INOVASI PELAYANAN PUBLIK PADA BIDANG PENDIDIKAN DI DAERAH TERTINGGAL, TERDEPAN, DAN TERLUAR (3T)
Keywords:
Inovasi, Modul Video, Daerah 3T, Pendidikan, TeknologiAbstract
Pelayanan pendidikan merupakan salah satu pelayanan publik yang dibutuhkan oleh masyarakat. Adanya permasalahan yang terjadi di daerah 3T membuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mencoba membuat inovasi yang bertujuan untuk meminimalisir kesenjangan pendidikan di daerah 3T dengan membuat modul video pembelajaran untuk daerah 3T kepada perguruan tinggi di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan, menganalisis dan mendeskripsikan program modul video pembelajaran daerah 3T dengan menggunakan lima atribut inovasi menurut Rogers, yaitu keuntungan relatif, komparabilitas, kompleksitas, triabilitas dan observabilitas. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, menggunakan data primer hasil observasi dan data sekunder hasil studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program modul video pembelajaran ini pada atribut relative advantage menunjukkan bahwa program ini dapat memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk mengakses video pembelajaran. Pada atribut compablity terlihat bahwa inovasi ini memiliki kebaruan dibandingkan dengan teknologi sebelumnya dimana mahasiswa sekarang dapat mengakses video pembelajaran dengan menggunakan tablet. Pada atribut complexity, dapat dilihat bahwa program ini membutuhkan sumber daya yang cukup banyak, baik itu sumber daya manusia, waktu, material dan lain-lain. Pada atribut triability, dapat dilihat bahwa program ini sangat mungkin untuk dicoba, dan dilihat dari banyaknya platform pendidikan yang serupa dengan program ini, maka program ini sangat mungkin untuk dicoba.
References
Anoraga, A., Wijaya, A. F., & Rengu, S. P. (2014). Inovasi Pelayanan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Melalui Program Drive Thru (Studi pada Dinas Pendapatan Kabupaten Banyuwangi). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 2(3), 539–545.
Azwar, S. (2001). Metode Penelitian, Edisi I, cet. 3. Pustaka Pelajar.
Creswell, J. W. (2019). Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran). Pustaka Pelajar.
Doddy. (2021). Solusi Inovasi Pembelajaran di Daerah 3T, Ditjen Diktiristek Siapkan Mobil PJJ Kampus Merdeka dan Mobil Vaksinasi. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, Dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/solusi-inovasi-pembelajaran-di-daerah-3t-ditjen-diktiristek-siapkan-mobil-pjj-kampus-merdeka-dan-mobil-vaksinasi/
Hendriyana, A. (2020, October). Prodi Bisnis Digital Unpad Raih Hibah Penyusunan Modul Pembelajaran Daerah 3T dari Kemendikbud. Universitas Padjadjaran. https://www.unpad.ac.id/2020/08/prodi-bisnis-digital-unpad-raih-hibah-penyusunan-modul-pembelajaran-daerah-3t-dari-kemendikbud/
Kunandar. (2007). Guru Profesional : Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Rajagrafindo.
Kusnandar. (2018). Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK di Sekolah 3T Provinsi Papua dan Papua Barat Melalui Pendampingan Jarak Jauh. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 177–198.
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100.
Muharam, R. S. (2019). Inovasi Pelayanan Publik Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 di Kota Bandung. DECISION : Jurnal Administrasi Publik, 1(1), 39–47.
Mulgan, G., & Albury, D. (2003). Innovation in the Public Sector. Working Paper Version 1.9. Strategy Unit.
Oktaviana, L., & Meirinawati. (2017). Strategi Peningkatan Pelayanan Perekaman E-KTP Melalui Pelayanan Jemput Bola Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya. Publika, 6(2).
Pramayati, T., Jayananta, & Yulnelly. (2017). Peran Data Primer Pada Pembentukan Skema Konseptual Yang Faktual (Studi Kasus: Skema Konseptual Basisdata Simbumil). Jurnal Simetris, 8(2), 679–685.
Sari, Y. R. (2019). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Solo Destination Di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Sawala, 7(2), 190–203.
Selwyn, N. (2011). Education and Technology Key Issues and Debates. Replika Press Pvt Ltd.
Setyowati, S., & Meirinawati. (2021). Inovasi Program SAHAJA (Satu Hari Jadi) Keliling Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kediri. PUBLIKA : Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 9(3), 267–282.
Sinambela, L. P. (2014). Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Bumi Aksara.
Suwarno, Y. (2008). Inovasi di Sektor Publik. STIA- Lan Press.
Syafii, A. (2018). Perluasan dan Pemerataan Akses Kependidikan Daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal). Dirāsāt: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(2), 153–171.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Masry Nanda Pratama
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Governansi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in ADMINISTRTAIE.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in ADMINISTRTIE.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.