ANALISIS PELAYANAN PUBLIK DI PUSKESMAS: STUDI KASUS PELAYANAN KESEHATAN DI KECAMATAN KUALA
Keywords:
Public services, health centers, health servicesAbstract
Artikel ini menganalisis pelayanan publik di Puskesmas dengan fokus pada studi kasus pelayanan kesehatan di Kecamatan Kuala. Tujuan utama artikel ini adalah untuk memberikan pemahaman faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini dengan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam kepada kepala Puskesmas, para tenaga medis dan non medis serta masyarakat yang datang ke Puskesmas. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam pelayanan publik yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Puskesmas di Kecamatan Kuala menghadapi beberapa tantangan dalam menyediakan pelayanan kesehatan yang optimal. Beberapa kendala yang diidentifikasi termasuk kurangnya jumlah dan kualitas sumber daya manusia, keterbatasan fasilitas dan peralatan medis, serta lambatnya respons terhadap kebutuhan masyarakat. Namun demikian, pelayanan kesehatan di Puskesmas juga memiliki kelebihan, seperti adanya program-program promosi kesehatan dan pencegahan penyakit yang aktif, serta ketersediaan obat-obatan dasar secara gratis. Berdasarkan hasil penelitian, artikel ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan pelayanan publik di Puskesmas Kecamatan Kuala. Rekomendasi tersebut meliputi peningkatan jumlah dan kualitas sumber daya manusia, peningkatan fasilitas dan peralatan medis, peningkatan respons terhadap kebutuhan masyarakat, dan peningkatan koordinasi antara Puskesmas dengan instansi terkait.
References
Effendi, K. (2020). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Uptd Puskesmas Mutiara Tahun 2019. Excellent Midwifery Journal, 3(2), 82-90.
Fatimah, S. (2019). Faktor Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 3(1), 121-131.
Handayani, S. (2016). Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di puskesmas baturetno. Profesi (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian, 14(1), 42-48.
Hariyoko, Y., Jehaut, Y. D., & Susiantoro, A. (2021). Efektivitas pelayanan kesehatan masyarakat oleh puskesmas di kabupaten manggarai. Jurnal Good Governance.
Futum Hubaib, J. B. A. J. dan. (2021). Konsep Pelayanan Publik Di Indonesia (Analisis Literasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Indonesia). Dedikasi, 22(2), 105. https://doi.org/10.31293/ddk.v22i2.58 60.
Muriany, T., & Ruhunlela, V. (2021). Reformasi Birokrasi Pelayanan Publik di Kecamatan Tanimbar Selatan Kabupaten Kepulauan Tanimbar. PUBLIC POLICY (Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis), 2(1), 1–20. https://doi.org/10.51135/publicpolicy. v2.i1.p1-20.
Napirah, M. R., Rahman, A., & Tony, A. (2016). Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Tambarana Kecamatan Poso Pesisir Utara Kabupaten Poso. Jurnal Pengembangan Kota, 4(1), 29-39.
Nasution, I. F. S., Kurniansyah, D., & Priyanti, E. (2022). Analisis pelayanan pusat kesehatan Masyarakat (puskesmas). Kinerja, 18(4), 527– 532. https://doi.org/10.30872/jkin.v18i4.98
Novianingrum, D. S., Sholikah, S. M.,
Clarita, D. M., Sari, A. L., Lestari, R. D., Mulyana, D., Astuti, E. D., &
Nugraha, J. T. (2018). Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan
Publik Bidang Kesehatan Di Puskesmas Magelang Selatan Kota Magelang. Jurnal Mahasiswa Administrasi Negara (JMAN), 02(02),
–29.
Saprudin, S. (2022). Implementasi Pengembangan Mutu Organisasi (Suatu Pendekatan Kajian Total Quality Manajemen Dan Pendekatan ISO 9002.
Sunardi, D. S. (2017). Kualitas Pelayanan Publik di Puskesmas Peneleh Kota Surabaya. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 3(2), 823–831. https://doi.org/10.30996/jpap.v3i2.12 63.
Tumiwa, R., Pangemanan, S., & Sondakh, E. (2018). Efektivitas Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Pada Puskesmas Di Kecamatan Dumoga. Jurnal eksekutif, 1(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wahyu Seno Gimstar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Governansi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in ADMINISTRTAIE.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in ADMINISTRTIE.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.