PENGEMBANGAN KAMPUNG WISATA PANCER OLEH DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA SERANG

Authors

  • Mutiara Dewi

Keywords:

Manajemen Pengembangan, Kampung Wisata Pancer

Abstract

Kampung Wisata Pancer merupakan salah satu Kampung Wisata yang terdapat di Kota Serang yang memiliki karakteristik wisata bahari dan wisata sejarah namun kegiatan pengelolaannya masih belum optimal yang menyebabkan sulitnya kampung wisata ini untuk berkembang walaupun memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana manajemen pengembangan Kampung Wisata Pancer yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Serang, hambatan apa saja yang mempengaruhi proses pengembangannya dan bagaimana solusi untuk menanggulangi hambatan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui pendalaman wawancara dan teknik analisis data deskriptif untuk mengeksplorasi bagaimana manajemen pengelolaan dan pengembangan pada kampung wisata pancer. Berdasarkan hasil penelitian bahwa manajemen pengembangan yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Serang belum berjalan secara maksimal. Hal tersbut dapat dilihat dari fasilitas Kampung Wisata Pancer yang masih kurang memadai, kondisi sampah yang belum dapat ditemukan solusinya, belum terjalinnya koordinasi yang baik antara Disparpora dengan Pengelola Kampung Wisata, belum optimalnya peran Pokdarwis dalam mengelola kampung wisata dan belum adanya standarisasi pengawasan yang dilakukan oleh Disparpora. Sehingga kedepannya pemerintah diharapkan dapat lebih mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk mengembangkan Kampung Wisata Pancer.

References

Astiana, R., Kartika, T., & Tawakal, M. I. (2022). Pendampingan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Wisata di Kampung Wisata Cibiru. Bemas J. Bermasyarakat, 3(1), 50-58.

Hardi Alunaza Dan Bastian Andhony Toy, (2020) “Analisis Pariwisata Ha Long Bay Terhadap Perekonomian Vietnam”. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 2020 Vol. 01 (1), 38-49

Idris, M. T., Ati, N. U., & Abidin, A. Z. (2019). Peran Pemerintah dalam Pengembangan Wisata Kampung Jodipan dan Kampung Tridi (Studi Kasus di Kelurahan Jodipan dan Kelurahan Kesatrian Kecamatan Blimbing Kota Malang). Respon Publik, 13(4), 68-77.

Irwan Tamrin, Rusdin Tahir, M. Liga Surdayana, Arfah Sahabudin, (2021) oleh “Dari Sejarah Menuju Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan: Studi Kasus Kampung Wisata Pancer”. JUMPA Volume 8, Nomor 1, Juli 2021.

Khusnul Khotimah Wilopo & Lukman Hakim, (2017) “Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata Budaya (Studi Kasus Pada Kawasan Situs Trowulan Sebagai Pariwisata Budaya Unggulan Di Kabupaten Mojokerto)” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol 41 No.1 Januari 2017.

Maharani, S. A., Mulki, G. Z., & Yuniarti, E. (2020). Strategi Pengembangan Kampung Wisata Tenun Khatulistiwa Kecamatan Pontianak Utara. JeLAST: Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang, 7(2).

Muhammad Harim Dan Saharuddin, Oleh “Analisis Potensi Objek Wisata Alam Di Kelurahan Kambo Kecamatan Mungkajang Kota Palopo”. Junal Akuntasi, Vol. 03 No. 1 Februari 2017.

Nandang Hendriawan Dan Erni Mulyanie. (2018) “Analisis Potensi Pariwisata Air Terjun Kabupaten Tasikmalaya”, Jurnal Geografi Vol. 15 No. 1

Nisa, K., Afifuddin, A., & Suyeno, S. (2019). Pengembangan kampung wisata jodipan dan kampung wisata tridi oleh pemerintah Kota Malang dalam meningkatkan status sosial dan ekonomi masyarakat (studi kasus di Kelurahan Jodipan dan Kelurahan Kesatrian Kecamatan Blimbing Kota Malang). Respon Publik, 13(1), 29-33.

Saputra, D. (2020). Tata Kelola Kolaborasi Pengembangan Kampung Wisata Berbasis Masyarakat GOVERNMENT: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 85-97.

Sri Rahayu Budiani, Windarti Wahdaningrum, Dellamanda Yoski, Eline Kensari, Hendra S Pratama, Henny Mulandari, Heru Taufiq Nur Iskandar, Mika Alphabettika, Novella Maharani, Rizka Fitri, Febriani, Yanti Kusmiati, (2018) “Analisis Potensi Dan Strategi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Berbasis Komunitas Di Desa Sembungan, Wonosobo Jawa Tengah”, Majalah Geografi Indonesia Vol.32, No.2, September 2018 (170-176).

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Dewi, M. (2023). PENGEMBANGAN KAMPUNG WISATA PANCER OLEH DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA SERANG. ADMINISTRATIE Jurnal Administrasi Publik, 6(1), 55–66. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/AJAP/article/view/10155
Abstract viewed = 16 times