UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE GAMBAR

sri susanti

Abstract


ABSTRAK


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa pada materi operasi hitung campuran perkalian dan pembagian menggunakan metode picture and picture. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Mc Taggart. Dalam model ini terdapat empat tahapan yang harus dilakukan pada tiap siklusnya yaitu plan (perencanaan), act (pemberian tindakan), observe (pengamatan), dan reflect (refleksi). Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas empat Sekolah Dasar Negeri Cibunian 01 Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor yang terdiri dari 30 siswa. Data diperoleh dari observasi langsung selama pembelajaran, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan nilai rata-rata hasil belajar matematika pada siklus 1 memperoleh nilai (76,33) dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 86,67%, sedangkan siklus 2 memperoleh nilai rata-rata (82) dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 93,33%. Begitu pula dengan hasil keaktifan belajar siswa menunjukan adanya peningkatan pada keaktifan siswa dengan persentase sebesar 63,33% pada siklus 1, meningkat pada siklus 2 dengan persentase 86,67%, sehingga dapat mencapai kriteria keberhasilan yang diharapkan pada siklus 2. Dengan demikian, hasil belajar matematika dan keaktifan belajar siswa SDN Cibunian 01 Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor dapat ditingkatkan dengan menerapkan metode pembelajaran yang disesuaikan.

Kata kunci: hasil belajar, keaktifan, matematika, metode picture and picture.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


DIDAKTIKA TAUHIDI Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

P-ISSN : 2442 - 4554  E-ISSN : 2550 - 0252

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Jl. Tol Ciawi No 1 Kotak Pos 35 16720

Gedung B Lt. 1-2

 

Currently, DIDAKTIKA TAUHIDI Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar indexed by:

      

 



View My Stats

 

Creative Commons Licence
DIDAKTIKA TAUHIDI Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.