EFEKTIVITAS KURIKULUM BERBASIS KEMASYARAKATAN

Main Article Content

Sobrul Laeli
Amir Mahruddin
Deby Fitriany Fazriah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauhmana efektivitas kurikulum berbasis kemasyarakatan di Pondok Pesantren Terpadu Darussyifa Al-Fithroh Sukabumi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dengan responden 89 santri alumni. Variabel penelitian ini adalah efektivitas kurikulum berbasis kemasyarakatan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara tidak terstruktur, dokumentasi dan angket. Uji validitas penelitian ini menggunakan pendapat ahli. Teknik analisis data menggunakan data statistik deskriptif kuantitatif dengan rumus kai kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas kurikulum berbasis kemasyarakatan di Pondok Pesantren Terpadu Darussyifa Al-Fithroh Sukabumi yang terdiri dari dua cakupan mata pelajaran akhlaq dan fiqh “efektif”. Keefektifan tersebut diperoleh dari hasil perhitungan kai kuadrat yang diperoleh harga XO (observasi X2O =11,3818. Hasil ini kemudian dikonsultasikan pada nilai kritik taraf signifikan X2t 5% = 5,991 dengan dk =2 dan ini berarti X2O observasi lebih besar dari X2t pada taraf signifikan 5 %. Hipotesis nihil yang menyatakan kurikulum berbasis kemasyarakatan tidak efektif “ditolak”. Sedangkan hipotesis alternatif yang menyatakan kurikulum berbasis kemasyarakatan di Pondok Pesantren Terpadu Darussyifa Al-Fithroh Sukabumi efektif “diterima”. Persentase kurikulum berbasis kemasyarakatan pada mata pelajaran akhlaq 89 % efektif dan pada mata pelajaran fiqh 90 % efektif.

Kata Kunci: efektivitas, kurikulum, masyarakat.



EFFECTIVENESS OF CURRICULUM BASED ON COMMUNITY


ABSTRACT 

The curriculum basically occupies a central position in the education process. This means that the curriculum is something very strategic to control the course of the education process. The curriculum directs all forms of educational activity and the achievement of educational goals. Community-based curriculum at Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh is coloring the activities of the subjects with social values such as on the subject of morals and fiqh. The purpose of this research is to know how far the effectiveness of community based curriculum in Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Sukabumi. This research is a type of quantitative research with descriptive method with 89 respondents’ santri alumni. The variable of this research is the effectiveness of Community Based Curriculum. Data collection techniques used observation methods, uninterrupted interviews, documentation and questionnaires. Test the validity of this study using expert opinion. The data analysis technique used quantitative descriptive statistical data with kai square formula. The results showed that the Effectiveness of Community Based Curriculum in Pondok Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Sukabumi consisting of two subjects of akhlaq and fiqh subjects "effective". The effectiveness is obtained from kai square results obtained by price XO (observation X2O = 11.3818. Results are then consulted on the criticism value of significant level X2t 5% = 5.991 with dk = 2 and this means X2O observations greater than X2t at significant level 5%. The null hypothesis that the community-based curriculum in Integrated Pesantren Darussyifa Al-Fithroh Sukabumi is ineffective is "rejected", while the alternative hypothesis which states that the community-based curriculum at Pondok Pesantren Terladu Darussyifa Al-Fithroh Sukabumi is effectively "accepted." Porsentase based curriculum societal subjects on 89% effective subjects and on fiqh subjects 90% effective.

 


Article Details

How to Cite
Laeli, S., Mahruddin, A., & Fazriah, D. F. (2017). EFEKTIVITAS KURIKULUM BERBASIS KEMASYARAKATAN. idaktika auhidi: urnal endidikan uru ekolah asar, 4(2), 115–125. https://doi.org/10.30997/dt.v4i2.923
Section
Articles
Author Biographies

Sobrul Laeli, Universitas Djuanda

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Amir Mahruddin, Universitas Djuanda

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Deby Fitriany Fazriah, Universitas Djuanda

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Nazir M. 2005. Metode penelitian. Ghalia Indonesia, Bogor.

Martoyo. 2002. Manajemen sumber daya manusia. BPFE, Yogyakarta.

Republik Indonesia. 2004. Mushaf Al-Quran Terjemah, Kementrian Agama RI. Sekretariat Negara, Jakarta.

Ridwan. 2014. Penanganan efektif bimbingan dan konseling di sekolah. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Ridwan dan Sunarto. 2007. Pengantar statistika dan penelitian pendidikan, sosial, ekonomi, komunikasi, dan bisnis. Alfa Beta, Bandung.

Rusman. 2012. Manajemen kurikulum. PT Raja Grafindo Persada, Depok.

Sugiyono. 2006. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfa Beta, Bandung.

Wahyudi. 2012. Kepemimpinan kepala sekolah dalam organisasi pembelajar. Alfa Beta, Bandung.