PENERAPAN PRINSIP VISI STRATEGIK GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN DISDUKCAPIL KOTA PADANG PANJANG MELALUI WEB PADUKO

Authors

  • Liza Fitria Kisnanda Liza Fitria Kisnanda
  • Nadila Aulia Universitas Andalas
  • Nurul Dzakira Universitas Andalas
  • Ade Amira Fithaloka Universitas Andalas
  • Anggun Desmita Universitas Andalas

Keywords:

Visi Strategik, Pemerintahan yang Baik, Disdukcapil, Paduko

Abstract

PADUKO (Pelayanan Dokumen Kependudukan Online) adalah layanan web browser yang termasuk kedalam Smart Governance dalam masterplan smart city. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis bagaimana tata kelola dari DISDUKCAPIL Padang Panjang dalam upaya menerapkan visi strategis untuk mewujudkan Good Governance and Clean Government. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dilihat dari perspektif visi strategis, Paduko memiliki visi untuk memudahkan urusan administrasi kependudukan masyarakat Padang Panjang dengan melihat peluang kedepan yaitu menggunakan media online. Visi tersebut dapat dikatakan strategis bahwa faktanya saat ini masyarakat menginginkan akses pelayanan yang mudah dan serba cepat. Memanfaatkan media online sebagai tempat pelayanan publik dapat dikatangan sangat strategis. dalam implementasinya masih perlu beberapa peningkatan seperti sosialisasi kepada masyarakat dengan memanfaatkan media online sebagai salah satu visi dari smart city di Kota Padang Panjang.

References

Farhani, Atika. (2021). Pelayanan Dokumen Kependudukan melalui Sistem PADUKO di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang. Dikases pada 13 November 2023 http://repository.unp.ac.id/30137/

Fauzi, Agus. (2022). Pengaruh Moderasi visi stategik terhadap hubungan keterlibatan strategic dengan persepsi ketidakpastian lingkungan, persepsi kekuatan kompetitf, keterlibatan kerja, dan komitmen organisasional(studi rencana studi pada smu dan smk sekecematan cileungsi Kabupaten Bogor. Jurnal Manajemen USNI. Volume 6, Nomor 2.

Jefri, Riny. (2018). Teori Stewardhip dan good governance. Jurnal Riset Edisi xxvi. Volume 4, Nomor 003.

Maharani, F. M., Putera, R. E., & Ariany, R. (2023). Pengembangan E-Government Sebagai Langkah Mewujudkan Smart Government Di Kota Padang Panjang. Jurnal Ranah Publik Indonesia Kontemporer (Rapik), 3(1), 50-67.

Melinda, M., & Kabullah, M. I. (2020). Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Online (PADUKO) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 19(2), 202-216.

Nurlia. (2018). Strategi Pelayanan Dengan Konsep Sevice Excellent. Jurnal Meraja. Volume 1, Nomor 2.

Prokomsetda. 2017. Pengertian, prinsip dan penerapan Good Governance di Indonesia. Diakses pada 12 November 2023 https://prokomsetda.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/pengertian-prinsip-dan-penerapan-good-governance-di-indonesia-99

Putri, N. A., Zetra, A., & Putera, R. E. 2022. Implementasi PADUKO (Pelayanan Dokumen Kependudukan Online) Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang Panjang. JDKP Jurnal Desentralisasi dan Kebijakan Publik, Vol. 3(1) : 324-333. Dari https://www.topsumbar.co.id/2020/01/padang-panjang-wujudkan-smart-government/

Setyono, Joko. (2015). Good Governance dalam Perspektif Islam (pendekatan Usnul Fikih: Teori pertingkatan Norma). Jurnal Muqtasid. Volume 6, Nomor 1.

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Liza Fitria Kisnanda, Aulia, N., Dzakira, N., Amira Fithaloka, A., & Desmita, A. (2023). PENERAPAN PRINSIP VISI STRATEGIK GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN DISDUKCAPIL KOTA PADANG PANJANG MELALUI WEB PADUKO. ADMINISTRATIE Jurnal Administrasi Publik, 6(2), 67–78. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/AJAP/article/view/11563
Abstract viewed = 0 times