ANALISIS DAN DESAIN SISTEM IDENTIFIKASI PREFERENSI KONSUMEN PRODUK KERIPIK PISANG LAMPUNG
Main Article Content
Abstract
Banyaknya pelaku usaha yang memproduksi keripik pisang mengharuskan para produsen untuk
lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan sebuah produk. Informasi mengenai jenis
produk yang diinginkan oleh pasar sangat dibutuhkan oleh produsen sebelum melakukan
pengembangan produk. Penelitian ini menunjukan sebuah analisis dan desain sistem identifikasi
parameter produk yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap produk keripik pisang.
Proses analisis disimulasikan dalam Business Process Model and Notation (BPMN) untuk
mengetahui peran setiap stakeholder yang terlibat dalam sistem serta input data yang
dibutuhkan. Skala linkert digunakan untuk menentukan tingkat kesukaan konsumen terhadap
sampel produk. Parameter yang paling mempengaruhi preferensi konsumen ditentukan dengan
analisis faktor menggunakan metode Relief. Hasil analisis menunjukan bahwa seluruh bisnis
proses dapat diverifikasi dan dihasilkan tiga produk keripik yang paling diminati yaitu Suseno,
Yenyen, dan Mr. Monkey. Metode Relief menunjukan bahwa kadar minyak merupakan
parameter yang paling penting
lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan sebuah produk. Informasi mengenai jenis
produk yang diinginkan oleh pasar sangat dibutuhkan oleh produsen sebelum melakukan
pengembangan produk. Penelitian ini menunjukan sebuah analisis dan desain sistem identifikasi
parameter produk yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap produk keripik pisang.
Proses analisis disimulasikan dalam Business Process Model and Notation (BPMN) untuk
mengetahui peran setiap stakeholder yang terlibat dalam sistem serta input data yang
dibutuhkan. Skala linkert digunakan untuk menentukan tingkat kesukaan konsumen terhadap
sampel produk. Parameter yang paling mempengaruhi preferensi konsumen ditentukan dengan
analisis faktor menggunakan metode Relief. Hasil analisis menunjukan bahwa seluruh bisnis
proses dapat diverifikasi dan dihasilkan tiga produk keripik yang paling diminati yaitu Suseno,
Yenyen, dan Mr. Monkey. Metode Relief menunjukan bahwa kadar minyak merupakan
parameter yang paling penting
Article Details
How to Cite
Ginantaka, A., & Novitasari, D. (2017). ANALISIS DAN DESAIN SISTEM IDENTIFIKASI PREFERENSI KONSUMEN PRODUK KERIPIK PISANG LAMPUNG. URNAL GROINDUSTRI ALAL, 1(2), 132–140. https://doi.org/10.30997/jah.v1i2.364
Section
Articles
Authors who publish with Jurnal Agroindustri Halal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Agroindustri Halal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Agroindustri Halal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work