SIGNIFIKANSI METODE GUIDE READING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM TEORI MEMBACA NYARING

Main Article Content

Novi Maryani
Muhammad Ichsan
Khairunnisa Khairunnisa

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah ada ataupun tidak ada signifikansi metode guide reading terhadap motivasi belajar siswa di kelas I SDN 4 Cisande Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode korelasi, dengan sampel sebanyak 31 siswa. Penggunaan instrumennya berupa tes berupa Lembar Kerja Proses (LKP) dan angket. Hasil penelitian dari variabel motivasi belajar siswa di SDN 4 Cisande dikatakan rendah, bisa terlihat dari hasil perolehan evaluasi siswa yang masih dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Berdasarkan hasil analisis data deskriptif metode guide reading diperoleh nilai tertinggi 288 dan nilai terendah 182, sedangkan hasil analisis data deskriptif motivasi belajar siswa memiliki nilai tertinggi 85 serta nilai terendah 70. Adapun nilai Fhitung=0.545<Ftabel=1.85 yang berarti data bersifat linear. Pada analisis data, persamaan regresi dalam penelitian ini diperoleh data Y=71.985+0.022. Serta koefisien determinasi diperoleh data 0.1232=0.015 atau 1.5% variabel X menentukan variabel Y. Uji signifikansi melalui uji t, diperoleh nilai thitung=0.665<ttabel=0.725 dengan dk 31, dan hasil signifikansi 0.511>0,05. Hasil uji hipotesis didapat Phitung<Ptabel sehingga Ha tolah dan Ho terima. Penelitian ini menyatakan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara metode guide reading terhadap motivasi belajar siswa di kelas I SDN 4 Cisande Kabupaten Sukabumi. 

Kata Kunci: membaca nyaring, metode guide reading, motivasi belajar.



 

GUIDE READING METHOD ON STUDENTS’ LEARNING MOTIVATION IN READING LOUDLY LESSON


ABSTRACT

 

Guide reading Method is a guided learning method aimed to help students in using learning strategy to read independently. While learning motivation is a strong urge and power to achieve certain goals. This research is aimed to find out whether or not the guide reading method affects students’ learning motivation in One Grade of SDN 4 Cisande, Sukabumi. This research used correlation method, while the population in SDN 4 Cisande is 34 students and the total samples is 31 students. Instruments used in this research are process worksheet and questionnaire. The data analysis technique was helped by SPSS 16.0 application for Windows. The result shows that students’ learning motivation of SDN 4 Cisande is low. It can be seen in the score of the students which are still below the passing grade. Based on analysis of descriptive data of Students’ score, the highest score is 288 and the lowest is 182, while the result of descriptive data analysis of students’ learning motivation, the highest score is 85 and the lowest is 70. In normality test, it is obtained significance data 0.188>0,05  which means score distributes normally. In linearity test, it is obtained significance score 0.428>0,05, and score of Fcount=0.545<Ftable=1.85 which means the data is linear. In data analysis, regression equation in this research obtained data Y=71.985+0.022. And data for determination coefficient is 0.1232=0.015 or 1.5% x variable determines Y variable. Significance test through t test, it is obtained score tcount=0.665<ttable=0.725 with dk 31, and significance result 0.511>0,05. The result of hypothesis is Pcount<Ptable so Ha is rejected and Hois accepted. It means that Guide reading Method does not affect learning motivation of students in one grade SDN 4 Cisande, Sukabumi significantly.    

 


Article Details

How to Cite
Maryani, N., Ichsan, M., & Khairunnisa, K. (2017). SIGNIFIKANSI METODE GUIDE READING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM TEORI MEMBACA NYARING. idaktika auhidi: urnal endidikan uru ekolah asar, 4(2), 126–139. https://doi.org/10.30997/dt.v4i2.924
Section
Articles
Author Biographies

Novi Maryani, Universitas Djuanda

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Muhammad Ichsan, Universitas Djuanda

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Khairunnisa Khairunnisa, Universitas Djuanda

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Asra dan Sumiati. 2011. Metode pembelajaran. Wacana Prima, Bandung.

Dalman. 2014. Keterangan membaca. Raja grafindo, Jakarta.

Emzir. 2011. Metodologi penelitian pendidikan kuantitatif dan kualitatif. Raja Grafindo, Jakarta.

Fathurrohman P. 2007. Strategi belajar mengajar melalui penanaman konsep umum dan konsep islami. Refika Aditama, Bandung.

Kartajaya H. 2010. Brand operation the official MIM academy course book. Esensi Erlangga Group, Jakarta.

Rahim F. 2009. Pengajaran membaca di sekolah dasar. Bumi Aksara, Jakarta.

Sardiman. 2011. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sumantri dkk. 2015. Strategi pembelajaran teori dan praktik di tingkat pendidikan dasar. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Tarigan HG. 2015. Membaca ekspresif. Angkasa, Bandung.

Yunus A. 2012. Pembelajaran membaca berbasis
pendidikan karakter. Refika Aditama, Bandung.

Most read articles by the same author(s)