ANALISIS PERMASALAHAN PENILAIAN DUPAK JABATAN FUNGSIONAL LINGKUP DITJEN KSDAE MELALUI PENDEKATAN TEORI SISTEM

Authors

  • Yayat Supriatna Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
  • Agus Suarman Sudarsa Universitas Djuanda
  • Imam Edy Mulyono Universitas Djuanda

Keywords:

Penilaian DUPAK, Jabatan Fungsional, PEH, Polisi Kehutanan, Peyuluh Kehutanan

Abstract

Jabatan fungsional Polisi Kehutanan, Pengendali Ekosistem Hutan dan Penyuluh Kehutanan merupakan jabatan fungsional tertentu yang kedudukannya berada dibawah pembinaan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kewajiban setiap pejabat fungsional adalah melaksanakan butir-butir kegiatan fungsional dan menyusunnya dalam bentuk DUPAK sesuai dengan petunjuk teknis yang telah ditetapkan. DUPAK yang telah disusun kemudian diajukan kepada tim penilai untuk dilakukan pemeriksaan dan verifikasi, namun persoalan muncul ketika adanya pemahaman yang berbeda antar tim penilai terhadap butir-butir kegiatan fungsional, hal ini terjadi karena tidak adanya pedoman yang dapat dijadikan rujukan oleh tim penilai dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Pendekatan secara sistemik dapat dianggap sebagai salah satu langkah solutif dalam menyelesaikan masalah, pendekatan tersebut berupa koordinasi kerja, baik antar tim penilai maupun tim penilai dengan direktorat teknis atau pihak terkait yang dinilai memliki kompetensi dibidangnya, sehingga tercipta hubungan saling pengertian antara tim penilai pusat dengan tim penilai UPT dalam rangka mewujudkan hubungan kerjasama yang harmonis dan sinergis dalam penilaian angka kredit. Penyelesaian secara sistemik juga memberikan kejelasan dalam pelaksanaan tugas, wewenang dan tanggung jawab demi terwujudnya suatu koordinasi dan sinkronisasi atas kesepahaman dalam menafsirkan butir-butir kegiatan dalam Dupak.

References

Birokrasi, D. A. N. R. (2011). No Title. 1999, 1–45.

Cahyaningsih, E., & Anggraeni, F. R. (2022). Analisis Penerapan Pengembangan Karier Pegawai Pada Pusat Pelatihan Dan Pengembangan Dan Kajian Desentralisasi Dan Otonomi Daerah Lembaga Administrasi Negara. Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS, 16(1), 32-47.

Chusminah, C., & Haryati, R. A. (2019). Analisis Penilaian Kinerja Pegawai Pada Bagian Kepegawaian dan Umum Direktorat Jenderal P2P Kementerian Kesehatan. Widya Cipta-J. Sekr. dan Manaj, 3(1), 61-70.

Mutiah, M., & Jannah, L. M. (2022). Challenges In Career Development Of The Functional Position Of Supervisory Of Regional Government Affairs (Ppupd) In The Inspectorate Of The Province Of The Special Capital Of Jakarta. DIA: Jurnal Administrasi Publik, 20(02), 16-26.

Nikou, T. (2014). Systems Thinking in Sustainable Engineering. Systems Thinking in Sustainable Engineering. Retrieved from http://lcs.syr.edu/centers/SustainableEngineering/modules/10-18_Nikou.pdf.

Prawitasari, N., & Sartika, D. (2020). Penilaian kebutuhan peningkatan kompetensi bagi pemangku jabatan fungsional tertentu. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 15(2), 163-176.

Reformasi, D. A. N., & Republik, B. (2012). No Title. Peraturan Menteri PANRB No 50, 1999.

Republik Indonesia. (2017). Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. (63).

Saprudin, S. (2022). Implementasi Pengembangan Mutu Organisasi (Suatu Pendekatan Kajian Total Quality Manajemen Dan Pendekatan ISO 9002.

Schurter, G. J., Supriatna, Y., Nuraeni, A., Supriyono, Regone, C. J., & Kabir, N. (2009). A 3D finite-difference modeling study of seismic imaging challenges in Bintuni Bay, Irian Jaya Barat. The Leading Edge, 28(9). https://doi.org/10.1190/1.3236369

Simatupang, T. H. (2019). Studi Pendahuluan Pembentukan Jabatan Fungsionalis Analis Hukum Di Kementerian Hukum Dan HAM RI. Jurnal Ilmiah kebijakan Hukum, 13, 1-14.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Supriatna, Y., Suarman Sudarsa, A., & Mulyono, I. E. (2023). ANALISIS PERMASALAHAN PENILAIAN DUPAK JABATAN FUNGSIONAL LINGKUP DITJEN KSDAE MELALUI PENDEKATAN TEORI SISTEM. ADMINISTRATIE Jurnal Administrasi Publik, 6(1), 17–28. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/AJAP/article/view/2535
Abstract viewed = 0 times