LINGKUNGAN SOSIAL SEBAGAI PEMEDORASI PENGARUH MOTIVASI KARIR DAN PENGHASILAN TERHADAP NIAT MAHASISWA MEMILIH KARIR SEBAGAI AKUNTAN PUBLIK
Main Article Content
Abstract
Profesi akuntan publik saat ini masih kurang diminati dibanding dengan profesi akuntan di bidang lain. Hal ini terlihat dari jumlah akuntan publik yang bersitifikat sangat sedikit dibanding dengan jumlah akuntan secara keseluruhan. Penelitian ini ingin menganalisis Niat mahasiswa di salah satu institusi pendidikan tinggi di Bogor untuk memilih karir sebagai akuntan publik. Variabel yang digunakan adalah Motivasi Karir dan Motivasi Penghasilan dengan Lingkungan Sosial sebagai variabel moderasi. Penelitian menggunakan data primer yang diperoleh penyebaran kuesioiner secara eleltronik dengan metode convinience sampling. Data terkumpul sebanyak 166 responden yang dianalisis menggunakan regressi berganda. Hasil penelitian menunjukkan Motivasi Karir berpengaruh terhadap Niat Mahasiswa memilih sebagai akuntan publik, sedangkan Movitasi Penghasilan menunjukkan hasil tidak memiliki pengaruh. Sedangkan variabel Lingkungan Sosial memperlemah pengaruh kedua variabel tersebut terhadap Niat Mahasiswa menjadi akuntan publik. Implikasai dari penelitian ini memberikan masukan bahwa sosialisasi profesi akuntan publik masih perlu digaungkan baik oleh sekolah lanjutan, institusi pendidikan tinggi dan Institue Akuntan Publik Indonesia.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Akunida agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Akunida.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Akunida.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
Agoes, S. & Ardana, I, C. (2009). Etika Bisnis dan Profesi: Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya. Salemba Empat, Jakarta.
Ajzen, I. & Fishbein, M. (1980). Understanding Attitudes and Predicting Social Behavior. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
Bari, A., & Randy Hidayat. (2022).Teori Hirarki Kebutuhan Maslow Terhadap Keputusan Pembelian Merek Gadget. MOTIVASI Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 7 (1), 8-14. https://jurnal.um-palembang.ac.id/motivasi/article/download/4303/2795.
Bhat, MA. & Khan, ST. (2023). Determinants of Accounting Students' Decision To Pursue Career As ACCA-Certified Accountants: A Case Study Of Omani Students. Management & Sustainability: An Arab Review. DOI 10.1108/MSAR-09-2022-0043
Dyastari, NPS. & Yadnyana, IK. (2016). Pengaruh Motivasi Pada Minat Mahasiswa Non Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana., Vol 16(1), 333-361. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/17380
Duarte, H., de Eccher, U. & Brewster, C. (2021). "Expatriates' Salary Expectations, Age, Experience and Country Image". Personnel Review, Vol 50(2), 731-750. DOI10.1108/PR-05-2019-0229.
Hopwood, AG. (1994). Accounting and everyday life: An introduction”. Accounting Organizations and Society., Vol 19 (3), 299-301.
https://EconPapers.repec.org/RePEc:eee:aosoci:v:19:y:1994:i:3:p:299-301.
Kayati, K. (2018). Peran Theory of Reasoned Action Terhadap Minat Menggunakan Produk Bagi Hasil Bank Syariah. Accounthink: Journal of Accounting and Finance., Vol 3(1), 454 - 467. DOI: https://doi.org/10.35706/acc.v3i01.1210
Laksmi, A. C., & Al Hafis, S. I. (2019). The influence of accounting students’ perception of publik accounting profession: A study from Indonesia. Journal of Contemporary Accounting, 1(1), 47–63. https://doi.org/10.20885/jca.vol1.iss1.art5
Sholaiha, K., Nusantoro, J., & Darmayanti, E, F. (2023). Pengaruh Persepsi Mahasiswa, Motivasi, Ekspektasi Pendapatan Terhadap Pemilihan Karir Sebagai Profesi Akuntan, Jurnal Akuntansi dan keruangsan. Vol. 2(3), 336-343. DOI: https://doi.org/10.24127/exclusive.v2i3.4729
Lukman, H. & Juniati, C. (2016). Faktor Yang Pengaruhi Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik Bagi Mahasiswa PTS Swasta Dengan Pendekatan Reasoned Action Model. Jurnal Akuntansi., Vol 20(2), 202–215.
DOI: https://doi.org/10.24912/ja.v20i2.54
Raharja, S. ., & Liany, D. (2020). Factors Affecting Accounting Students In Choosing Accounting Career Path. Jurnal Dinamika Akuntansi., Vol 12(2), 100-113. DOI: https://doi.org/10.15294/jda.v12i2.24169
Minan, K. (2011). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Jurnal Keuangan & Bisnis., Vol 3(1).
Pakpahan, N, N, T., & Baridwan, Z. (2022) Minat Individu Mengikuti Sertifikasi CPA (Certified Publik Accountant) Dalam Rangka Meniti Karir Sebagai Akuntan Publik: Pendekatan Theory Reasoned Action (TRA), Model Kebutuhan Abraham Maslow Dan Model Kebutuhan McClelland. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekononomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Vol. 9 (2), https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7404
Peter J, P., & Olson, J, C. (2000). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Keempat. Terj.Damos Sihombing. Jakarta: Erlangga.
Pramono, A., & Nopritama, M. (2020). Pengembangan Karir dan Motivasi Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Kasus pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Way Kanan). Jurnal Relevansi : Ekonomi, Manajemen dan Bisnis., Vol 4(2). 42-87. DOI: https://doi.org/10.61401/relevansi.v4i2.45
Rachma, I , A, F. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Universitas Brawijaya Untuk Mengikuti Sertifikasi CPA (Certified Publik Accountant). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekononomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Vol 4 (2) https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/3183
Samsuri, A, S., Arifin, T, R., & Hussin, S, B. (2016). Perception Of Undergraduate Accounting Students Towards Professional Accounting Career. International Journal Of Academic Research In Accounting, Finance And Management Sciences, Vol 6(3). 78-88. DOI:10.6007/IJARAFMS/V6-I3/2173
Tampubolon. (1991). Mengembangkan Minat Dan Kebiasaan Membaca Pada Anak. Cetakan Kedua. Bandung: Angkasa.
Tang, LC. & Seng, C. (2016). Factors Influence Students' Choice Of Accounting Major In Cambodian Universities. Asian Review of Accounting., Vol 24(2), 1-23.
Ulfah, R., Jaharadak, AA. & Khatibi, AA. (2019). Motivational Factors Influencing MSU Accounting Students To Become A Certified Publik Accountant (CPA). Management Science Letters., Vol 9(1). 1675–1684. DOI:10.5267/j.msl.2019.5.020.
Wen., L., Yang, H, C., Bu, D., Diers, L. & Wang, H. (2018), "Publik Accounting Vs Private Accounting, Career Choice of Accounting Students In China", Journal of Accounting in Emerging Economies, Vol 8(1). 124-140. DOI: 10.1108/JAEE-09-2016-0080
Yuanfa, O, D. (2016). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Ujian ACPAI. Malang: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekononomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Vol. 7(1). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jim feb/article/view/5282