PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GEOBOARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Main Article Content

Lastrijanah Lastrijanah
Teguh Prasetyo
Annisa Mawardini

Abstract

        Penelitian ini dilatarbelakangi pada permasalahan dalam proses pembelajaran selama ini, guru belum menggunakan media pembelajaran yang representatif dan efektif, sehingga siswa tidak maksimal dalam menerima informasi yang diberikan oleh guru. Selain itu, penyajian guru kurang bervariasi dalam pemilihan metode pembelajaran, sehingga pembelajaran terkesan monoton dan berdampak pada hasil belajar siswa yang nilai rata-ratanya masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Geoboard terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sindangkarsa 2 Kecamatan Tapos Kota Depok, tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2A dan 2B yaitu sebanyak 78 siswa, kemudian dari 78 siswa tersebut kelas 2B dijadikan sampel dengan jumlah 39 siswa. Teknis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen desain nonequivalent control group design pretest posttest. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan angket. Hasil penelitian diperoleh nilai Ttabel > Thitung sebesar 2.111 > 1.687 yang berarti penggunaan media pembelajaran Geoboard menunjukkan adanya pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Kata kunci: Media Pembelajaran Geoboard, Hasil Belajar, Matematika.

 

 

EFFECT OF GEOBOARD LEARNING MEDIA TO STUDENT LEARNING RESULTS


ABSTRACT

        This research is based on the problems in the learning process so far, the teacher has not used the media of learning that is representative and effective, so that students are not maximal in receiving information provided by the teacher. In addition, the presentation of teachers is less varied in the selection of learning methods, so that learning impressed monotonous and impact on student learning outcomes that the average value is still relatively low. This study aims to determine the influence of Geoboard learning media on student learning outcomes in learning mathematics. This research was conducted in SDN Sindangkarsa 2 Subdistrict Tapos Depok, academic year 2016/2017. The subjects of this study are all students of class 2A and 2B that is 78 students, then from 78 students are class 2B sampled by the number of 39 students. Technical research used is quantitative research with nonequivalent control group design pretest posttest design experiment method. The data were collected using interview technique, observation, test and questionnaire. The result of research is Ttable> Tcount for 2,111> 1,687 which means the use of Geoboard learning media shows the positive effect to the students' learning result in math learning.

Article Details

How to Cite
Lastrijanah, L., Prasetyo, T., & Mawardini, A. (2017). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GEOBOARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 87–100. https://doi.org/10.30997/dt.v4i2.895
Section
Articles
Author Biographies

Lastrijanah Lastrijanah, Universitas Djuanda

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Teguh Prasetyo, Universitas Djuanda

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Annisa Mawardini, Universitas Djuanda

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Fitriani. 2016. Skripsi: Pengaruh Alat Peraga Geoboard (Papan Berpaku) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN 1 Peresak Tahun Pelajaran 2015/2016. Mataram: Universitas Mataram.
Hamzah, Ali, dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Indriyastuti. 2012. Matematika untuk Kelas 2 SD dan MI. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Maolani Rukaesih A, dan Cahyana U. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2015.
Prasdita, Aminindya Ratna. 2013. Skripsi: Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bangun Geometri Menggunakan Geoboard (Papan Berpaku) di Kelompok A1 TKIT Ulul Albab 5 Purworejo. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Putri, Ditta Kristina. 2013. Modul Pengembangan Media Pembelajaran. Bogor: Universitas Djuanda.
Lestari, Sudi, dkk, 2015. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Unindra Press.
Mulyaningsih, Cicik. 2014. Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Datar melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Siswa Kelas IV SDN Sokokulon 2 Margorejo Pati. Surakarta: Universitas Surakarta.
Santoso, Joko. 2014. Skripsi: Upaya meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Alat Peraga Papan Berpaku pada Kelas III SDN 6 Panarung Palangka Raya Tahun Pelajaran 2013/2014. Palangka Raya: Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.
Sugiyono. 2015. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, Rostina. 2016. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Tutak, Fatma Aslan. 2015. A Study of Geometry Content Knowledge of Elementary Preservice Teachers. USA: International Electronic Journal of Elementary Education‎.
Usman, Mohammad U. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Most read articles by the same author(s)