PENGGUNAAN TEKNIK THINK-PAIR-SHARE UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI FISIKA

Afrida Sesrita

Abstract


THE USE OF THINK-PAIR-SHARE TECHNIQUES FOR IMPROVING THE COMPETENCE OF PHYSICS


The purpose of the research is to create a think-pair-share technic tool and it is expected that its development results are stated to be practical, valid and have effective and feasible use during learning. This research uses research and development method (R & D) 4D model that is define, design, develop and disseminate. The final result is the implementation plan of learning, syllabus, assessment and student worksheet that is declared valid, effective and also practical on affective, psychomotor, and cognitive aspects by some experts in their field (validator). The use of think-pair-share tech device is able to improve students' competence in physics subject both on affective, psychomotor and cognitive aspects.

Keywords: think-pair-share, physics competence, research and development

 

ABSTRAK


Tujuan pelaksanaan penelitian ini yaitu membuat perangkat berteknik think-pair-share dan hasil pengembangannya dinyatakan telah praktis, valid dan memiliki keefektifan serta layak dipakai selama pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) model 4D yakni define, design, develop dan desseminate. Hasil akhir berupa rencana pelaksanaan pembelajaran, silabus, assesmen dan lembar kerja siswa yang dinyatakan valid, efektif dan juga bersifat praktis pada aspek afektif, pskimotor dan kognitif oleh beberapa ahli dibidangnya (validator). Penggunaan perangkat berteknik think-pair-share ini ternyata mampu meningkatkan kompetensi siswa pada mata pelajaran fisika baik pada aspek afektif, psikomotor maupun kognitif.


Keywords


think-pair-share, kompetensi fisika, penelitian dan pengembangan

Full Text:

PDF

References


Depdikbud. 2008. Kamus besar bahasa Indonesia. Balai Pustaka, Jakarta.

Depdiknas. 2004. Pedoman khusus pengembangan silabus dan penilaian mata pelajaran fisika. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Umum, Jakarta.

Depdiknas. 2006. Penilaian berbasis kelas. Depdiknas, Jakarta.

Depdiknas. 2008. Perangkat pembelajaran ktsp SMA. Depdiknas, Jakarta.

Ibrahim M, dkk. 2000. Pembelajaran kooperatif. Unesa, Surabaya.

Lie A. 2002. Cooperative learning. Grasindo, Jakarta.

Lufri. 2006. Strategi pembelajaran biologi, teori, praktik, dan penelitian buku ajar. UNP Press, Padang.

Suyitno A. 2006. Petunjuk praktis penelitian tindakan kelas untuk menyusun skripsi. Universitas negeri Semarang, Semarang.

Trianto. 2009. Mo0del pembelajaran terpadu dalam teori dan praktek. Prestasi Pustaka Publisher, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

P-ISSN 2442-4544      E-ISSN 2550-0252

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Jl. Tol Ciawi No. 1 Kotak Pos 35 16720

Gedung B Lt. 3 Ruang Jurnal FKIP

 

 

Currently, Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar indexed by:

                    

 

 

 

 

 

 

View My Stats