017-2019. Jurnal Akunida, 9(1), 61-69.

Pramawati, K. Y., Made, N., Widiastini, A., & Andiani, N. D. (2019). Storing System dalam Meningkatkan Kelancaran Operasional Barang di Discovery Kartika Plaza Hotel Bali. 2(2).

Putri, R. K., Suhatmi, E. C., Akuntansi, P. S., Bangsa, U. D., & Surakarta, K. (2022). Prosedur sistem pembelian dan pemesanan pelanggan pada pt semesta indah sentosa 1,2.

Zulkarnain, M. (2017). metode kualitatif. Bab III Metoda Penelitian, Bab iii me, 1–9.